Ikuti Try Out Online UTBK Pada 27 - 29 Maret 2020

Bulan demi bulan berlalu dan gak kerasa UTBK udah tinggal beberapa bulan lagi. Gak berasa, ya! Udah sampe mana persiapan belajar kalian dalam menghadapi UTBK? Materi apa yang udah kamu kuasai? Jangan lupa untuk mengimbangi cara kamu mempelajari setiap materi dengan ngerjain Latihan Soal Try Out UTBK untuk memastikan bahwa kamu gak cuma tahu dan hafal materinya, tapi paham.

Ada baiknya kita latihan ngerjain soal aja ya biar semakin paham lagi. Kita bakal kasih beberapa contoh soal UTBK Ekonomi yang bisa kamu pelajari dan bisa jadi bahan diskusi bareng temen-temen kamu.

1. Will Smith memiliki 7 mobil di rumahnya. Setiap anak, diberikan 1 mobil. Belum lagi istrinya juga diberi satu mobil. Sehingga, intensitas keluarga Will Smith dalam membeli bensin, bisa dibilang sangat boros. Itu baru keluarga Will Smith aja. Ternyata, di negara Will Smith tinggal, yaitu Pahamikuy, hampir semua keluarga seperti itu. Sehingga, harga bensin naik drastis. Dari pernyataan diatas, indikator utama barang-barang semakin langka adalah….
a. Harganya semakin mahal
b. Peminat atau pembelinya semakin banyak
c. Pajak yang dikenakan terhadapnya semakin besar
d. Klasifikasinya berubah dari barang primer menjadi barang sekunder
e. Pemerintah menjatah kuota pembeliannya

PEMBAHASAN :

Suatu barang dinyatakan langka karena jumlahnya sedikit, sedangkan permintaannya sangat banyak. Akibatnya, harga barang tersebut semakin mahal. Kayak kasus di negara Pahamikuy diatas, bensin itu merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga, jika pemakaiannya tidak dijaga, barang tersebut akan semakin sedikit sehingga menjadi langka. Kalo barang tersebut semakin langka, tapi jumlah peminatnya masih sangat banyak, akan menyebabkan barang tersebut harga nya semakin naik atau mahal. Jadi jawabannya adalah A

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Move On Itu Gampang! Asal...

2. Elastisitas permintaan ada 5 jenis koefisien,  yaitu elastis, inelastis, elastis uniter, elastis sempurna, dan inelastis sempurna. Contoh jenis barang yang umumnya memiliki koefisien elastisitas permintaan kurang dari satu adalah ….

a. Kertas
b. Bensin
c. Garam
d. Barang Mewah
e. Barang Kebutuhan Pokok

PEMBAHASAN :

Koefisien elastisitas permintaan yang nilainya kurang dari satu disebut sebagai Permintaan/Penawaran Bersifat Inelastis. Persentase perubahan itu biasanya terjadi pada produk barang atau jasa kebutuhan sehari-hari.

Sebab, barang tersebut dibutuhkan dalam kondisi harga seperti apapun. Pada kondisi normal, barang tersebut merupakan barang kebutuhan utama. Saat harga naik, orang tetap akan membeli barang. Ketika harga telah kembali turun, orang tidak akan menambah jumlah konsumsinya sebesar penurunan harga.

Dari pilihan jawaban tersebut, ada dua pilihan yang berpotensi menjadi jawabannya, yakni bensin dan kebutuhan pokok. Dari kedua jawaban itu, yang kiranya paling tepat adalah barang kebutuhan pokok.

Karena, bila dilihat pada skala prioritas, orang lebih membutuhkan barang kebutuhan pokok (seperti beras, minyak goreng, dan lain sebagainya) dibandingkan bensin meski ketika harga kedua barang itu tengah naik orang tetap membelinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E



3. Perusahaan Dagang Subur Anti Kurus selama Oktober 2016 memiliki data sebagai berikut:

Pembelian Rp 15.000.000,00, retur pembelian Rp 1.000.000,00, potongan pembelian Rp 2.500.000, beban angkut pembelian Rp 500.000,00, persediaan barang dagangan (awal) Rp 2.500.000,00, persediaan barang dagangan (akhir) Rp 2.500.000,00. Dari data tersebut, besarnya persediaan barang yang siap dijual adalah ….

a. Rp11.500.000,00
b. Rp14.500.000,00
c. Rp12.500.000,00
d. Rp12.000.000,00
e. Rp10.500.000,00

PEMBAHASAN :

Persediaan barang dagang yang siap dijual adalah jumlah dari pembelian bersih ditambah dengan persediaan barang dagang awal. Perhitungannya sebagai berikut :

Berani Pahami Lebih Lanjut?  Mengenal Sistem Imunitas Tubuh

Pembelian bersih = pembelian + beban angka pembelian – retur pembelian – potongan

= 15.000.000 + 500.000 – 1.000.000 – 2.500.000

= 12.000.000

Barang siap dijual : pembelian bersih + persediaan barang dagang awal

= 12.000.000 + 2.500.000

= 14.500.000

Jadi, persediaan barang yang siap dijual adalah Rp 14.500.000. B


4. Milen Ciyus memiliki salon di komplek dekat rumahnya. Salon kecantikan tersebut termasuk ke dalam badan usaha perseorangan. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan badan usaha perseorangan adalah ….

1) perkembangan usaha lebih cepat

2) cepat dalam mengambil keputusan

3) beban pajak penghasilan kecil

4) tidak banyak dibatasi geraknya oleh undang-undang dan peraturan

a. 1, 2, dan 3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. 1, 2, 3, dan 4

PEMBAHASAN :

Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dikelola oleh satu orang sehingga segala resiko ditanggung sendiri. Nah, yang menjadi kelebihan perusahaan perseorangan adalah :

1) Cepat dalam mengambil keputusan

2) Kebebasan bergerak

3) Ongkos organisasi rendah

4) Keuntungan jatah perorangan

5) Pajak rendah

Jadi, pernyataan yang benar adalah C. 2 dan 4


5. PT. PLN Indonesia merupakan pasar monopoli. Dibawah ini, yang berkaitan dengan pasar monopoli adalah ….

a. Terdapat barang substitusi
b. Pembeli menentukan harga
c. Kurva permintaan pasar adalah juga kurva permintaan perusahaan
d. Perusahaan tidak dapat menderita rugi karena merupakan satu-satunya perusahaan dalam industri
e. Perusahaan menetapkan harga sama dengan penerimaan marginal agar labanya maksimum

PEMBAHASAN :

Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang hanya memiliki satu penjual / produsen dengan banyak pembeli. PT. PLN Indonesia merupakan perusahaan monopoli karena PLN adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menjual listrik. 

Ciri-ciri pasar monopoli:

  • Hanya ada satu penjual
  • Jenis barang unik dan tidak ada substitusinya atau barang penggantinya
  • Memiliki kemampuan menetapkan harga sangat besar (price maker) 
  • Sangat sulit untuk keluar-masuk pasar
Berani Pahami Lebih Lanjut?  Biologi - Gangguan Sistem Ekskresi

Jadi, pernyataan yang tepat terkait pasar monopoli adalah, D. “Perusahaan tidak akan menderita rugi karena merupakan satu-satunya perusahaan dalam industri (pasar)”

Soal di atas adalah contoh bahwa ada kalanya kamu nemuin suatu pertanyaan yang sebenarnya mudah, tapi kata-kata dan kalimatnya ditulis secara rumit. Itulah kenapa kamu harus memahami materi yang kamu pelajari dengan latihan soal, bukan cuma menghafal.

Pahamify siap menjadi #temanpersiapankuliah kamu dalam menghadapi UTBK tahun 2020. Ayo daftar Try Out UTBK Pahamify untuk latihan soal yang lebih banyak, sekarang!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog