Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Bagi Bapak/Ibu yang berprofesi sebagai guru tentu setuju jika mengajar online memang bukan perkara mudah. Di era new normal ini, setiap guru wajib menguasai cara mengajar online. Itulah mengapa istilah guru online semakin populer di era sekarang.

Sekalipun pandemi COVID-19 ini mendorong percepatan sistem pendidikan era revolusi 4.0, bukan berarti memungkinkan guru menerapkan cara belajar online secara sempurna. Metode blended learning dalam sistem pendidikan era revolusi 4.0 yang tetap membutuhkan pembelajaran tatap muka, tidak bisa diterapkan pada masa pandemi ini.

Oleh karena itu, seorang guru online dituntut untuk mengasah beberapa keterampilannya, agar dapat melakukan berbagai cara mengajar online yang kreatif. Tentu dengan kualitas belajar yang membuat para siswa mudah memahami materi pelajaran yang diajarkan.

Cara mengajar online tentu tidak semudah seperti mengajar di ruang kelas.

Ketarampilan Yang Harus Dikuasai Guru Untuk Mengajar Online

Apa saja keterampilan guru yang harus diasah saat mengajar online? Kita bahas satu persatu, ya, Bapak dan Ibu.

Keterampilan Memahami Media Online

Keterampilan pertama yang harus diasah oleh seorang guru di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentu saja keterampilan memahami media online, terutama aplikasi mengajar online yang akan digunakan saat mengajar online.

Bapak dan Ibu perlu mengetahui dan memahami fitur-fitur yang disediakan aplikasi-aplikasi mengajar online yang tersedia agar dapat memilih aplikasi mengajar online mana yang lebih tepat untuk mengajar para siswa Bapak dan Ibu. 

Selain itu, sebagai guru online, Bapak dan Ibu juga perlu mempertimbangkan penggunaan metode belajar yang mudah diakses oleh para siswa. Tidak bsia dipungkirri, di Indonesia, tidak semua siswa memiliki akses atau fasilitas yang cukup untuk aplikasi belajar online yang membutuhkan kuota yang cukup besar.

Pahami dan  Belajar Online Nggak Pake Mahal, Diskon 75% Untuk Semua Paket Pahamify

Maka dari itu, Bapak dan Ibu guru juga harus lihai memanfaatkan fasilitas yang ada. Misalnya, pada saat ada beberapa siswa yang mengalami kendala kuota yang terbatas.

Bapak dan Ibu dapat menggunakan aplikasi WhatsApp dan memanfaatkan fitur-fiturnya seperti voice note (VN) untuk menerangkan materi pelajaran, share document untuk membagikan bahan materi pelajaran dan video pembelajaran pendukung, atau memberikan tautan video pembelajaran yang ada di internet.

Keterampilan Merancang dan Menyajikan Materi Pembelajaran Secara Kreatif 

Kreativitas merupakan salah satu dari 4 keterampilan guru yang wajib dimiliki pada abad 21. Di era digital seperti sekarang, Bapak dan Ibu dituntut kreatif dalam merancang formula cara mengajar online, hingga memilah materi pelajaran apa saja yang harus didahulukan dengan waktu mengajar online yang terbatas.

Selain itu, materi pembelajaran pun sebaiknya disajikan secara kreatif agar para siswa dapat lebih antusias dan tergali rasa penasarannya saat belajar online. Hal ini penting diperhatikan mengingat situasi belajar online seringkali membuat siswa merasa jenuh dan tidak fokus saat belajar.

Keterampilan Mengelola Kelas Online

Keterampilan mengelola kelas merupakan salah satu 9 keterampilan dasar mengajar yang juga harus diasah saat mengajar online. Belajar online mengharuskan Bapak dan Ibu mengelola kelas dalam wujud virtual, yang tentu saja berbeda dengan ruang kelas di sekolah.

Dengan keterampilan mengelola kelas, Bapak dan Ibu diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar online yang efektif. Termasuk pada saat terjadinya gangguan selama belajar online. Bapak dan Ibu juga harus mampu menegur siswa yang mengganggu proses pembelajaran online dengan cara yang tepat sasaran, agar siswa yang ditegur tidak meninggalkan kelas online yang diadakan.

Teguran halus dapat diberikan dengan cara meminta siswa yang mengganggu proses pembelajaran menjelaskan materi pelajaran yang sedang Bapak dan Ibu ajarkan, atau bertanya kepada siswa yang bersangkutan tentang pemahamanan materi pelajaran.

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Cara ini bukan saja untuk menegur, namun bisa menjadi bahan introspeksi apakah metode dan cara mengajar online yang Bapak dan Ibu terapkan dapat diterima oleh siswa.

Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan ini bukan hanya bermanfaat pada saat Bapak dan Ibu menerangkan materi pelajaran saat mengajar online, tapi juga saat ada siswa yang masih belum paham materi pelajaran yang sudah Bapak dan Ibu jelaskan.

Keterampilan berkomunikasi yang baik akan membuat para siswa merasa nyaman, sehingga para siswa pun tidak akan merasa sungkan atau segan saat hendak bertanya mengenai materi pelajaran yang masih belum mereka pahami. Keterampilan komunikasi ini juga bermanfaat untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa.

Keterampilan Memotivasi Siswa

Keterampilan yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan keterampilan-keterampilan yang sudah dibahas di atas. Berbagai cara mengajar online yang sudah Bapak dan Ibu terapkan secara kreatif, akan sia-sia keterampilan memotivasi siswa.

Sikap guru yang ramah, bersahabat, penuh perhatian, dan mampu memberi motivasi siswa dapat mengubah siswa termalas sekalipun. Pada masa belajar online ini, Bapak dan Ibu dapat dengan lebih luwes berkomunikasi dengan para siswa yang membutuhkan perhatian.

Siswa cenderung lebih terbuka pada Bapak dan Ibu saat berkomunikasi menggunakan aplikasi chat dibandingkan saat berkomunikasi dengan bertatap muka langsung. Oleh karena itu, jangan sia-siakan masa belajar online ini untuk dapat lebih memotivasi para siswa agar mereka lebih semangat meraih masa depan yang cerah.

Keterampilan guru sangat berpengaruh pada efektifitas cara mengajar online.

Solusi Belajar Online Terbaik

Nah, itu lah beberapa cara mengajar online yang bisa Bapak dan Ibu terapkan. Semoga artikel ini dapat membantu Bapak dan Ibu lebih memahami keterampilan apa saja yang harus diasah saat mengajar online, ya.

Pahami dan  Paket Baru Pahamify

Bagi Bapak dan Ibu guru yang membutuhkan aplikasi belajar online, Bapak dan Ibu bisa menggunakan Pahamify. Dengan materi belajar lengkap dan inovatif, Pahamify menjadi solusi terbaik untuk belajar online.

Belum lagi promo Pahamify yang bisa Bapak dan Ibu manfaatkan untuk mendapatkan diskon spesial hingga 75 persen. Manfaatkan fitur-fitur menarik dari Pahamify, dan download aplikasinya sekarang!.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog