Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Bagi kamu yang ingin masuk UI tahun ini, SIMAK UI atau yang juga dikenal Seleksi Mandiri UI memang menjadi jalur masuk paling akhir setelah SNMPTN dan UTBK SBMPTN. Itu berarti, persaingannya akan semakin ketat. Tingkat kesulitan soal SIMAK UI 2021 pun dinilai lebih sulit dibandingkan UTBK SBMPTN. Kamu perlu tips lolos SIMAK UI yang tepat agar cita-cita kuliah di UI bisa terwujud.

Tips lolos SIMAK UI bukan hanya dari belajar materi saja, ya. Kamu juga butuh strategi mengerjakan soal SIMAK UI agar berkesempatan memperoleh skor tinggi dan lolos masuk Universitas Indonesia. Nah, Mipi akan membagikan 5 strategi pengerjaan soal SIMAK UI 2021 yang bisa kamu ikuti. Simak pembahasannya sampai selesai!

Tips Lolos SIMAK UI Lewat Strategi Pengerjaan Soal

Menyusun strategi pengerjaan soal bisa membuatmu lebih siap berhadapan dengan ujian SIMAK UI nantinya. Tips lolos SIMAK UI lewat strategi pengerjaan soal ini berguna agar kamu mendapatkan skor tinggi, tidak grogi saat menjawab soal, serta dapat menggunakan waktu ujian lebih efisien. Adapun strategi pengerjaan soal SIMAK UI 2021 yang bisa kamu ikuti, di antaranya:

Rileks

Hal terpenting yang perlu kamu persiapkan saat menghadapi ujian SIMAK UI yaitu mengendalikan diri. Buatlah fisik dan mental kamu dalam kondisi rileks. Namanya juga ujian, pasti ada rasa cemas, grogi, deg-degan yang timbul. Namun, jangan sampai kecemasan ini menghambat proses berpikir dalam mengerjakan soal.

Kamu bisa merilekskan tubuh dan pikiran dengan cara mengatur nafas atau menyemangati diri sendiri. Ucapkan kata-kata semangat, seperti “Kamu pasti bisa!” setiap kamu merasa gugup. Strategi seperti ini bisa meyakinkan kamu untuk mampu menyelesaikan soal SIMAK UI semaksimal mungkin.

Selain itu, jangan lupa berdoa sebelum dan setelah mengerjakan soal. Berdoa bisa mengurangi kekhawatiran karena kamu percaya Tuhan telah mengatur semuanya sesuai usaha yang telah kamu lakukan.

Jangan Berharap Bisa Menjawab Semua Soal

Berdasarkan pengalaman SIMAK UI dari peserta tahun-tahun sebelumnya, soal SIMAK UI dianggap memiliki tingkat kesulitan di atas soal UTBK. Jadi, dengan waktu pengerjaan soal yang sangat terbatas, kamu harus menyusun strategi pengerjaan soal yang realistis. Alangkah baiknya kamu tidak terlalu berharap bisa menjawab semua soal. Menjawab soal 80% dari total soal keseluruhan masih menjadi hal yang wajar kok.

Apabila kamu terlalu berharap menjawab semua soal SIMAK UI, ada kemungkinan kamu akan memforsir diri sendiri dalam pengerjaan soalnya. Dampak buruknya kamu bisa terjebak pada penyelesaian satu soal atau justru menjawab soal asal tebak yang penting terisi.

Bahkan, hal ini bisa membuatmu stres setelah ujian karena overthinking terhadap soal yang sudah kamu jawab. Intinya, harapan menjawab semua soal terkadang bisa menurunkan peluang kamu lolos SIMAK UI. Kalaupun kamu optimis bisa menjawab semua soal, kamu perlu belajar maksimal sebagai persiapan menghadapi SIMAK UI mendatang.

Kerjakan Soal Mudah Terlebih Dahulu

Tips lolos SIMAK UI lewat strategi pengerjaan soal selanjutnya adalah fokus pada soal mudah terlebih dahulu. Kerjakan semua soal yang benar-benar kamu anggap bisa. Selesaikan soal yang mudah dan punya waktu pengerjaan singkat. Lalu, kerjakan soal yang kamu anggap bisa tapi punya waktu pengerjaan yang lama.

Cara seperti ini bisa memperbanyak peluang kamu menjawab soal benar. Setelah pengerjaan soal yang mudah sudah terselesaikan, kamu bisa mencoba soal yang sulit. Namun, jangan terlalu lama fokus pada soal sulit karena akan menguras waktu dan tenaga kamu. Ada baiknya kamu juga menetapkan batasan pengerjaan pada setiap soal agar tidak terjebak pada satu soal dan waktu ujian jauh lebih efisien.

Hindari Menebak Jawaban

Perlu kamu tahu, sistem penilaian SIMAK UI 2021 masih menggunakan nilai benar +4, salah -1, dan tidak diisi 0. Jadi, jangan asal menebak jawaban kalau kamu tidak yakin karena itu bisa memengaruhi nilai SIMAK UI yang kamu peroleh. Mungkin menebak jawaban akan membuahkan hasil baik kalau ternyata jawaban tersebut benar. Tapi kalau salah, poin kamu bisa dikurangi 1 pada setiap jawaban salah. Supaya bisa lolos UI dan terhindar dari nilai minus, hindari menebak jawaban terlalu sering ya, Pahamifren.

Koreksi Jawaban

Gunakan waktu ujian yang tersisa untuk mengoreksi jawaban. Hal ini guna menghindari kekeliruan saat menjawab soal. Apalagi beberapa pilihan jawaban di soal SIMAK UI cenderung mirip sehingga sering membuat peserta bingung. Kalau kamu menyediakan waktu untuk mengoreksi jawaban, kamu memiliki peluang besar menjawab soal benar.

Tips mengerjakan SIMAK UI yang terakhir ini perlu kamu sesuaikan dengan mekanisme pelaksanaan SIMAK UI 2021, ya. Apabila sistem pelaksanaan SIMAK UI 2021 secara daring memungkinkan kamu mengecek jawaban semua soal, maka strategi ini bisa kamu ikuti.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Mengoptimalkan Strategi Pengerjaan Soal

Sebelum menghadapi ujian SIMAK UI, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengoptimalkan strategi pengerjaan soal di atas, antara lain:

  • Perbanyak latihan soal SIMAK UI dan mengikuti try out SIMAK UI 2021 agar kamu terbiasa dengan bentuk-bentuk soal dan suasana ujian. Hal ini berguna untuk melatih mental dan kesiapan mengerjakan soal ujian. Memperbanyak latihan soal juga bisa memperbesar peluang menjawab banyak soal benar, lho.
  • Selalu mengukur waktu saat mengerjakan latihan soal. Kamu bisa mencatat total waktu dan hasilnya setiap selesai mengerjakan latihan soal. Bandingkan catatan waktu dan hasil tersebut. Kalau waktunya lebih sedikit dan hasil nilainya lebih tinggi, berarti strategi manajemen waktu ujian kamu sudah optimal.
  • Menjelang pelaksanaan ujian SIMAK UI 2021, baca ulang secara singkat materi yang telah kamu pelajari. Perbanyak riset hal-hal yang berhubungan dengan topik-topik teks bacaan yang sering diujikan agar kamu lebih mudah memahami maksud dari pertanyaan.
  • Jaga asupan nutrisi harian, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup agar kondisi fisik kamu tetap prima saat ujian.
  • Karena ujian SIMAK UI 2021 dilakukan secara daring di rumah, lakukan persiapan teknis sedini mungkin. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti laptop/PC, koneksi internet yang stabil, alat komunikasi untuk pengawasan ujian, dan sebagainya. Selain itu, buatlah ruang ujian senyaman mungkin. Jika perlu, beri tahu orang di rumah saat kamu akan melaksanakan ujian untuk mengurangi distraksi.

Nah, itu dia ulasan mengenai tips lolos SIMAK UI lewat strategi pengerjaan soal. Selain menerapkan strategi-strategi di atas, kamu perlu belajar intensif SIMAK UI agar bisa menguasai semua materinya. Tenang saja, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify sebagai sarana belajar intensif SIMAK UI 2021.

Maksimalkan peluang lolos SIMAK UI dengan berlangganan Paket SKS SIMAK UI dari Pahamify. Kamu bisa ikut kelas online, try out SIMAK UI, study coach bersama Kak Fikri, akses fitur Study Plan, hingga gabung grup belajar eksklusif untuk berdiskusi soal SIMAK UI sepuasnya bersama tutor dan Pahamifren dari seluruh Indonesia. Wah, lengkap banget kan?

Yuk, buruan download aplikasi Pahamify dan berlangganan paketnya sekarang! Jangan sampai ketinggalan memanfaatkan fitur keren Pahamify untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

6 Comments on “Tips Lolos SIMAK UI 2021, Ini 5 Strategi Mengerjakan Soal SIMAK UI yang Perlu Kamu Tahu

Eka Saputra
June 5, 2021 at 2:34 am

terima kasih, setelah saya membaca tipsnya sangat membantu sekali dalam melakukan tips-tipsnya

Reply
DISYACITA GINANG PRATIDNA
June 5, 2021 at 3:06 am

Strategi mengerjakan soal SIMAK UI sangat membantu siswa. Karena banyak siswa tidak siap mental untuk mempersiapkan SIMAK UI. Dengan adanya artikel ini, siswa menjadi tau apa hal yang perlu di siapkan untuk mengoptimalkan strategi pengerjaan soal, dan strategi pengerjaan soal.

Reply
Tri Nur Azyzah
June 5, 2021 at 6:43 am

tips yang diberikan sangat mudah dipahami dan sangat membantu. terimakasih

Reply
Fatimatuz Zahro
June 5, 2021 at 7:35 am

Terima kasih tipsnya min. Bisa banget nih saya share ke temen-temen di lingkungan sekitar saya supaya mereka bisa mengerjakan soal tanpa asal-asalan dan sesuai prosedur yang ditentukan. Karena selain mempelajari strategi, perlu belajar latihan soal terus menerus dan belajar menggunakan waktu seefektif mungkin.

Reply
usup supriadi
June 12, 2021 at 4:31 am

Terima kasih atas tipsnya. sangat mudah di pahami dan sangat membantu.

Reply
Habibi Muzakkir
September 20, 2021 at 12:26 pm

Thanks banget artikelnya, semoga bisa kerjain soal simak UI dengan mengandalkan tips ini

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll