Pentingnya Mentor dalam Proses Belajar

Proses belajar bisa semakin maksimal kalau ditemani oleh mentor.

Mungkin kamu adalah orang yang senang menyendiri. Kamu lebih senang melakukan segala hal tanpa perlu bantuan orang lain. Bisa jadi alasannya adalah karena kamu lebih merasa tenang ketika semua teratasi secara mandiri. 

Dalam konteks belajar, mungkin cara tersebut kamu lakukan agar lebih fokus. Bukan hal yang salah ketika kamu memutuskan untuk belajar tanpa pendamping. Karena nyatanya cara belajar itu disesuaikan kembali dengan sistem yang kamu buat. Tapi saat belajar sendiri pernahkah kamu merasa tidak yakin dengan apa yang kamu coba pahami?

Ternyata keberadaan orang lain sangat bermanfaat loh dalam proses belajar kamu. Terutama buat kamu yang sering merasa kesulitan dalam memahami sebuah materi pelajaran. Misal, kamu bisa ajak teman kamu untuk dijadikan sosok “penguji” supaya kamu makin paham. Kan enak kalau misalkan kita kurang paham, teman kamu bisa bantuin jelasin atau bahkan mengoreksi pemahaman kamu yang kurang tepat.

Konteks orang lain di sini bisa juga berupa seorang mentor. Menurut Sosiolog Morris Zelditch, mentor adalah seorang penasihat, atau orang yang punya pengalaman dan mau berbagi atas pengalaman yang dimilikinya. 

Apabila kamu ingin belajar hal baru, maka carilah orang yang sudah ahli di bidang tersebut atau minimal berpengalaman untuk dijadikan mentor. Misal, kamu ingin belajar tentang materi fisika tentang kenapa pesawat bisa terbang. Maka carilah sosok yang sekiranya ahli di bidang fisika untuk dijadikan mentor.


[Baca juga: Deep Work: Cara Fokus Belajar Tanpa Gangguan]


Seorang mentor juga dapat memberikan dukungan moral dan emosional, umpan balik, serta membantu seseorang dalam mencari peluang dan informasi. Bertukar cerita dalam obrolan yang mendalam bisa dilakukan saat kamu sudah menemukan mentor yang tepat. Kamu bisa sekaligus cerita tentang permasalahan kamu dalam proses belajar. Sehingga selain belajar kamu juga dapat moral support dari mentormu.

Penjelasan tentang mentor dapat kamu cari tahu lebih dalam di video Learning How To Learn with Hutata di Season 4 Episode 4. Dalam video tersebut kak Gina Ghassari mengajak kita untuk belajar hubungan mentor dan role model dengan metode belajar Deliberate Practice.

Buat kamu yang sedang mengejar impian untuk masuk dunia perkuliahan, bisa juga untuk mencari mentor. Carilah orang yang sudah berpengalaman dalam dunia perkuliahan. Contohnya: kakak kelas, teman atau saudara kamu yang sudah lebih dahulu masuk kuliah. Kamu bisa cari tahu tentang bagaimana kehidupan di kampus dan apa saja yang dipelajari di jurusan yang kamu cita-citakan. 

Sesungguhnya setiap kampus memiliki tipikal lingkungannya masing-masing. Terutama buat kamu yang akan kuliah di luar kota, penting banget untuk cari tahu tentang kampus dan daerah yang kamu tuju. Biar kamu gak bingung saat ketemu lingkungan yang sangat baru. Setidaknya dengan memiliki mentor kamu bisa mengatasi culture shock yang kamu dapatkan di luar sana.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa cari tahu siapa mentor yang cocok sama kamu. Semoga mentor yang kamu percaya bener-bener cocok ya sama apa yang ingin kamu pahami. Kalau udah cocok, proses belajar jadi makin asik dijalanin. Selamat mencoba!


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog