Deep Work: Cara Fokus Belajar Tanpa Gangguan

cara fokus belajar menggunakan deep work

Seberapa seringkah kamu mengerjakan sesuatu dengan fokus tingkat tinggi tanpa merasa terganggu apapun? Bagi yang memang sering, kamu hebat! Karena nyatanya untuk bisa melakukan cara fokus belajar itu butuh latihan yang serius. 

Tapi mungkin di antara kita ada juga yang selalu merasa mendapat gangguan dari apa yang ada di sekitar kamu. Biasanya yang paling dekat adalah handphone. Baru belajar sebentar, tangan udah gerak buat ngecek notifikasi, bales chat whatsapp, trus buka instagram, lihat story satu per satu, beres dari situ baca twit-twit lucu di twitter, bosen ngetwit, buka youtube untuk nonton video, eh, malah ketiduran. Hasilnya belajar kamu keganggu karena aktivitasmu yang percuma tadi. 

Kecuali kamu nonton video Learning How To Learn dari Hujan Tanda Tanya. Bisa jadi waktu nonton kamu malah sadar dan ingat kalo harus balik lagi buat belajar.


[Baca Juga: Tips Belajar Tanpa Gangguan Notifikasi]


Memang harus diakui bahwa gangguan itu sulit dihindari. Setiap orang memiliki hal yang membuat dirinya merasa terganggu. Mungkin diantara kita ada yang sangat kebal dengan gangguan handphone yang diceritakan tadi tapi sangat terganggu ketika keadaan sekitar sangat berisik. 

Hal itu senada dengan apa yang dikatakan oleh Cal Newport, sang penulis buku berjudul Deep Work. Melalui bukunya dia berkata bahwa kemampuan untuk sepenuhnya fokus dengan apa yang kita kerjakan adalah sesuatu yang langka, berharga, dan bermakna. Karena pada kenyataannya gangguan dalam mengerjakan sesuatu itu ada banyak sekali.

Dengan konsep Deep Work, Cal Newport beranggapan ketika kita melakukan sesuatu dengan konsentrasi penuh bukan hanya membuat pekerjaan berjalan lebih baik, melainkan juga semakin mudah dalam memahami sesuatu yang kita pelajari.

Melakukan Deep Work itu perlu latihan yang tekun. Prosesnya juga harus berulang-ulang agar terbiasa. Jangan lupa perhatikan poin poin berikut untuk melatih metode ini:

  • Membuat jadwal belajar
  • Tentukan berapa lama kamu akan melakukan Deep Work
  • Cari Tempat yang nyaman untuk Deep Work
  • Lakukanlah shutdown ritual

Nah, Lewat video Learning How to Learn Season 4 Episode 5, Kak Gina Ghassari ngajak kita untuk memahami konsep Deep Work yang diprakarsai oleh Cal Newport. Di situ kak Gina menjelaskan lebih detail tentang poin-poin yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan Deep Work dan kamu jadi tahu cara fokus belajar. Yuk tonton dan selamat mencoba! 🙂


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog