Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, sudah siap ikut pendaftaran SNMPTN 2021? Biar bisa ikut seleksi SNMPTN, kamu harus registrasi akun LTMPT terlebih dahulu, ya.

Nah, Pahamifren sudah tahu belum? Registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 sudah dibuka sejak tanggal 4 Januari sampai 1 Februari 2021! Buruan daftar, jangan sampai kelewatan tanggalnya!

Kalau kamu masih bingung cara buat daftar akun LTMPT, Mipi mau memberikan panduan registrasi akun LTMPT. Enggak cuma itu, Mipi juga mau bahas tentang syarat dan kuota sekolah SNMPTN 2021. Yuk, langsung cek infonya berikut ini.

Sudah tahu belum syarat pendaftaran SNMPTN 2021? Sebelum mendaftar, kamu harus melakukan registrasi akun LTMPTN terlebih dahulu.

Cara Registrasi Akun LTMPT untuk Pendaftaran SNMPTN

Seperti yang dibahas sebelumnya, buat kamu yang ingin mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021, kamu wajib registrasi akun di website LTMPT. Tapi perlu kamu ingat, tidak semua siswa yang memiliki akun LTMPT dapat mengikuti SNMPTN 2021. Hanya siswa terpilih (eligible) saja yang dapat mengikutinya. Nah, keputusan siswa eligible itu ditentukan oleh sekolah masing-masing, ya.

Namun tenang saja, selain untuk pendaftaran SNMPTN, akun LTMPT juga bisa digunakan untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN. Bisa dibilang, kalau mau ikut seleksi masuk PTN, wajib banget punya akun LTMPT ini.

Nah, buat kamu yang mau daftar akun LTMPT, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs resmi LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id, lalu klik tautan Daftar di sini.
  2. Setelah itu, akan ada dua pilihan menu, yaitu Sekolah dan Siswa. Pilih menu Siswa.
  3. Di halaman berikutnya, ada 3 form yang harus diisi, yaitu NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir. Pada form NISN, isi sesuai Data Pokok Sekolah. Untuk Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) bisa kamu lihat di laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php. Kalau sudah mengisi form secara lengkap, kamu bisa memilih menu Selanjutnya.
  4. Masukkan email aktif beserta kata sandi (password). Kemudian, klik menu Daftar.
  5. Akan muncul laman yang berisi informasi bahwa akun LTMPT kamu sudah berhasil dan membutuhkan verifikasi.
  6. Buka dan periksa kotak masuk email untuk melakukan verifikasi akun LTMPT. Klik tautan verifikasi akun di kotak masuk email tersebut.
  7. Selamat! Akun kamu sudah berhasil diverifikasi. Itu berarti akun sudah berhasil dibuat. Namun ini belum selesai ya, kamu harus masuk ke akun LTMPT lagi dan mengisi beberapa data form yang tersedia.

Enggak ribet kan? Nah, saat daftar akun LTMPT, pastikan kamu sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), email aktif beserta passwordnya, NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan pasfoto terbaru.

Syarat Pasfoto Registrasi Akun LTMPT

Pasfoto untuk registrasi akun LTMPT tidak boleh dilakukan asal-asalan. Ada syarat pasfoto registrasi akun LTMPT yang wajib dipenuhi oleh siswa, di antaranya:

  1. Pasfoto ukuran 4×6 cm, resolusi minimal 200×300 px (kurang lebih 250 dpl) dan rasio aspek 2:3.
  2. File pasfoto JPG/JPEG/PNG.
  3. Pasfoto vertikal atau portrait.
  4. Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  5. Kualitas foto tajam dan fokus.
  6. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi apapun.
  7. Kepala terletak di tengah foto secara horizontal (jarak kepala ke batas kiri dan kanan sama).

Untuk ketentuan pasfoto bagi yang berhijab, sebaiknya jilbab tidak menutupi dahi. Kalau tidak berhijab, pastikan rambut dirapikan ke belakang. Wajib menggunakan pakaian rapi dan sopan, ya.

Syarat SNMPTN 2021

Berapa banyak sih kuota sekolah untuk SNMPTN 2021? Apa saja syarat pendaftaran SNMPTN 2021?

Sebelum mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021, pastikan kamu sudah tahu syarat seleksinya. Simak syarat-syaratnya di bawah ini.

  1. Peserta SNMPTN sudah melakukan registrasi akun LTMPT.
  2. Peserta memiliki NISN dan terdaftar di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  3. Peserta dinyatakan sebagai siswa eligible oleh sekolah.
  4. Peserta memiliki nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 dan telah dimasukkan ke PDSS.
  5. Peserta yang memilih jurusan kuliah Seni dan Olahraga wajib melampirkan portofolio.

Kuota Sekolah SNMPTN 2021

Kuota sekolah berbeda dengan kuota daya tampung program studi ya, Pahamifren. Kuota sekolah merupakan jumlah siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2021 di masing-masing sekolah berdasarkan persyaratan yang diminta. Untuk mengetahui kuota siswa yang dapat mengikuti seleksi SNMPTN 2021, kamu bisa mengeceknya di laman https://ltmpt.ac.id, tepatnya di menu SNMPTN. Kuota tersebut dapat diketahui dengan memasukkan NPSN atau lokasi sekolahmu.

Jadwal SNMPTN 2021

Sampai sini, kamu pasti sudah mulai paham tentang pendaftaran SNMPTN 2021 kan? Sekarang, Mipi mau mengingatkan lagi mengenai jadwal kegiatan SNMPTN 2021. Catat tanggalnya baik-baik biar kamu enggak kelewatan! Berikut beberapa jadwal kegiatan SNMPTN yang wajib kamu ketahui.

  • Peluncuran Sistem PMB 2021: 04 Januari 2021
  • Registrasi Akun LTMPT: 04 Januari 2021 – 01 Februari 2021
  • Penetapan siswa yang eligible oleh Sekolah: 04 Januari 2021 – 08 Februari 2021
  • Pengisian PDSS: 11 Januari 2021 – 08 Februari 2021
  • Pendaftaran SNMPTN: 15 – 24 Februari 2021
  • Pengumuman Hasil SNMPTN: 22 Maret 2021

Demikian panduan registrasi akun LTMPT, beserta informasi pendaftaran SNMPTN 2021 lainnya. Semoga pembahasan di atas bisa membuatmu semakin paham tentang alur pelaksanaan SNMPTN 2021.

Jika belum lolos jalur SNMPTN, jangan langsung patah semangat ya, masih ada UTBK-SBMPTN 2021. Persiapkan dirimu dari sekarang agar peluang lolos UTBK-SBMPTN dan masuk PTN favorit semakin besar.

Buat Pahamifren yang berencana ikut UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Dilengkapi pembahasan teks dan video menarik, Tryout Gratis dari Pahamify dapat membuat persiapan UTBK lebih seru dan menyenangkan. Buruan download aplikasi Pahamify, dan coba try out online gratis sekarang!

Yuk, raih kampus dan jurusan impian bareng Pahamify!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Cara Registrasi Akun LTMPT Untuk Daftar SNMPTN 2021

Attahiya salsabilla
April 10, 2021 at 3:42 pm

Apakah masih bisa daftar akun Ltmpt??

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll