Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo Pahamifren. Gimana nih perasaannya setelah melalui proses UTBK? Pasti plong dan lega kan? Kamu tentu sudah berusaha semaksimal kamu pada UTBK kali ini. Sekarang adalah waktunya beristirahat untuk menyegarkan pikiran kamu setelah dipenuhi oleh belajar dan belajar. Kamu juga bisa mulai memikirkan berbagai aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan sambil menunggu hasil dari UTBK.

Namun, walaupun pemerintah telah mengumumkan bahwa Indonesia sudah memasuki masa new normal dari serangan virus covid-19, hal tersebut belum bisa membuatmu leluasa untuk menjalankan aktivitas di luar rumah. Kamu masih belum bisa liburan ke luar kota, menonton film di bioskop atau mengunjungi berbagai objek wisata.Pada akhirnya, tetap di rumah masih menjadi hal terbaik untuk mencegah penyebaran wabah penyakitnya.

Tentu sangat membosankan jika berdiam diri di rumah saja. Tapi kamu bisa bisa tetap melakukan kegiatan positif kok. Ada banyak kegiatan menyenangkan bisa kamu lakukan, sekaligus menambah wawasan dan menjaga kebugaran. Yuk kita bahas satu persatu, kegiatan yang bisa dilakukan di rumah aja setelah UTBK versi Pahamify.

1. Movie Marathon

Untuk kamu yang gemar nonton film, pasti ada beberapa film menarik yang kamu lewatkan karena kamu harus fokus untuk mempersiapkan UTBK. Nah, sekarang kamu bisa manfaatin waktu luangmu untuk movie marathon. Kamu bisa nyiapin kuota untuk nonton film-film seru di media streaming digital yang lagi tren beberapa bulan belakangan. Tapi jangan sampai keterusan nonton tanpa istirahat, ya.Mata kamu juga wajib istirahat agar gak rusak karena kelamaan berhadapan dengan layar laptop, handphone atau komputer kamu.

2. Bercocok Tanam / Hidroponik

Kamu yang punya hobi bercocok tanam bisa meluangkan waktu lebih banyak setelah UTBK selesai. Ini juga tren yang sedang ramai loh! Banyak yang mulai belajar hidroponik. Sebuah sistem bercocok tanam yang menggunakan media air. Pas banget buat kamu yang di rumahnya ga punya lahan tanah untuk bercocok tanam. Yang paling umum, kamu bisa pakai pot plastik atau polybag untuk bisa mulai bercocok tanam secara hidroponik.

3. Belajar Memasak

Selain bercocok tanam, kamu juga bisa belajar cara memasak makanan atau minimal membantu ibumu memasak. Memasak memang identik dengan kegiatan yang biasa dilakukan perempuan. Tapi gak ada salahnya juga apabila laki-laki ikutan masak. Menurut psyline.id dalam artikelnya yang berjudul Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa, terdapat banyak manfaat dalam memasak seperti menghilangkan stres, meningkatkan kreativitas, dan masih banyak lagi. Kemampuan memasak juga akan sangat berguna buat kamu yang punya cita-cita kuliah di luar kota atau luar negeri supaya bisa melakukan penghematan dengan memasak sendiri daripada membeli makanan ke luar.

4.. Membaca Buku

Buat kamu yang memang hobinya membaca, kamu mengganti bahan bacaannya ke bacaan yang ringan setelah UTBK selesai. Entah itu komik atau novel. Bisa juga bacaan tentang ilmu pengetahuan umum den agar kamu gak selalu ketemu dengan huruf. Ada banyak manfaat dalam membaca buku selain menambah wawasan seperti mengasah kreatifitas kamu, meningkatkan fokus dan konsentrasi hingga melatih keterampilan menganalisis sesuatu. Bisa dibilang, membaca ini bakal jadi aktivitas yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan kamu sebelum kamu mulai. Tapi, kamu juga harus cari posisi yang bagus dalam membaca biar gak gampang pegel dan ngantuk. Terus, pastikan kamu membaca di ruangan yang memiliki penerangan yang agar kamu terhindar dari kerusakan mata.

5. Tetap Belajar Untuk Persiapan Ujian Mandiri

Kamu memang wajib optimis akan peluang kamu dalam UTBK, tapi kamu juga perlu menyiapkan rencana cadangan apabila nilai UTBK tidak mampu meloloskan kamu ke kampus impian. Ada jalur lain bernama Ujian Mandiri PTN. Ujian Mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Sistem penerimaan dalam ujian mandiri ini berbeda-beda di setiap universitas. Ada yang hanya membutuhkan nilai rapor, portfolio semasa sekolah hingga ujian tulis.

Apabila PTN yang kamu tuju menerapkan ujian tulis untuk menyeleksi mahasiswa barunya, kamu perlu kembali belajar untuk memperbesar peluang lolos kamu nantinya.


Nah, untuk kamu yang masih lanjut belajar, kamu bisa langganan paket belajar di aplikasi Pahamify, loh! Dengan langganan paket belajar Pahamify ini, kamu bakal dapat akses fitur seperti fitur belajar, flash card, quiz dan kisi-kisi materi ujian mandiri yang akan membantu proses belajar kamu lebih baik lagi.

Jadi, #teruskansemangatbelajarmu di rumah aja bersama Pahamify dan download aplikasinya sekarang!

Penulis: Mochammad Fauzan Sukma Dicjaya


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog