Halo para petarung PTN 2020! Seberapa besar ambisimu untuk lulus PTN yang kamu impikan?

Pasti besar banget dong! Kebayang, kan, betapa bangganya orang-orang terdekat, terutama kamu, kalau bisa lulus PTN yang sudah kamu impikan sejak dahulu?

Salah satu ujian yang harus kamu lewatin untuk bisa lulus PTN itu adalah UTBK. Nah, karena yang ikut UTBK itu ada ribuan bahkan jutaan, Kamu harus siap untuk “bertarung” secara total untuk lulus dan jadi yang terbaik.

Dan untuk jadi yang terbaik, perlu ada taktik dan strategi belajar untuk sukses UTBK. Apa aja? Yuk, langsung disimak.

  • Kerjain Soal UTBK Tahun Lalu dan Nilailah Kesiapan kamu

Kamu perlu menjajal dan memahami seberapa sulit soal UTBK. Walaupun soal-soal yang muncul pada UTBK setiap tahunnya akan selalu berbeda, inti materinya bakalan tetap sama, kok. Soal UTBK tahun sebelumnya bisa jadi tolak ukur kesiapan kamu dalam menjalankan taktik selanjutnya. Nah, selepas ngerjain soal-soalnya, kamu bisa mulai menilai dan mengevaluasi, sejauh mana kompetensi kamu dalam menghadapi UTBK yang sebenarnya.

  • Uraikan Bahan Materi Yang Muncul Pada UTBK

Nah, setelah ngerjain soal UTBK tahun lalu dan mengetahui kompetensi kamu, pastinya udah kebayang, soal macam apa yang akan kamu hadapi. Sekarang kamu bisa memetakan dan memprioritaskan soal dan materi yang perlu kamu pelajari secara lebih mendalam, dengan mengetahui di mata pelajaran apa dan materi mana saja yang masih banyak salah, yang pastinya masih kurang kamu kuasai.

  • Susun Jadwal Untuk Belajar Dan Ngerjain Soal

Setelah kamu memahami kompetensi diri dan mencatat materi mana yang harus kamu dalami lagi, langkah selanjutnya adalah menyusun jadwal. Ya, jadwal belajar! Kamu harus menata jadwal belajar kamu dikarenakan:

  1. Kamu tahu waktu yang tersisa untuk belajar dan mempelajari materi yang sudah kamu 
  2. Mengalokasikan waktu untuk mempelajari setiap materi dan soal yang udah kamu petakan
  3. Sebagai alarm dan pengingat untuk memacu konsistensi dan kedisiplinan kamu.

Tidak perlu menyusun jadwal yang terlalu ketat. Kamu bisa selingin dengan bermain. Tapi jangan keseringan, yah!

  • Review dan Pelajari Materi Yang Jadi Titik Kelemahan Kamu

Kalo jadwalnya udah jadi, kamu harus bisa memaksimalkan waktu belajar dengan memperdalam materi yang jadi titik lemah kamu dan mengerjakan variasi soal tentang materi tersebut. Jadi polanya adalah.

Pelajari materi – Latihan soal – Ulas teori dasar pada materi – Latihan soal lagi – Ulas teori lebih mendalam – Latihan variasi soal yang lebih sulit – Dan seterusnya.

Kamu bisa langsung menggali dan mempelajari materi-materi yang belum kamu kuasai di aplikasi Pahamify, loh!

  • Ikutin Banyak Try Out Mandiri

Setelah belajar dan mendalami materi, Try Out Mandiri adalah sarana kamu untuk uji coba mengerjakan soal dengan format yang mirip sama ujian UTBK yang sesungguhnya. Kenapa harus ikut Try Out?

  1. Makin paham letak kelemahan kamu.
  2. Mengetahui materi apa saja yang masih perlu dievaluasi.
  3. Terbiasa memanfaatkan durasi ujian dengan efektif.
  4. Otak dapat terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian.
  5. Memiliki mental yang lebih kuat ketika hari-H ujian.
  6. Realistis milih jurusan kuliah.
  • Evaluasi Kembali Soal Yang Kamu Pelajari Berdasarkan Nilai Try Out Kamu

Terakhir, evaluasi kembali kompetensi materi kamu dari serangkaian try out yang sudah kamu jalani. Coba identifikasi dan petakan kembali soal dan materi-materi mana yang bikin passing grade kamu jatuh. Terus ulang dan ulang sampai semua materi bisa kamu pahami.

Tetap tenang dan jaga fokus dalam mengerjakan setiap soal. Jangan lupa menjaga kesehatan karena fisik yang sehat bakal menjadikan otak kamu lebih maksimal dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Percaya diri dan yakin bahwa proses pembelajaran yang sudah kamu jalani selama ini pasti akan membuahkan hasil terbaik.  Akan lebih bagus lagi jika kamu belajar pake aplikasi Pahamify!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog