Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Kamu pernah denger jurusan Cyber Security ? kalo belum, wajar sih karena jurusan itu gak sembarangan ada di banyak kampus. Secara garis besar, di jurusan itu akan banyak membahas tentang keamanan dunia maya, mempelajari bagaimana cara mengamankan akun-akun yang dimiliki entah itu institusi pemerintahan, swasta atau akun pribadi dari kejahatan dunia maya.

Emangnya apa sih yang harus dilindungi? Sekarang hampir semua hal tidak lepas dari handphone. Dan dunia maya. Mulai dari belanja online, transfer uang dari mobile banking hingga media sosial, semuanya melalui akun-akun yang biasa diakses melalui handphone. Data-data yang ada di akun-akun itu tentunya adalah data pribadi yang tidak boleh sembarangan digunakan oleh semua orang. Maka dari itu, data yang ada di akun pribadi kita tentu   kita jaga. Jurusan Cyber Security akan membahas ke arah sana kawan. Gimana? Apakah kamu berminat?

Prospek kerjanya gimana? Tentu luas banget dong karena semakin maju teknologi, kebutuhan akan keamanan dunia maya tentu juga semakin tinggi. Istilahnya jika semakin banyak rumah mewah, otomatis akan banyak membutuhkan keamanan pribadi. Begitupun teknologi di dunia maya yang semakin maju, tentu akan semakin membutuhkan keamanan.

Beberapa contoh profesi yang bisa ditekuni sebagai lulusan cyber security adalah:

  1. Penetration tester
  2. Secure Software Developer
  3. Network Security Administrator
  4. Information Security Analyst
  5. Computer security Architect
  6. Cyber Intelligence Officer
  7. Akademisi dan peneliti di bidang keamanan siber

Mata kuliah wajibnya adalah coding dan programming sedangkan mata kuliah lainnya adalah data structure, network penetration testing, cyber forensic, human and computer interaction, dan lain sebagainya.

Ada beberapa universitas yang memiliki jurusan cyber security di Indonesia, dilansir dari SahabatKeluargaKemdikbud.

1. Untan (Universitas Tanjungpura)

Sebuah kampus yang terletak di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Memiliki 9 Fakultas yang salah satunya adalah Fakultas teknik. Cyber Security adalah bagian dari jurusan Teknik Informatika.

2. Binus (Universitas Bina Nusantara)

Sebuah Universitas swasta yang cukup terkenal di Jakarta Barat. Cyber Security berada di jurusan IT.

3. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Cyber Security Center ITB berada di Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

4. Universitas Telkom Bandung

Merupakan Universitas pertama yang memiliki Agreement sebagai Authorized Academy Center (AAC). Terdapat program S2 dengan jurusan Cyber Security yang terfokus pada dua fakultas yaitu Fakultas Informatika dan Fakultas Teknik Elektro.

Gimana? Tertarik untuk kuliah di jurusan Cyber Security? Untuk kamu yang suka sama bidang IT, gak ada salahnya untuk pilih jurusan ini karena prospek kerjanya yang sangat besar dan bisa jadi masih minim peminat.

Dan buat kamu yang masih bingung dengan potensi dalam diri kamu dan masih belum tau mau pilih jurusan kuliah apa, ada baiknya kamu akses fitur Minat dan Bakat di aplikasi Pahamify. Jadi kamu dijamin bakal lebih yakin dalam memilih jurusan yang akan kamu ambil nanti. Pahamify pun hingga saat ini masih punya diskon promo hingga 90% untuk paket belajar. Dengan paket belajar itu, kamu bisa nikmatin berbagai fitur seperti video belajar, rangkuman, flashcard, bank soal dan video tips belajar yang bakal bikin belajar kamu jadi lebih seru. Yuk download aplikasinya sekarang.

Penulis : Mochammad Fauzan Sukma Dicjaya


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog