Informasi Lengkap Cara Daftar UTBK, Soal dan Passing Grade UTBK

Persiapan UTBK

Persiapan UTBK: Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang UTBK

Halo Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang lagi ngambis masuk PTN favorit? Nah, buat para pejuang PTN seperti kamu, tentu sudah tahu dong apa itu UTBK?

Apa itu UTBK

Apa itu UTBK?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sesuai namanya, UTBK adalah satu di antara syarat masuk perguruan tinggi melalui tes. Umumnya, ada nilai atau passing grade UTBK yang harus kamu capai untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Maka dari itu UTBK memang identik dengan SBMPTN kan?

Namun, bukan berarti UTBK sama dengan SBMPTN ya, Pahamifren. Nah, kamu tahu nggak apa perbedaan UTBK dan SBMPTN? 

Pada dasarnya, nilai yang kamu peroleh dari UTBK bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk mendaftar SBMPTN.

Jadi, UTBK itu nggak wajib dong?

Ya, benar sekali. Karena, tujuan UTBK adalah sebagai media atau sarana untuk memprediksi kemampuan calon mahasiswa. Jadi, walaupun tidak wajib, pihak penyelanggara UTBK menggunakan nilai atau skor UTBK sebagai bahan pertimbangan, layak atau tidaknya calon mahasiswa masuk di salah satu fakultas atau program studi mereka.

Selain sebagai salah satu syarat cara daftar SBMPTN, skor UTBK yang kamu miliki juga bisa digunakan untuk Seleksi Mandiri di berbagai PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Materi

Apa Saja Yang Diujikan Pada UTBK

Nah, sejak tahun 2019 lalu, UTBK SBMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Maka dari itu, tata cara pendaftaran UTBK SBMPTN, jadwal, cara tes hingga pengumumannya diatur oleh LTMPT, Pahamifren.

Lantas, apa saja materi yang diujikan pada UTBK?

Saat ini, kamu bisa memilih tiga rumpun ujian di UTBK, yaitu rumpun Saintek, Soshum dan rumpun Campuran. Materi atau soal-soal UTBK yang diujikan meliputi:

 

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Materi TPS UTBK yang diujikan meliputi:

  • Kemampuan penalaran umum
  • Kemampuan kuantitatif (pengetahuan dan penguasaan matematika dasar)
  • Pengetahuan dan pemahaman umum
  • Kemampuan pemahaman bacaan
  • Kemampuan menulis
  • Sebagian soal TPS yang diujikan menggunakan Bahasa Inggris.

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Materi TKA UTBK yang diujikan meliputi:

TKA Saintek:

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

TKA Soshum:

  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Ekonomi

Untuk Rumpun Saintek dan Soshum, alokasi waktu pengerjaan UTBK diberikan selama 195 menit. Sedangkan untuk Rumpun Campuran diberikan selama 285 menit.

Kamu bisa melihat berbagai contoh materi dan latihan soal UTBK di sini (https://pahamify.com/blog/) ya!

Hal Penting

Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan

  • Skor UTBK bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mendaftar SBMPTN dan seleksi mandiri.
  • UTBK dibuka dalam dua gelombang, tapi kamu hanya bisa mengikuti satu kali saja.
  • Pastikan kamu sudah memiliki akun LTMPT sebelum mengikuti UTBK. Cek cara registrasinya di sini(jadi anchor ke link → https://pahamify.com/blog/pandaftaran-snmptn-2021-cara-registrasi-ltmpt/)
  • Kamu bebas memilih jenis UTBK sesuai rumpunnya, misalnya Rumpun Saintek, Rumpun Soshum atau Rumpun Campuran (Saintek dan Soshum).
  • Kamu hanya boleh mengikuti UTBK jika berstatus sebagai siswa SMA/MA/SMK kelas 12, atau siswa Paket C (dengan batas usia maksimal 25 tahun).
Sesi Tes

Sesi Pelaksanaan Tes UTBK

Pelaksanaan UTBK SBMPTN dibagi menjadi dua sesi per hari. Agar tidak salah jadwal, ada baiknya kamu melihat informasi di website LTMPT sebelum mengikuti UTBK.

Tempat Pelaksanaan

Tempat Pelaksanaan UTBK

Tempat pelaksanaan UTBK tersebar di seluruh Indonesia. LTMPT menunjuk sejumlah kampus yang menjadi pusat penyelenggaraan UTBK 2021. Kamu bisa melihat daftar lokasinya di sini https://ltmpt.ac.id/?mid=22

Skor Minimal

Skor Minimal UTBK

Perlu kamu ketahui, bahwa skor yang ditetapkan agar lolos UTBK berbeda-beda di setiap perguruan tinggi yang menyelenggarakannya. Namun, agar peluang lolos semakin besar, kamu tentu harus memiliki nilai yang aman.

Maka dari itu, pastikan skor UTBK yang kamu peroleh berada di atas nilai 655, atau di antara rentang nilai 650 hingga 700. Tapi, kamu juga masih berkesempatan untuk lolos UTBK jika memperoleh nilai yang kecil. Bagaimana caranya? Simak ulasan Tips Lolos UTBK Meski Nilai Kecil ini.

Cara Memprediksi Skor UTBK

Sebenarnya, setiap soal UTBK memiliki skor atau nilainya tersendiri. LTMPT sebagai penyelenggara akan menghitung rekapitulasi nilai UTBK dalam tiga kuartil yaitu skor minimal, skor tengah (median) dan skor tertinggi.  Berikut cara memprediksi nilai UTBK yang bisa kamu lakukan:

  • Jika skormu di posisi seperempat nilai terbawah dari total keseluruhan (25% skor terendah), maka kamu berada di kuartil 1.
  • Namun, jika skor UTBK-mu berada di posisi tiga perempat dari total keseluruhan (25% skor tertinggi), maka kamu berada di kuartil 3.
  • Kamu juga bisa menggunakan rumus normalisasi untuk melacak posisimu, yaitu: Posisi nilai = (nilai – nilai minimal) / (nilai maksimal – nilai minimal) x 100 %.

Ingat, cara ini hanya untuk memprediksi, hingga saat ini, LTMPT belum mengeluarkan petunjuk atau pernyataan resmi tentang metode penilaian UTBK.

Maksimalkan Peluang Lolos UTBK Bersama Bimbel Online Terbaik

Bagaimana, Pahamifren, sudah siap menghadapi UTBK tahun ini?

Nah, agar persiapanmu makin matang, kamu bisa mencoba fitur Persiapan Kuliah dari Pahamify. Lewat fitur ini, kamu bisa mencari tahu informasi penting tentang PTN dan kampus favorit, tips memaksimalkan peluang lolos UTBK hingga mencoba latihan soal UTBK lho.

Apa saja fitur yang bisa kamu manfaatkan?

Jadwal UTBK SNMPTN 2021

jadwal-utbk-1

Tahap registrasi akun LTMPT

7 Februari 2021 – 12 Maret 2021

jadwal-utbk-2

Tahap pendaftaran UTBK dan SBMPTN

15 Maret 2021 – 1 April 2021

jadwal-utbk-3

Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 1

12 April 2021 – 18 April 2021

jadwal-utbk-4

Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 2

26 April 2021 – 2 Mei 2021

Pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021

14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB

Bagaimana, Pahamifren, sudah siap menghadapi UTBK tahun ini?

Nah, agar persiapanmu makin matang, kamu bisa mencoba fitur Persiapan Kuliah dari Pahamify. Lewat fitur ini, kamu bisa mencari tahu informasi penting tentang PTN dan kampus favorit, tips memaksimalkan peluang lolos UTBK hingga mencoba latihan soal UTBK lho. Apa saja fitur yang bisa kamu manfaatkan?

Pahamify Accelerator Program (PAP)

Lagi ngambis ke PTN favorit? Fitur PAP bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Pahamify Accelerator Program (PAP) dirancang khusus untuk meningkatkan peluang lolos UTBK secara maksimal.

Lewat PAP, kamu akan dibimbing dan dilatih secara intensif oleh para Rockstar Teacher Pahamify. Program ini sudah terbukti mampu meloloskan 88% pesertanya ke kampus impian mereka. Itulah mengapa PAP hanya dibuka terbatas untuk 40 peserta yang terpilih saja, Pahamifren.

Penasaran? Lihat informasi PAP di sini.

Tanya Mipi

Ini dia fitur terbaru dari Pahamify. Lewat Tanya Mipi, kamu bisa mencari cara dan pembahasan tentang materi pelajaran secara cepat lho. Caranya, kamu hanya perlu memotret soal yang ingin dibahas lewat kamera ponsel, secara otomatis fitur Tanya Mipi akan langsung menyajikan pembahasan yang relevan dari foto soal yang kamu unggah. Keren kan?

belajar-konsep

Belajar Konsep

Belajar di rumah makin seru bersama para Rockstar Teacher Pahamify. Fitur Belajar Konsep dirancang agar kamu lebih mudah menguasai materi pelajaran SMA dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

live-stream

Live Class

Punya soal yang sulit dijawab? Tanyakan langsung sama kakak-kakak Rockstar Teacher Pahamify. Lewat fitur Live Streaming, kamu bisa membahas berbagai soal dan materi pelajaran secara live dari mana saja dan kapan saja. Tuliskan pertanyaanmu di lobi live streaming agar langsung dibahas oleh kakak-kakak Rockstar Teacher. Nggak cuma itu, fitur ini juga memungkinkan kamu bersama ratusan siswa SMA se-Indonesia lho. Seru kan?

Try Out Online

Latih kemampuanmu menjawab soal-soal UTBK lewat try out online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. TO UTBK ini juga dirancang sebagai persiapan kuliah terbaik, sehingga kamu lebih mudah menyusun strategi terbaik untuk lolos SBMPTN di kampus impianmu

Download Pahamify Untuk Persiapan UTBK

Mulai dari materi UTBK, kelas online UTBK, latihan soal, video pembahasan hingga Tryout, semua lengkap di satu aplikasi! Yuk download sekarang!

Paket Try Out Pahamify

Terus latihan dan raih kampus impianmu di Pahamify! Uji kemampuanmu dengan Try Out berkualitas sesuai standar UTBK sebenarnya dengan harga terjangkau.

Diskon
80%

Paket UTBK
Express

Paket UTBK Express

Akses Study Plan + 3x TO + 1 bulan akses penuh materi UTBK

Beli untuk pribadi

Rp 500.000

Rp 100.000

Beli rame-rame, lebih murah!

Rp 425.000

Rp 85.000

Diskon
50%

Paket
SKS - Simak UI

Paket SKS - Simak UI

Akses Study Plan SIMAK UI + Tryout (Khusus Paket Full) + Bank Soal + Study Coach + Grup belajar eksklusif + 75 kelas eksklusif. (Termasuk langganan premium Pahamify 2 bulan)

Full

Rp 1.800.000

Mulai dari

Rp 900.000

Upgrade
Khusus pengguna berlangganan Pahamify.

Rp 1.400.000

Mulai dari

Rp 700.000

Paket Tryout Satuan
Ingin latihan sebelum SIMAK UI? Uji di Tryout khusus SIMAK UI, sudah termasuk pembahasan lengkap!
3x Tryout SKS - Simak UI

Rp 260.000

Rp 130.000

1x Tryout SKS - Simak UI

Rp 100.000

Rp 50.000

Diskon
80%

Paket SIAP
BELAJAR 1 Bulan

Paket SIAP BELAJAR 1 Bulan

1 bulan akses lengkap materi UTBK dan pembahasan + 10x Tryout.

Beli Paket

Rp 875.000

Rp 175.000