Ikuti Try Out Online UTBK Pada 19 - 26 Januari 2020

Kenal Jurusan: Pendidikan Dokter

Kenali Jurusan Pendidikan Dokter

Semua pekerjaan sejatinya merupakan sesuatu yang mulia. Salah satunya adalah pekerjaan yang satu ini. Dengan segala keahliannya pelaku profesi yang satu ini siap membantu orang lain untuk mencapai kondisi tubuh yang sehat. Ketika kamu sakit pasti kamu setidaknya kepikiran untuk mendatangi klinik atau rumah sakit supaya kembali pulih. Yap! Berterima kasihlah kepada Dokter!

Tak heran, dengan segala nilai yang dipunya dari pekerjaan ini, membuat profesi Dokter diminati oleh banyak orang. Sehingga jurusan Pendidikan Dokter di universitas menjadi sesuatu yang bergengsi. Di tiap tahunnya, banyak sekali yang berminat untuk masuk jurusan ini. Bahkan, angka peminat di tiap tahunnya seringkali menduduki peringkat pertama se-Indonesia.

Dilansir liputan6.com, peminat jurusan peringkat pertama jurusan Saintek dipegang oleh Pendidikan Dokter Universitas Udayana dengan jumlah 2.301 orang. Selain itu, pada peringkat tiga, jurusan yang sama di Universitas Hasanudin dengan jumlah 2.111 orang.

Apakah kamu berminat untuk masuk pendidikan dokter juga? Tapi sudah seberapa kenalkah kamu dengan jurusan yang sangat prestisius ini?

Apa saja yang dipelajari selama mengambil jurusan Pendidikan Dokter?

Kalau kamu berpikir “nilai biologiku selama sekolah kan bagus terus, jadi gampang lah kalo masuk fakultas kedokteran!” sepertinya coba pertanyakan kembali pikiranmu itu, apa betul kalau udah jago biologi pasti bakal lolos ke jurusan ini?

Pada kenyataannya, ilmu biologi aja gak cukup untuk bisa menjalani kuliah di jurusan Pendidikan Dokter. Ternyata mata pelajaran kimia, matematika, hingga fisika itu kepake banget loh saat kamu kuliah di jurusan ini.

Contohnya, proses biologis yang berjalan di dalam tubuh manusia tentunya dipengaruhi oleh reaksi kimia yang terjadi. Sehingga fenomena ini harus dianalisis dengan ilmu Kimia. Untuk memahami bagaimana alat X-Ray bekerja kamu membutuhkan ilmu Fisika karena sinar X itu bagian dari spektrum elektro magnetik.

Tapi secara umum, di kedokteran, banyak banget cabang keilmuan yang bisa kamu pelajari, seperti anatomi, fisologi, farmakologi, radiologi, kesehatan masyarakat dan masih banyak lagi. Masing-masing butuh pemahaman dasar yang berbeda. Jadi kalau kamu masih menganggap hanya biologi saja yang harus kamu pelajari, siapin aja diri kamu untuk dapetin ilmu ilmu baru saat mempelajari ilmu kedokteran.

Prospek Kerja Pendidikan Kedokteran

Prospek kerja dari jurusan ini sudah pasti dong jadi jaksa hukum. Eh bukan ya… Maksudnya dokter. Kamu harus tau nih tahapan untuk mendapatkan gelar “dr.” itu panjang banget. Lama tahapannya juga tergantung program dari kampusnya seperti apa. Bahkan setelah kamu wisuda dari kampus pun yang kamu dapatkan baru gelar sarjana “S.Ked”.

Setelah kamu menyelesaikan kuliah di S1, kamu akan diwisuda dan mendapatkan gelar “S.Ked”. Setelah itu kamu harus mengambil Program Profesi yang populer dengan istilah Koas. Pada tahap ini kamu akan menemukan realita yang sesungguhnya. Kamu akan sadar bagaimana perjuangan seorang dokter dalam menghadapi pasien karena dalam program ini seorang calon dokter harus menangani banyak kasus yang terjadi di lapangan. Program ini akan kamu jalani sekitar 1,5 – 2 tahun lamanya.

Setelah kamu selesai menjalani Koas, kamu akan menghadapi ujian sertifikasi. Segala kasus yang kamu tangani selama masa Preklinik (masa kuliah) dan Koas akan diuji pada uji sertifikasi yang bernama Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) ini. Setelah itu, kalau kamu sudah lulus, maka kamu akan menyandang gelar dokter alias “dr.”. Kamu akan “diwisuda” lagi dan akan membaca ikrar “Sumpah Dokter”. Setelah itu kamu resmi menyandang gelar Dokter! Mantul Jiwooo~~~

Tapi, kamu tidak akan bisa buka praktek kalau belum menjalani internship alias magang. Internship ini dilakukan untuk mengejar STR atau Sertifikasi Tanda Registrasi. Setelah lulus dari Internship dan mendapatkan STR paten kamu sudah bisa bekerja sebagai dokter seutuhnya. Ketika kamu masuk ke tempat kerja, kamu akan mendapatkan SIP atau Surat Izin Praktek dan menurut peraturan, kamu bisa memegang 3 SIP atau bekerja di 3 tempat yang berbeda.

Nah kurang lebih kaya gitu kalau kamu mau kenalan sama jurusan paling bergengsi se-Indonesia, Pendidikan Dokter atau beberapa kampus bilangnya Kedokteran. Kamu bisa cari tau lagi info tentang jurusan-jurusan lain di aplikasi Pahamify loh! Di situ kamu bisa dapetin info lengkap dari kampus sampai jurusan dan kalau kamu masih galau sama jurusan yang pengen diambil, kamu bisa konsultasi sama tim Pahamify lewat fitur Konsultasi Online. Keren kan? Makanya download Pahamify sekarang juga di Google Play Store dan Apple App Store. Jangan lupa langganan juga biar kamu dapetin fitur lengkap yang keren-keren abis dari Pahamify.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2019 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog