Halo Pahamifrens, apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Di masa pandemi sekarang ini kita harus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari paparan virus berbahaya. Bicara soal virus, kali ini Pahamify Blog akan memaparkan Materi Biologi Kelas 10 tentang cara penularan influenza dan penyakit  yag disebabkan oleh virus. Simak baik-baik artikel ini ya.

Apa Itu Influenza?

Bagaimana sih cara penularan influenza, berapa lama masa inkubasinya? apa saja penyakit yang disebabkan oleh virus influenza?

Pahamify tentu sudah tahu apa itu virus kan? Virus merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit pada manusia. Di antara penyakit yang disebabkan virus adalah influenza. 

Sesuai namanya, peyakit yang disebabkan oleh virus influenza disebut dengan flu. Penyakit ini umumnya menyerang tubuh manusia dengan menginfeksi saluran pernapasan. Flu  kerap muncul di musim-musim tertentu, terutama pada musim hujan dan musim pancaroba. Orang yang kondisi tubuhnya kurang fit, biasanya sangat mudah terpapar oleh virus influenza ini.

Bentuk Virus Influenza 

Seperti apa sih bentuk virus influenza? Secara visual, virus influenza berbentuk bulat menyerupai bola dengan diameter sekitar 80 – 12 nm. Jenis virus yang menyerang saat terserang flu adalah virus Orthomyxoviridae dan tergolong ke dalam virus RNA. 

Gejala Penyakit Influenza 

Cara penularan influenza bisa dari kontak fisik, maupun menyentuh benda yang terpapat virus.

Seseoarang yang terinfeksi virus influenza akan menunjukkan beberapa gejala sebagai berikut:

Demam Tinggi

Satu sampai dua hari setelah terinfeksi virus, seseorang akan mengalami demam tinggi dengan suhu badan mencapai 38 sampai 39 derajat celcius.

Hidung Mampet

Setelah demam, penderita juga akan mengalami hidung mampet dan mulai berair atau yang biasa disebut pilek.

Sakit Tenggorokan

Pada kondisi yang lebih parah, seorang pasien bahkan akan merasakan sakit pada tenggorokannya, sehingga kesulitan menelan makanan.

Pusing 

Jika sudah merasa sakit tenggorokan, penderitanya juga akan merasa pusing, pening atau sakit kepala.

Kelelahan

Pada kondisi yang lebih parah, virus influenza yang menginfeksi tubuh akan membuat penderitanya mengalami kelelahan, lemas atau nyeri pada beberapa bagian tubuhnya.

Semua gejala yang timbul itu disebabkan karena virus influenza membuat beberapa sel-sel di tubuh penderitanya mati.

Cara Penularan Influenza

Influenza merupakan penyakit yang mudah sekali menular dari satu orang ke orang yang lainya melalui perantara udara. Walaupun dianggap ringan, kamu jangan menganggap remeh virus ini ya.

Influenza bisa menimbulkan masalah kesehatan yang membahayakan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit komplikasi. Lantas, bagaimana cara penularan virus influenza? Berikut penjelasannya:

Berdekatan Dengan Penderita

Salah satu cara penularan virus influenza adalah melalui percikan air liur yang keluar dari orang yang terinfeksi. Misalnya saat mereka batuk atau berbicara. Percikan air liur itu bisa terkena ke orang lain melalui udara dengan jarak hingga 30 cm dan akhirnya terhirup oleh orang- orang di sekitar.

Kontak Fisik Dengan Penderita

Flu juga bisa menular melalui sentuhan, misalnya saat berjabat tangan dengan penderita. Kenapa bisa begitu?

Saat terinfeksi virus, penderita tentu akan mengalami bersin terus menerus, sehingga membuat mereka membersihkan hidung yang berair ketika bersin dengan tangan. Nah, tangan yang sudah menyentuh cairan pada hidung tersebut sudah terpapar oleh virus influenza.

Jadi, ketika si penderita berjabat tangan dengan orang lain, maka virus yang menempel di tangan penderita tersebut akan berpindah ke tangan orang yang disentuhnya. Jika tidak dibersihkan, tangan yang terpapar virus tersebut juga akan menulari orang lain.

Menyentuh Permukaan Benda Yang Terpapar Virus

Selain lewat sentuhan, virus influenza juga bisa menempel di benda yang disentuh oleh penderita. Misalnya gagang pintu, meja, atau ponsel penderita. Nah, saat seseorang secara tidak sengaja menyentuh benda yang terpapar virus tersebut, maka kemungkinan mereka juga akan tertular influenza.

Masa Inkubasi Virus Influenza

Jika diamati dari cara penularan influenza, masa infkubasi virus ini membutuhkan waktu 3 hari sampai 3 minggu.

Cara penularan influenza paling rentan terjadi pada masa inkubasi. Apa itu masa inkubasi? 

Masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan virus ketika masuk ke tubuh seseorang. Virus akan memperbanyak diri pada sel-sel dalam tubuh. Selama masa inkubasi ini, orang yang terinfeksi belum memunculkan gejala-gejala penyakit seperti yang disebutkan di atas. 

Hal ini karena cepat atau lambatnya gejala infeksi muncul, berbeda-beda untuk setiap virus. Beberapa virus membutuhkan waktu sekitar 3 hari, ada pula yang menunjukkan gejala pada minggu ke-3 setelah kontak pertama dengan virus. Artinya seseorang dapat terinfeksi virus dan mengalami gejalanya kapan saja dalam rentang masa inkubasi tersebut.

Nah itulah pembahasan biologi kelas 10 tentang cara penularan influenza dan masa inkubasinya. Jika kamu ingin mempelajari materi pelajaran SMA menarik lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify.

Ada ratusan video pembelajaran seru yang bisa kamu akses saat berlangganan Pahamify. Jangan lupa juga untuk menonton ulasan materi menarik lainnya di channel YouTube Pahamify ya.

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog