Pahamifren, siapa di antara kamu yang mendaftar jalur Mandiri UI? Mengingat jumlah pendaftar Seleksi Mandiri UI lebih sedikit dibandingkan UTBK SBMPTN untuk masuk UI, peluang kamu diterima di jalur ini tentu lebih besar. Tapi, kamu tetap harus punya strategi matang untuk memaksimalkan peluang tersebut, ya. Miliki bekal informasi yang cukup supaya kamu lebih siap menghadapi SIMAK UI 2021 mendatang.

Nah, kali ini, Mipi mau membagikan fakta-fakta penting seputar pelaksanaan jalur Mandiri SIMAK UI 2021. Mau tahu apa saja? Baca pembahasan artikel ini sampai selesai.

Hal-Hal Penting Seputar Jalur Mandiri SIMAK UI 2021

Memaksimalkan peluang lolos masuk UI bukan hanya sekadar belajar materi saja, lho. Kamu juga harus tahu hal-hal penting seputar pelaksanaan jalur seleksi yang kamu pilih. Jangan sampai karena kurangnya informasi, kamu jadi gagal mengikuti tahapan seleksinya. Bagi kamu yang tertarik mencoba jalur Mandiri UI, yuk, cermati hal-hal penting tentang pelaksanaan SIMAK UI 2021 berikut ini!

Kuota Mencapai 50%

Ternyata, besarnya peluang lolos SIMAK UI dibandingkan UTBK SBMPTN tidak hanya karena jumlah pesertanya yang lebih sedikit, namun juga karena kuotanya lebih banyak. Kok bisa? Bukannya kuota Seleksi Mandiri PTN maksimal hanya 30%? Hal ini karena Universitas Indonesia merupakan PTN Berbadan Hukum (PTN-BH).

PTN-BH memiliki keleluasaan dalam pembagian kuota jalur Mandiri. Pembagian kuota yang ditetapkan untuk PTN-BH mencapai 50%. Di Universitas Indonesia, proporsi kuota mahasiswa baru 2021 jalur Mandiri SIMAK UI jenjang S1 Reguler yaitu 50%. Sementara SNMPTN hanya 20% dan 30% di SBMPTN. Kuota jalur Mandiri SIMAK UI banyak banget kan? Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini, Pahamifren!

Pahami dan  Wajib Tahu! Persebaran Materi SIMAK UI dari Tahun ke Tahun (KD, KA, dan KS)

Penilaian S1 Reguler Menggunakan Nilai UTBK dan Tes

Khusus peserta SIMAK UI 2021 S1 Reguler, Universitas Indonesia mensyaratkan nilai UTBK sebagai syarat pendaftaran. Bukan tanpa sebab, SIMAK UI pakai nilai UTBK ini akan menjadi bahan pertimbangan seleksi. Jadi, penilaiannya tidak hanya dari tes SIMAK UI 2021 saja, namun juga nilai UTBK.

Peserta SIMAK UI S1 Reguler rumpun Soshum wajib memiliki nilai UTBK Soshum saat mendaftar. Sementara peserta rumpun Saintek memerlukan nilai UTBK Saintek. Selain itu, tetap ada tes bagi peserta S1 Reguler. Materi tes SIMAK UI terdiri dari Kemampuan Dasar, Kemampuan IPA, dan Kemampuan IPS.

Bagi kamu yang tidak memiliki nilai UTBK, tenang saja, kamu masih bisa mendaftar SIMAK UI jenjang S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional. Ketiga jenjang tersebut tidak memerlukan skor UTBK sebagai syarat daftar maupun kriteria penilaian.

Peserta KIP Kuliah Bisa Mendaftar

Ada kabar baik nih buat kamu peserta KIP Kuliah 2021. Universitas Indonesia membuka pendaftaran SIMAK UI 2021 khusus bagi peserta KIP Kuliah, lho. Kamu akan terbebas dari biaya pendaftaran kalau mendaftar SIMAK UI pakai KIP Kuliah. Pendaftaran SIMAK UI pakai KIP Kuliah sudah dibuka sejak 5 Mei – 7 Juni 2021. Bagi kamu yang tertarik, cek artikel cara daftar SIMAK UI pakai KIP Kuliah yang sudah Mipi bahas, ya.

Lebih Banyak Pilihan Jurusan Kuliah

Merasa tidak cukup dengan pilihan 2 program studi di SNMPTN dan SBMPTN? Jangan khawatir, kamu bisa memilih lebih banyak pilihan jurusan kuliah saat mendaftar SIMAK UI 2021. Setiap peserta SIMAK UI 2021 dapat memilih maksimal 6 program studi. Banyak banget kan? Hal ini menjadi peluang emas untuk bisa kuliah di UI, lho.

Adapun ketentuan pemilihan jurusannya yaitu S1 Reguler maksimal memilih 3 program studi, S1 Paralel maksimal 3 program studi, dan Vokasi (D3 atau D4) maksimal 3 program studi. Kamu bebas menggabungkan program pendidikan yang tersedia, misalnya gabungan program S1 Reguler dan Vokasi. Namun perlu diingat, urutan jurusan yang kamu pilih menentukan prioritas, ya.

Pahami dan  Ikut SIMAK UI Gratis! Ini Jadwal dan Cara Daftar SIMAK UI 2021 bagi Peserta KIP Kuliah

Tidak Ada Esai

Dilansir dari akun Twitter resmi SIMAK UI, tidak ada esai pada pelaksanaan jalur Mandiri SIMAK UI 2021, baik jenjang S1 maupun Vokasi. Materi ujiannya hanya terdiri dari Kemampuan Dasar, Kemampuan IPA, dan Kemampuan IPS.

Sebagai tambahan informasi, ujian SIMAK UI dibagi menjadi tiga peminatan, yaitu IPA, IPS, dan IPC. Pengelompokan peserta ujian IPA, IPS, dan IPC ditentukan berdasarkan pilihan jurusan yang kamu tuju. Contohnya, kamu memilih jurusan kuliah IPS, maka materi ujiannya mencakup Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPS. Contoh lainnya, kamu memilih jurusan IPA dan IPS sekaligus, maka kamu harus mengerjakan materi Kemampuan Dasar, Kemampuan IPS, dan Kemampuan IPA.

Tidak Ada Sistem Nilai Mati

Bagaimana sistem penilaian SIMAK UI 2021? Apakah menggunakan sistem nilai mati? Jawabannya, tidak ada sistem penilaian nilai mati pada ujian SIMAK UI. Artinya, kamu tidak akan terdiskualifikasi meskipun ada mata pelajaran yang tidak diisi sama sekali. Sistem penilaian SIMAK UI 2021 masih menerapkan benar mendapatkan poin +4, salah -1, dan tidak diisi 0. Saran dari Mipi, tetaplah belajar dan atur strategi pengerjaan soal SIMAK UI sebaik mungkin agar mendapatkan nilai maksimal.

Ujian Dilaksanakan secara Online

Ada yang berbeda dengan mekanisme ujian SIMAK UI tahun 2021, yaitu dilaksanakan secara daring dari rumah masing-masing. Hal ini bertujuan mencegah penyebaran COVID-19 sesuai aturan pemerintah. Pelaksanaan ujian SIMAK UI berlangsung pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2021. Adapun detail lebih lanjut mengenai mekanisme ujian ini bisa kamu cek pada kartu ujian SIMAK UI, yang bisa diunduh pada tanggal 10 Juni 2021.

Itu dia beberapa fakta menarik seputar jalur Mandiri UI 2021. Semoga ulasan ini membuatmu lebih fokus dan matang menghadapi SIMAK UI mendatang, ya. Gunakan aplikasi belajar online Pahamify agar persiapan lebih maksimal.

Pahami dan  Wajib Tahu! Persebaran Materi SIMAK UI dari Tahun ke Tahun (KD, KA, dan KS)

Kamu bisa berlangganan Paket SKS SIMAK UI Pahamify untuk kebut belajar intensif materi SIMAK UI. Ada try out SIMAK UI, kelas online, study coach bersama Kak Fikri, akses fitur Study Plan, hingga grup belajar eksklusif untuk berdiskusi soal SIMAK UI sepuasnya bersama tutor dan Pahamifren dari seluruh Indonesia. Lengkap banget deh!

Yuk, download aplikasi Pahamify dan berlangganan sekarang! Manfaatkan berbagai fitur keren Pahamfy untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version