Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Sering tidak, kamu merasa malas mengerjakan tugas? Rasanya mager, pengen rebahan, lalu akhirnya tidak produktif. Akibatnya, PR keteteran dan terpaksa menggunakan SKS alias “Sistem Kebut Semalam”. Tentunya cara ini tidak efektif terutama ketika mendekati masa ujian. Tidak semua materi pelajaran akan dapat dipahami dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi dalam belajar.

Lalu, bagaimana caranya membangun konsistensi belajar? Berikut tips dan trik membangun produktivitas ala Pahamify.

Rapikan Meja Belajarmu

Leo Babauta dalam bukunya Zen Habits; Meraih Kesederhanaan, Kebahagiaan, dan Produktivitas dalam Hidup mengatakan, kerapian dan kebersihan akan memberikan ketenangan. Oleh karena itu, rapikan meja belajarmu jika meja belajarmu terlihat berantakan. Letakkan alat tulis dan buku-bukumu di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau. Dengan meletakkan alat-alat tulis dan buku-bukumu di tempat yang mudah terjangkau, kamu tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mencari alat tulis atau buku yang kamu butuhkan. Sehingga, kamu bisa mengoptimalkan waktu yang kamu punya untuk belajar.

Buat Daftar Tugas

Henry Manampiring dalam buku Filosofi Teras mengatakan bahwa menulis membantu kamu untuk mengurangi beban otak dalam berpikir. Dengan menulis, kamu akan terhindar dari kelupaan karena otak kita hanya mampu mengingat memori jangka pendek selama 30 detik hingga beberapa hari.

Menulis daftar tugas memudahkan kamu untuk memilah tugas-tugas berdasarkan urgensinya. Leo Babauta menyebutnya sebagai Tiga Tugas Besar, yaitu tiga tugas pertama yang harus diselesaikan sesegera mungkin. Kamu juga bisa mengelompokkan tugas-tugas yang bisa dikerjakan secara berurutan.

Hindari Multitasking

Apakah kamu terbiasa melakukan dua hal secara bersamaan? Faktanya otak tidak mampu mengerjakan dua tugas sekaligus. Ketika melakukan multitasking otak menerima rangsangan untuk melakukan dua tugas atau lebih secara bergantian. Beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa multitasking dapat menurunkan IQ. Selain itu, perilaku multitasking diyakini rentan kesalahan dan dapat menimbulkan stres.

Meski belum ada penelitian yang menyatakan bahwa multitasking menyebabkan kerusakan saraf, beberapa ahli berpendapat bahwa multitasking dapat mengubah cara berpikir dan kemampuan otak di masa mendatang. Untuk itu, hindarilah multitasking sebisa mungkin.

Buat Jadwal Belajar Rutin

Banyak praktisi self-improvement menyarankan untuk membuat jadwal harian. Membuat jadwal harian diyakini dapat membantu mempermudah dan meningkatkan produktivitas, karena semua pekerjaan terjadwal dengan baik sehingga waktu yang ada dapat digunakan seefektif mungkin.

Membuat jadwal belajar rutin dapat dilakukan dengan mengalokasikan jadwal belajar pada waktu-waktu yang dirasa kondusif dan nyaman untuk belajar, misalnya di malam hari setelah makan malam. Kamu tidak perlu membuat jadwal belajar rutin setiap hari. Sisakan satu hari untukmu beristirahat, atau mengerjakan hobi. Satu hari ini umumnya disebut sebagai reset day atau hari beristirahat.

Bangun Suasana yang Nyaman untuk Belajar

Beberapa orang senang belajar sembari mendengarkan musik. Beberapa orang lainnya senang belajar dengan ruangan beraroma terapi yang menenangkan. Bagaimanapun, setiap orang memiliki cara sendiri untuk nyaman ketika belajar.

Pencahayaan yang cukup, meja dan kursi yang nyaman untuk menulis dan membaca adalah cara sederhana untuk membangun suasana yang nyaman ketika belajar. Beberapa ahli juga menganjurkan untuk belajar sembari memutar musik yang menenangkan karena mampu meningkatkan konsentrasi. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Carilah cara-cara yang menurutmu dapat membangun suasana nyaman untuk belajar.

Membangun Konsistensi itu penting banget bukan cuma dalam belajar. Tapi dalam segala hal.

Serial Entrepreneur bernama Christine Comaford pernah mengatakan bahwa ketika mempelajari hal baru secara terus menerus secara konsisten, kita sedang menempa saraf kita agar menjadi lebih terlatih.

Oh iya Pahamify juga punya fitur yang bisa kasih kamu solusi untuk masalah-masalah seputar belajar, minat dan bakat, keluarga, lingkungan, sekolah, dan kuliah lewat fitur Tips dan Motivasi. Di fitur tersebut ada Tips Belajar, Sistem Belajar, Teknik Belajar dan Masih banyak lagi

Kamu juga bisa ngobrol dan curhat masalah pribadi dan pekerjaan kamu melalui fitur Konseling, bareng psikolog berlisensi lewat aplikasi

Yuk download aplikasinya!

Penulis: Alivia Awin


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog