Pahamifren, selain untuk SBMPTN, kamu tentu sudah tahu kan kalau skor UTBK bisa untuk mendaftar seleksi mandiri? Nah, kalau misalnya kamu belum lolos SBMPTN 2021, kamu masih punya peluang untuk mendaftar jalur ini. Ada beberapa PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri yang bisa kamu incar. 

Artinya, kamu tetap harus mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2021 kalau ternyata kampus incaran kamu termasuk PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai acuan Seleksi Mandiri. Kabar baiknya, biasanya PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri tidak mengadakan tes lagi. 

Maka dari itu, kali ini Mipi akan membahas tentang daftar PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur mandiri. Simak artikel ini sampai selesai ya!

PTN Yang Menggunakan Nilai UTBK Untuk Jalur Mandiri

Sebelum mengetahui daftar PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu, apa itu jalur Mandiri? Bagaimana ketentuan nilai UTBK digunakan untuk seleksi ini? Mari kita bahas satu per satu.

Seleksi Mandiri PTN

Apa saja sih PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur mandiri? Maksimalkan peluang lolos UTBK SBMPTN 2021 bersama Pahamify.

Seleksi Mandiri PTN adalah seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan sendiri oleh suatu perguruan tinggi, di luar SNMPTN dan SBMPTN.

Misalnya, UI mengadakan SIMAK UI dan UGM mengadakan UTUL, di luar pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN, maka hal itu termasuk jalur Mandiri. Secara umum, kuota maksimal jalur Mandiri yaitu 30% dari daya tampung. Namun, ada beberapa PTN berbadan hukum yang diberikan kewenangan sampai 50%, seperti UI.

Persentase tersebut tentu tidak sedikit ya, Pahamifren. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak menganggap sepele jalur ini dan mulai mempersiapkannya jauh-jauh hari. Kuncinya, maksimalkan setiap kesempatan yang ada agar peluang masuk PTN favorit pun semakin besar.

Biasanya, jalur Seleksi Mandiri dijadwalkan oleh PTN setelah UTBK selesai. Walaupun demikian, ada beberapa PTN yang melakukan Seleksi Mandiri sebelum UTBK dilaksanakan. Terkait hal ini, kamu harus rajin-rajin cek jadwalnya di website PTN yang kamu tuju, ya.

Pahami dan  Ini Dia, Pertanyaan Seputar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Yang Sering Ditanyakan

Ketentuan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri PTN

Saat kamu ditanya, apa itu UTBK? Kamu pasti langsung menjawab nilai yang digunakan untuk SBMPTN. Ya benar sekali! Nilai UTBK memang digunakan untuk kriteria penilaian jalur SBMPTN. Namun, pada tahun 2020 dan 2021 ini, skor UTBK juga bisa digunakan sebagai kriteria Seleksi Mandiri PTN.

Adapun ketentuan penggunaan nilai UTBK untuk jalur Mandiri ini tergantung kebijakan PTN masing-masing, ya. Karena, pelaksanaan Seleksi Mandiri dikelola sendiri oleh pihak perguruan tinggi. Jadi, ada kampus yang menggunakan skor UTBK saja untuk menyeleksi pendaftar, ada juga yang mencampurnya dengan nilai rapor, atau bahkan menambahkan syarat portofolio untuk kriteria penilaian.

Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri

PTN dengan skor UTBK tertinggi, ada yang jadi pilihanmu? Ada tidak PTN yang menggunakan nilai UTBk untuk jalur Mandiri?

Khusus pada pembahasan kali ini, berikut daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menggunakan nilai UTBK sebagai kriteria penilaian Seleksi Mandiri, antara lain:

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus yang terletak di Kota Gudeg ini terkenal dengan jurusan pendidikannya, Pahamifren. Selain menyeleksi calon mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNY juga membuka pendaftaran Seleksi Mandiri menggunakan skor UTBK.

Namun, khusus untuk program studi terkait olahraga dan seni wajib ada tambahan portofolio sebagai kriteria seleksinya. Berdasarkan ketentuan yang berlaku pada tahun 2020, kamu bisa memilih 2 program studi di Seleksi Mandiri ini, baik untuk program studi jenjang D4 maupun S1.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tak kenal sama kampus yang satu ini. Sebagai satu di antara PTN favorit di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga membuka peluang bagi kamu yang ingin mendaftar lewat jalur Mandiri lho. Berdasarkan data pada tahun 2020, adapun kriteria seleksinya menggunakan campuran nilai UTBK dan nilai Ujian Tulis UGM (UTUL). 

Jadwal pelaksanaan dan biaya pendaftaran UTUL akan diumumkan di website resmi UGM. Berdasarkan ketentuan pada tahun sebelumnya, Seleksi Mandiri UGM memperbolehkan pendaftar untuk memilih 3 program studi jenjang D4 atau S1 sesuai kelompok UTBK.

Pahami dan  Maksimalkan Peluang Lolos SNMPTN Lewat Fitur Rasionalisasi SNMPTN Pahamify

Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru dalam Seleksi Mandiri, yaitu jalur seleksi skor UTBK, jalur portofolio, dan jalur prestasi. Jalur skor UTBK hanya menggunakan nilai UTBK saja sebagai kriteria penilaian, kecuali program studi olahraga dan seni yang harus mengunggah portofolio. Sementara jalur seleksi portofolio sendiri menggunakan penilaian rapor semester 1-5 dan prestasi jika memiliki.

Kemudian, jalur prestasi menggunakan kriteria penilaian berdasarkan peringkat/juara yang pernah diperoleh siswa, ujian keterampilan, serta wawancara. Untuk pilihan jurusannya, UM memperbolehkan pendaftar memilih 2 program studi baik di jenjang S1 maupun D3. Peserta juga boleh menggabungkan jenjang S1 dan D3 dalam pilihannya.

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Berdasarkan ketentuan yang berlaku pada tahun 2020, calon peserta yang mendaftar Seleksi Mandiri di Universitas Padjadjaran dapat menggunakan nilai UTBK SBMPTN. Bagi peserta yang tidak memiliki nilai UTBK SBMPTN, bisa mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Selain itu, bagi peserta yang sudah memiliki nilai UTBK SBMPTN, juga diperbolehkan untuk mengikuti ujian SMUP, namun sifatnya tidak wajib, ya.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kamu juga bisa menggunakan nilai UTBK yang kamu peroleh untuk mengikuti Seleksi Mandiri di Institut Pertanian Bogor. Kampus yang termasuk favorit di Bogor ini menawarkan Seleksi Mandiri menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK IPB). Kalau kamu nggak mau mencoba tes lagi, maka menggunakan nilai UTBK bisa menjadi solusinya, Pahamifren. Pelaksanaan Seleksi Mandiri menggunakan skor UTBK di IPB ini akan dilaksanakan pertengahan Juli 2021.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Seleksi Mandiri ITB diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang belum diterima di jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2021. Berbeda dengan pelaksanaan SM-ITB pada tahun 2019, 2020, peserta SM-ITB 2021 bisa langsung memilih jurusan yang dituju, jadi bukan memilih Fakultas/Sekolah. Lewat jalur Mandiri ini, kamu bisa memilih maksimal 2 jurusan yang ditawarkan di ITB.

Pahami dan  Jangan Sampai Keliru, Inilah Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Passing Grade SBMPTN

Adapun komponen penilaiannya yaitu menggunakan nilai UTBK, nilai rapor semester 1-6, serta ujian lainnya yang ditetapkan ITB. Khusus jurusan di Fakultas Seni Rupa dan Desain, ada Tes Kemampuan Seni Rupa sebagai kriteria penilaian tambahan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri berikutnya yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus yang berlokasi di Surabaya ini membuka Seleksi Mandiri bernama SKM-ITS yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA tahun 2019, 2020, dan 2021. Kriteria seleksinya berdasarkan nilai UTBK SBMPTN 2021 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS tahun 2021, nilai rapor, deskripsi diri, serta prestasi-prestasi lainnya.

Khusus peminat program studi di Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, wajib mengunggah portofolio. Jadwal pelaksanaan SKM-ITS ini dilaksanakan pada 8 Mei sampai 16 Juni 2021. Pengumuman hasilnya dilaksanakan pada 24 Juni 2021.

Bagaimana, Pahamifren? Apakah kampus impianmu termasuk PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri? Kalau iya, berarti kamu harus mempersiapkan diri, agar peluang lolos SBMPTN dan Ujian Mandiri pun semakin besar.

Jangan khawatir, masih ada waktu untuk latihan soal UTBK di fitur try out online Pahamify. Ada ratusan soal-soal UTBK ter-update yang bisa kamu pelajari. Kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 hari 1 soal untuk mengasah kemampuan menjawab soal UTBK. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out ini ya.

Berhubung UTBK SBMPTN 2021 semakin dekat, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur Pahamify sebagai alat untuk menghadapi UTBK. Tunggu apalagi, download Pahamify sekarang! Jangan lupa cek juga paket menarik lainnya di sini https://pahamify.com/promo/

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version