Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dibuka sejak 15 Februari sampai 24 Februari 2021 mendatang. Siapa di antara kamu yang tidak sabar ingin segera mendaftar?

Eits! Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya kamu melakukan persiapan pendaftaran SNMPTN 2021 terlebih dahulu. Satu di antara persiapan yang wajib kamu lakukan yaitu memperbanyak informasi dan menghindari kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi saat pendaftaran SNMPTN.

Kali ini, Mipi mau membahas kesalahan-kesalahan umum di pendaftaran SNMPTN. Kalau kamu enggak mau proses pendaftaran SNMPTN kamu terhambat, atau bahkan gagal karena kesalahan ini, kamu simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Pendaftaran SNMPTN 2021

Ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat pendaftaran SNMPTN. Kesalahan-kesalahan ini bisa berdampak pada status pendaftaran kamu, atau bahkan memengaruhi peluang lolos SNMPTN, lho. Jadi, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan berikut dengan baik agar pendaftaran SNMPTN 2021 bisa berjalan lancar.

Tidak Mempertimbangkan Nilai Rapor secara Keseluruhan

Tidak seperti SBMPTN yang mengharuskan kamu mengikuti tes UTBK, SNMPTN menyeleksi calon mahasiswa melalui nilai rapor. Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan rata-rata nilai rapor SNMPTN sebelum melakukan pendaftaran untuk memaksimalkan peluang lolos.

Banyak peserta SNMPTN yang merasa nilai rapor kelas 12 sudah bagus, hingga akhirnya mereka percaya diri memilih jurusan banyak peminat di pilihan pertama, tanpa mempertimbangkan nilai rapor pada kelas-kelas sebelumnya.

Padahal, nilai rapor yang dijadikan pertimbangan menerima siswa dari jalur SNMPTN bukan hanya nilai rapor kelas 12, melainkan rata-rata nilai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Selain itu, meskipun kamu menganggap nilai rapormu sudah bagus, belum tentu kamu berada di peringkat pertama saat masuk jurusan yang kamu incar. Sebab, peminat jurusan itu bukan hanya dari siswa di sekolahmu, tapi dari siswa seluruh Indonesia.

Untuk mengatasi kesalahan ini, ada baiknya kamu membuat analisis rapor sebagai prediksi peluang diterima pada jurusan yang kamu pilih. Jika nilai rapor kamu konsisten naik dengan nilai rata-rata tinggi, tidak ada salahnya mencoba jurusan favorit dengan passing grade tinggi. Namun, apabila rapor biasa-biasa saja, memilih jurusan dengan passing grade aman mungkin menjadi solusi tepat.

Kurang Teliti Mengisi Data

Satu di antara tahapan proses pendaftaran SNMPTN yang sangat penting adalah mengisi data. Sayangnya, tahapan ini sering kali dianggap sepele oleh sebagian siswa. Akibatnya, banyak siswa tidak lolos SNMPTN bukan karena nilai rapor rendah, melainkan kurangnya ketelitian dalam mengisi data sehingga data yang terdaftar pun salah.

Adapun jenis data yang perlu diisi siswa saat pendaftaran SNMPTN 2021 nanti adalah PDSS, NISN, dan data di PTN. Kesalahan dalam pengisian data-data tersebut dapat memengaruhi status pendaftaran kamu ya, Pahamifren.

Solusi menghindari kesalahan ini yaitu dengan mencari tahu jenis dokumen dan data yang kamu perlukan untuk mendaftar SNMPTN sejak jauh-jauh hari.

Jangan lupa melakukan verifikasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang akan digunakan. Lengkapi data diri pada situs LTMPT dan cek kembali data tersebut hingga kamu yakin sudah tidak ada data yang salah.

Salah Mengumpulkan Berkas

Masih terkait dengan poin sebelumnya, kesalahan fatal yang juga sering terjadi adalah salah mengumpulkan atau mengunggah dokumen. Misalnya, ketika diminta mengunggah foto formal dengan ukuran tertentu, kamu malah mengunggah foto nonformal dengan format foto yang tidak sesuai. Hal ini tentu dapat memengaruhi peluang diterima SNMPTN, ya.

Ketahui syarat pendaftaran SNMPTN sebelum mendaftar.

Mulai sekarang, pahami syarat SNMPTN 2021 yang ditetapkan. Tanyakan pada pihak sekolah atau panitia penyelenggara apabila menemukan kendala saat mendaftar. Biar lebih paham, cek syarat SNMPTN 2021 di artikel Cara Registrasi Akun LTMPT Untuk Daftar SNMPTN 2021.

Asal Pilih Jurusan

SNMPTN adalah jalur yang memungkinkan kamu masuk PTN favorit tanpa tes tertulis. Itulah sebabnya kamu harus memaksimalkan peluang diterima lewat jalur ini. Satu di antara cara memaksimalkan peluang SNMPTN yaitu tidak asal-asalan menentukan pilihan jurusan kuliah.

Kesalahan yang sering dilakukan pendaftar SNMPTN yaitu mengisi pilihan jurusan kuliah tanpa pertimbangan apa pun. Sebagian di antara pendaftar SNMPTN yang yakin dengan nilai rapornya akan memilih jurusan favorit tanpa mempertimbangkan passing grade, daya tampung, dan keketatan persaingan. Sebaliknya, mereka yang kurang yakin nilai rapornya bagus akan memilih jurusan sepi peminat, meski sebenarnya jurusan itu kurang mereka sukai.

Solusi mengatasi kesalahan ini yaitu memilih jurusan sesuai minat dengan melihat daya tampung, passing grade, maupun keketatan persaingan. Kamu dapat menyiasatinya dengan melakukan riset mendalam terkait jurusan pilihan. Cari juga informasi kampus, lokasi jurusan, prospek karir, hingga kurikulum studi jurusan.

Kuncinya, pilih jurusan kuliah yang memang kamu inginkan agar kamu tidak menyesal apabila diterima SNMPTN 2021 nanti. Perlu diingat, kamu akan menjalani kuliah dalam waktu sekitar 4 tahun. Tentu bukan waktu singkat jika kamu harus terjebak di jurusan yang tidak kamu minati.

Salah Penempatan Jurusan Pertama dan Kedua

Salah meletakkan pilihan jurusan pertama dan kedua saat pendaftaran SNMPTN juga bisa memengaruhi peluang lolos SNMPTN, lho. Biasanya, kesalahan ini terjadi karena terburu-buru, panik, grogi, maupun kehabisan waktu saat mendaftar. Atau, kurang informasi terhadap jurusan yang dipilih.

Strategi Memilih Jurusan SNMPTN 2020

Solusinya, kamu bisa menetapkan pilihan jurusan pertama dan kedua sejak jauh-jauh hari. Cari informasi sebanyak mungkin tentang jurusan tersebut. Setelah menetapkan jurusan pertama dan kedua, kamu jadi sudah punya acuan saat proses pendaftaran SNMPTN 2021 nanti.

Pastikan pilihan jurusan pertama maupun kedua adalah jurusan yang benar-benar kamu minati ya. Jangan cuma sekadar ikut-ikutan teman karena kamu yang akan menjalani proses perkuliahan nanti.

Mendaftar Mendekati Deadline

Pendaftar SNMPTN sering mengulur waktu mendaftar SNMPTN. Banyak waktu yang terbuang untuk berpikir memilih jurusan, PTN, maupun lokasi PTN tujuan. Padahal, pertimbangan-pertimbangan tersebut bisa dilakukan sebelum masa pendaftaran SNMPTN tiba.

Jika memang tidak memungkinkan mendaftar pada awal pembukaan, misalnya karena masih mengurus administrasi, tetap usahakan tidak mendaftar mendekati deadline. Ketika mendaftar mendekati deadline, kamu bisa panik dan terburu-buru sehingga berpotensi melakukan banyak kesalahan.

Selain itu, kamu pun tidak bisa menghindari kendala teknis yang mungkin terjadi mendekati deadline, seperti server down. Kalau sudah begitu, tidak ada hari lain yang bisa menjadi kesempatan kedua karena waktu pendaftaran telah berakhir. Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya kamu mendaftar maksimal lima hari setelah pendaftaran dibuka.

Kurang Aktif Mencari Info SNMPTN 2021

Pendaftaran SNMPTN 2021 tidak boleh dilakukan asal-asalan. Ada tahapan yang harus dilakukan oleh peserta SNMPTN, seperti tahap registrasi akun, verifikasi data, mengisi PDSS, dan sebagainya.

Sayangnya, masih banyak pendaftar yang pasif mencari info SNMPTN sehingga tidak mengetahui hal-hal tersebut. Akibatnya, proses pendaftaran SNMPTN yang mereka lakukan terhambat, atau bahkan tidak bisa melakukan pendaftaran SNMPTN sama sekali.

Solusi agar terhindar dari kesalahan ini pada SNMPTN 2021, yaitu aktif mencari info SNMPTN 2021. Informasi yang cukup akan menjadi bekal persiapan kamu untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN.

Rasionalisasi SNMPTN dapat mempermudah menemukan peluang lolos PTN impian.

Itu dia beberapa kesalahan yang harus kamu hindari saat pendaftaran SNMPTN 2021. Jangan sampai kamu enggak lolos karena kesalahan yang membuat kamu menyesal dan kalah sebelum perang, ya.

Jika persiapan kamu sudah matang, namun kamu belum berpeluang lolos jalur SNMPTN, jangan langsung menyerah. Masih ada UTBK SBMPTN 2021. Mengingat pelaksanaan UTBK 2021 tinggal sebentar lagi, persiapkan dirimu dari sekarang agar peluang lolos SBMPTN 2021 dan masuk PTN favorit semakin besar.

Buat Pahamifren yang berencana ikut UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out UTBK Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, lengkap beserta pembahasannya. Cek informasinya di link Pahamify Tryout.

Kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal sebagai persiapan ringan untuk #TaklukkanUTBK. Ada hadiah menarik yang bisa kamu dapat kalau berhasil melakukan tantangannya, lho.

Klik link download Pahamify ini sekarang dan manfaatkan semua fitur keren Pahamify sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Pendaftaran SNMPTN 2021, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Mendaftar

Onibora
February 19, 2021 at 11:46 am

Artikel nya bagus banget, mudah dilahami.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version