Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Bisa berkuliah di universitas negeri favorit sampai wisuda merupakan impian setiap pelajar yang sudah menamatkan SMA. Tapi, sayangnya, gak semua pelajar bisa mewujudkan impian tersebut karena masalah kendala. Kalau kamu termasuk pelajar tersebut, kamu jangan patah arang dulu, ya, Pahamifren. Soalnya ada banyak program beasiswa S1 yang bisa membantu kamu mewujudkan impian kamu tersebut. 

Kalau kamu mau mendaftarkan diri sebagai calon penerima program beasiswa S1 di Indonesia, tentu saja, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Nah, kali ini Mipi mau bahas hal apa aja yang mesti kamu persiapkan dan cara mendapatkan beasiswa S1 tersebut. Yuk, langsung kita bahas satu-persatu!

Melakukan persiapan yang matang menjadi salah satu jalan menempuh program beasiswa S1.

Rajin Cari Informasi Program Beasiswa S1

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan, tentu saja, kamu mesti rajin mencari informasi mengenai program beasiswa S1 yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan program beasiswa yang kamu incar, kamu dapat mempersiapkan diri kamu jauh lebih baik sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai calon penerima program beasiswa S1 di Indonesia tersebut. 

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui jenis beasiswa yang ditawarkan oleh program beasiswa yang kamu incar—apakah program beasiswa tersebut memberikan beasiswa penuh (full) atau hanya parsial (sebagian)? 

Perbedaan kedua program beasiswa S1 tersebut adalah beasiswa penuh nggak cuma akan mendanai biaya kuliah kamu, tapi kamu juga akan mendapatkan pendanaan biaya hidup, biaya akomodasi, sampai sarana dan prasarana belajar. Sementara beasiswa parsial biasanya cuma akan menanggung sebagian biaya saja, seperti biaya kuliah dan akomodasi. Beasiswa parsial juga biasanya mewajibkan kamu sudah berstatus mahasiswa dan sudah menyelesaikan studi sampai dua semester.

Program beasiswa penuh biasanya berasal dari pemerintah, seperti Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud dan beasiswa Bidikmisi dari Kemenristekdikti. Sementara program beasiswa parsial biasanya berasal dari pihak kampus, instansi swasta, atau yayasan.

Program beasiswa S1 dari pihak kampus biasanya ada beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PEE), dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa). Beberapa contoh program beasiswa dari instansi swasta atau yayasan adalah beasiswa BCA, beasiswa PT Djarum, beasiswa Pertamina Sobat Bumi, beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie, dan beasiswa Yayasan Supersemar. Ada juga, sih, beasiswa pemerintah yang memberi beasiswa parsial, yaitu Beasiswa Bank Indonesia (BI).

Oh, iya, ada juga program beasiswa S1 di Indonesia yang diberikan oleh ikatan alumni sebuah universitas, loh. Misalnya di Unhas ada program beasiswa Ikatan Alumni Unhas (IKA-Unhas). Makanya, kamu jangan malas mencari informasi program beasiswa, ya. Siapa tau ikatan alumni universitas tempat kamu kuliah nanti memiliki program beasiswa yang bisa kamu manfaatkan. 

Prestasi Akademik

Kalau yang satu ini udah jelas banget mesti kamu miliki sebagai salah satu cara mendapatkan beasiswa S1 ya, Pahamifren. Makanya, kalau kamu kepingin banget bisa dapet beasiswa, kamu mesti rajin belajar dan memiliki nilai akademik yang bagus. Usahakan nilai akademik kamu stabil atau meningkat setiap semesternya, supaya peluang kamu dapat beasiswa semakin besar. 

Rata-rata program beasiswa yang ada mengharuskan para calon penerima beasiswanya memiliki nilai rata-rata 8. Selain itu, ada juga program beasiswa yang lebih menyukai pelajar dengan prestasi nasional atau internasional, misalnya Beasiswa Unggulan Kemendikbud. 

Oh, iya, kalau perlu kamu juga harus mengasah kemampuan menulis kamu. Ini cukup penting untuk membuat CV yang akan kamu kirimkan sebagai syarat mengajukan permohonan bantuan beasiswa. Selain itu, ada juga program beasiswa seperti Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang mengharuskan kamu membuat esai sebagai salah satu syarat yang harus kamu penuhi. Makanya, melatih kemampuan menulis kamu bakalan bermanfaat banget, deh!

Penuhi Persyaratan Program Beasiswa S1

Nah, setelah kamu mengetahui persyaratan apa saja yang diajukan oleh program beasiswa S1 yang kamu incar, maka kamu harus memenuhi semua persyaratannya. Jangan sampai ada persyaratan yang terlewat yang pada akhirnya merugikan diri kamu sendiri.

Apa Saja Syaratnya?

Biasanya program beasiswa S1 memberikan persyaratan umum seperti berikut:

  • Kamu gak lagi sedang menerima beasiswa dari lembaga atau institusi lain
  • Kamu harus memiliki berkomitmen menyelesaikan studi kuliah kamu nanti sampai selesai
  • Kamu harus berstatus pelajar SMA atau sederajat dengan prestasi akademik yang memuaskan. Nilai akademik yang biasanya ditentukan oleh setiap program beasiswa biasanya berbeda-beda, tapi biasanya nilai rata-rata yang mereka butuhkan adalah 8
  • Kamu berasal dari keluarga yang memiliki kesulitan finansial
  • Kamu harus memiliki akhlak, sopan santun, dan perilaku yang baik

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Selain persyaratan, kamu juga mesti memperhatikan dokumen apa saja yang mesti kamu persiapkan saat mendaftar dan saat kamu lolos seleksi program beasiswa yang kamu incar. Sekalipun terkesan sepele, tapi proses mengurus semua dokumen yang kamu butuhkan ini bisa membutuhkan waktu yang lama, loh. Makanya, gak ada ruginya kalau kamu sudah mempersiapkan semua dokumen tersebut dari jauh-jauh hari.

Dokumen Pengajuan Beasiswa S1 Yang Harus Disiapkan

Biasanya program beasiswa S1 di Indonesia meminta kamu menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • Kamu harus sudah mengisi formulir aplikasi program beasiswa yang kamu incar
  • Surat pernyataan dari sekolah kamu, yang menyatakan kalau kamu masih terdaftar dan berstatus aktif sebagai pelajar
  • Surat pernyataan dari sekolah kamu, yang menyatakan kalau kamu gak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau institusi manapun
  • CV (Curriculum Vitae)
  • Dua lembar foto berwarna 3 x 4
  • Fotokopi tanda pengenal diri berupa KTP atau kartu pelajar
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Transkrip nilai kamu dari semester 1 sampai akhir
  • Surat keterangan kalau kamu berasal dari keluarga gak mampu dari pejabat setempat

Siapkan Mental

Setelah semua persiapan di atas sudah kamu lakukan, kamu tinggal siapin mental kamu, deh. Jangan sampai kamu terlalu stres saat menunggu hasil pengumuman apakah kamu lolos seleksi program beasiswa S1 yang kamu incar, ya. Kalaupun kamu gagal lolos, kamu jangan langsung patah arang. Kamu harus tetep semangat dan berusaha mendapatkan program beasiswa lainnya. Terus semangat, ya, Pahamifren!

Siapkan syarat-syarat wajibnya, jangan sampai salah mengajukan program beasiswa S1.

Nah, untuk mendukung usaha kamu untuk mendapatkan beasiswa S1, kamu bisa banget menggunakan aplikasi Pahamify untuk membantu kamu mempelajari materi-materi pelajaran yang harus kamu kuasai. Dengan berlangganan paket belajar Pahamify, kamu pasti bisa meraih nilai akademis yang bagus dengan cara belajar yang asyik dan seru. Apalagi paket belajar Pahamify lagi ada diskon sampai 75%, loh! Makanya, jangan buang-buang waktu lagi. Buruan kamu unduh aplikasi Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog