Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, bagaimana puasa kamu di bulan Ramadhan tahun ini? Mudah-mudahan, bisa tetap semangat dan lancar hingga hari raya nanti, ya. Selama berpuasa, apakah kamu sering kesulitan menemukan cara mengatur waktu belajar dan mengisi kegiatan bulan Ramadhan lainnya? Misalnya, karena harus tarawih, buka bersama, dan mengaji, jadwal belajar di rumah yang biasa kamu terapkan sering tertunda.

Kalau sudah seperti itu, kamu harus membuat pengaturan waktu belajar khusus di bulan Ramadhan. Jangan sampai kegiatan di bulan Ramadhan lainnya membuat target belajarmu berantakan. Apalagi bagi kelas 10 dan 11 yang sebentar lagi menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS).

Nah, kali ini Mipi mau membagikan 5 cara mengatur waktu belajar di bulan Ramadhan, sekaligus referensi jadwal belajar yang bisa kamu gunakan. Yuk, langsung simak pembahasannya sampai selesai!

Cara Mengatur Waktu Belajar di Bulan Ramadhan

Tips belajar saat puasa yang efektif sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan waktu belajar, namun juga pada kuantitas kamu dalam belajar. Waktu dan kuantitas belajar menjadi dua aspek penting agar proses belajar selama Ramadhan tetap optimal. Kamu perlu menemukan waktu belajar yang tepat, sekaligus tahu banyaknya materi yang perlu kamu kuasai. Untuk memenuhi waktu dan kuantitas belajar ini, berikut 3 (tiga) cara yang bisa kamu ikuti:

Pilih Waktu Belajar yang Paling Cocok Denganmu

Cara mengatur waktu belajar saat puasa yang pertama yaitu memilih waktu belajar yang paling cocok denganmu. Kalau kamu merasa ketika siang hari kamu sedang berpuasa, kamu kesulitan fokus dalam belajar, jangan memilih belajar yang terlalu berat di waktu tersebut. Belajar materi yang memerlukan daya pikir lebih seperti pelajaran eksak bisa membuat energi terkuras habis dan tubuh cepat merasa lapar.

Akibatnya, kamu jadi susah fokus menyerap materi dan proses belajar pun tidak akan membuahkan hasil maksimal. Ada baiknya kamu memilih waktu belajar setelah sahur, menjelang buka, atau setelah tarawih. Pilih satu yang paling cocok untuk belajar materi berat. Misalnya, setelah sahur atau tarawih saat tubuh masih dalam kondisi prima. Jadi, kamu bakal lebih fokus saat belajar deh.

Fokuskan Waktu Belajar sesuai Target

Supaya waktu dan kuantitas belajar kamu berjalan efisien, sebaiknya kamu fokus pada target belajar yang kamu buat. Contohnya, bagi kamu yang target belajarnya yaitu persiapan Ujian Mandiri, maka fokuslah pada penguasaan soal-soal. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan PAS, mulai tandai bab-bab yang akan keluar dan fokus belajar materi tersebut. Kamu bisa mengatur waktu belajar 1-2 jam dengan istirahat sejenak di pertengahan waktu.

Kuantitas belajarnya enggak harus terlalu banyak kok. Kamu bisa mengerjakan 5 soal per hari atau mempelajari 1-2 bab per hari secara konsisten. Cara mengatur waktu belajar seperti ini bisa membuat kamu berprogres dalam belajar. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan waktu secara maksimal, baik dalam belajar maupun mengisi kegiatan bulan Ramadhan lainnya.

Tidur yang Cukup di Malam Hari

Buat kamu yang memilih belajar setelah tarawih, jangan lupa tetap tidur tepat waktu di malam hari, ya. Biasanya, di bulan puasa akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kamu tidur lebih larut dari biasanya. Mulai dari buka puasa bersama, program Ramadhan di televisi, tarawih, belajar, hingga tadarus Al-Qur’an. Kamu harus tahu, kapan sebaiknya kamu beristirahat sesuai kondisi fisik dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

Alangkah baiknya kamu tetap menjaga pola tidur senormal mungkin. Tidur yang nyenyak dan cukup di malam hari bisa membuat kamu merasa segar dan badan terasa enteng keesokan harinya. Bahkan, kamu masih bisa menyempatkan waktu belajar setelah sahur, lho. Meski berpuasa, enggak ada yang namanya malas dan ngantuk lagi karena kamu sudah mendapatkan istirahat yang cukup di malam harinya!

Contoh Jadwal Belajar di Bulan Ramadhan

Cara mengatur waktu belajar yang telah dibahas di atas bisa kamu terapkan secara maksimal lewat jadwal belajar khusus bulan Ramadhan. Selain membantu mencapai target belajar, jadwal belajar tersebut bisa membuat kamu lebih produktif mengisi kegiatan di bulan Ramadhan. Nah, kali ini Mipi mau berbagi contoh jadwal belajar di bulan Ramadhan yang tentunya bisa kamu jadikan referensi.

Senin – Jumat

  • 03.00 – 05.00: Tahajud, sahur, dan salat subuh.
  • 05.00 – 06.00: Mengaji dan belajar ringan.
  • 06.00 – 07.00: Olahraga dan mandi pagi.
  • 07.00 – 11.00: Salat duha, belajar, dan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
  • 11.00 – 12.00: Bersantai.
  • 12.00 – 13.00: Salat zuhur dan mengaji.
  • 13.00 – 15.00: Tidur siang.
  • 15.00 – 16.00: Salat asar dan mandi sore.
  • 16.00 – 17.00: Belajar atau membaca ulang materi PJJ.
  • 17.00 – 19.00: Ngabuburit, buka puasa, salat magrib, persiapan tarawih.
  • 19.00 – 21.00: Tarawih, tadarus Al Qur’an, belajar.
  • 21.00 – 03.00: Tidur.

Sabtu – Minggu

  • Fleksibel sebagai bentuk self reward.

Dari contoh di atas, kamu pasti punya gambaran jadwal belajar khusus Ramadhan yang terbaik versi kamu sendiri dong. Jangan lupa memasukkan program Ramadhan seru Pahamify agar kegiatan di bulan Ramadhan kamu semakin produktif. Biar lebih mudah, kamu bisa menyusun jadwal belajar khusus bulan Ramadhan lewat fitur Jadwal Belajar dari Pahamify.

Lewat fitur Pahamify ini, kamu bisa mengatur target belajar, jenis materi yang akan dipelajari, serta porsi waktu belajar per harinya. Materi dalam Jadwal Belajar bisa langsung kamu klik menuju video pembahasan yang menarik, lho. Pada Jadwal Belajar versi terbaru, kamu juga bakal mendapatkan notifikasi pengingat belajar sehingga tidak akan terlambat dan menunda waktu jadwal belajar lagi deh. Keren banget kan?

Nah, itu dia ulasan mengenai cara mengatur waktu belajar beserta contoh jadwal belajarnya. Mudah-mudahan, setelah menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa menemukan tips belajar saat puasa yang efektif, ya. Buat kamu yang ingin mendapatkan materi pelajaran SMA untuk belajar online di rumah, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di link ini.

Khusus buat yang ambis persiapan Ujian Mandiri, kamu bisa berlangganan Paket SIMAK UI dari Pahamify untuk memaksimalkan persiapan kamu. Kamu juga bisa mencoba TryOut Premium Pahamify untuk latihan soal persiapan PAS. Buruan berlangganan aplikasi Pahamify sekarang dan dapatkan proses belajar terbaik untuk raih kampus impian!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll