Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang sekolah di SMK? Buat kamu yang duduk di kelas 12, mungkin sudah punya rencana buat lanjut kuliah kan? Kira-kira lulusan SMK bisa kuliah di mana ya? Apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk siswa SMK? Yuk simak penjelasannya di artikel ini.

Lulusan SMK memang identik dengan tenaga kerja siap pakai. Kenapa begitu? Umumnya, proses pembelajaran di SMK dirancang khusus untuk mempersiapkan para siswanya dengan berbagai keterampilan atau keahlian. Sehingga, setelah lulus nanti, mereka sudah siap menghadapi dunia kerja. 

Sistem pembelajaran di SMK menggunakan Konsep pembelajaran “learning by doing”, artinya materi pelajaran di SMK diprioritaskan pada praktik dari pada pembahasan teori. Maka dari itu, banyak lulusan SMK yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kelebihan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh SMK, apa saja itu?

Memiliki Jurusan Yang Spesifik

Ketika kamu memilih sekolah di SMK, jurusan yang kamu pilih di SMK secara otomatis akan menjadi pelajaran utama yang dipelajari sampai lulus. Materi pelajaran yang diberikan selama sekolah di SMK lebih mengutamakan materi pelajaran yang lebih spesifik sesuai jurusannya. 

Misalnya, jurusan informatika, sejak masuk di kelas 10 sampai 12 kamu akan belajar materi tentang informatika. Begitu pula jika kamu mengambil jurusan otomotif, saat lulus nanti kamu bisa melanjutkan kuliah di jurusan kuliah untuk SMK otomotif, seperti teknik mesin, elektro dan sebagainya.

Jadi, jika kamu masih bertanya tentang lulusan SMK bisa kuliah di mana? Jawabannya adalah banyak jurusan kuliah di universitas negeri yang menerima lulusan SMK. 

Mengutamakan Praktik Kerja

Selama belajar di SMK, materi pelajaran yang diberikan lebih banyak pada kegiatan praktik daripada teori. Tak heran, lulusan SMK dinilai sudah memiliki bekal yang cukup untuk terjun ke dunia kerja, serta memiliki keahlian dan keterampilan yang baik untuk bisa langsung diterapkan di lingkungan kerja.

Berfokus Pada Bidang Keahlian

Karena lebih banyak praktik daripada teori, bidang yang dipelajari pun lebih spesifik. Maka dari itu, lulusan SMK disiapkan agar lebih berfokus pada bidang keahlian sesuai jurusannya masing-masing. Sehingga, siswa SMK pun lebih siap untuk mengembangkan keterampilannya dalam satu bidang.

PKL Sebagai Nilai Tambah 

Hal yang akan kamu dapatkan ketika sekolah di SMK adalah adanya kegiatan praktik kerja industri (Prakerin) atau pelatihan kerja lapangan (PKL). Prakerin merupakan program kerja di lapangan yang wajib diikuti agar siswa SMK dapat mengetahui cara kerja seorang pengusaha maupun karyawan di sebuah perusahaan. Adanya PKL ini membuat siswa SMK lebih terlatih dan siap masuk dalam dunia kerja.

Siap Menghadapi Dunia Kerja 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, proses pembelajaran di SMK dirancang untuk membuat para siswa SMK siap terjun langsung di dunia kerja. Dengan keahlian dan keterampilan khusus yang telah dipelajari selama sekolah, para siswa SMK akan lebih siap dan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing setelah lulus nantinya.

Lulusan SMK bisa kuliah di mana? Banyak universitas negeri yang menerima lulusan SMK.

Memiliki Potensi Berwirausaha 

Selain peluang kerja yang mudah didapatkan, lulusan SMK juga memiliki kompetensi untuk berwirausaha. Bekal keahlian dan keterampilan yang didapatkan selama sekolah, bisa kamu praktikkan untuk menghasilkan keuntungan finansial di masa mendatang.

Misalnya, bagi kamu yang sekolah di SMK jurusan teknik informatika atau broadcasting, kamu bisa membuka jasa pembuatan website dan jasa SEO, hingga membangun perusahaan agensi digital marketing, atau menjual jasa pembuatan konten.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK 

Nah, itu dia beberapa kelebihan yang kamu dapatkan saat menjadi siswa SMK. Selain lebih siap di dunia kerja, siswa SMK juga bisa mengembangkan keahliannya saat melanjutkan pendidikan di berbagai jurusan kuliah.

Saat ini, tak sulit menemukan jurusan kuliah dari universitas negeri yang menerima lulusan SMK. Lantas, lulusan SMK bisa kuliah di mana? Apa saja jurusan kuliah cocok untuk lulusan SMK? Berikut ulasannya:

Akuntansi 

Di beberapa sekolah kejuruan, akuntansi memegang grade tertinggi. Hampir di seluruh SMK jurusan ini menjadi jurusan paling banyak diminati karena keahlian di bidang akuntansi mampu menawarkan karir yang menjanjikan. Setelah lulus dari SMK kamu bisa melanjutkan kuliah dengan program studi S1 Akuntansi. 

Prospek Kerja Untuk Jurusan SMK Akuntansi Adalah: 

  • Staff Accounting perusahaan.
  • Sebagai karyawan di dunia perbankan, baik bank swasta maupun bank pemerintah.
  • Analis keuangan. 
  • Manager keuangan di perusahaan.

Teknik Otomotif 

Ini dia jurusan kuliah untuk lulusan SMK otomotif. Industri otomotif yang semakin berkembang, membuat jurusan teknik otomotif menjadi satu di antara jurusan teknik terfavorit. Saat berkuliah di jurusan teknik otomotif, kamu akan dibekali dengan potensi yang dapat mengembangkan dan memadukan teori dan praktik di bidang otomotif. 

Inilah mengapa, dalam dunia industri, lulusan teknik otomotif banyak dibutuhkan. Apalagi jika kamu lulusan SMK dan ingin melanjutkan kuliah, jurusan kuliah untuk lulusan SMK otomotif ini sangat tepat untuk menjadi pilihan terbaik.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Otomotif 

  • Engineer di beberapa perusahaan otomotif.
  • Teknisi atau mekanik di beberapa industri otomotif.
  • Operator alat berat di industri pertambangan.
  • Modifikator atau ahli memodifikasi kendaraan. 

Teknik Elektronika 

Berbeda dengan teknik otomotif yang lebih spesifik terhadap mesin, teknik elektronika mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik. Disamping itu, jurusan ini juga mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik sehari-hari. Lulusan SMK dengan jurusan ini dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan program studi S1 Teknik Elektronika.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektronika 

Hampir semua sektor industri membutuhkan tenaga dengan keahlian ini. Misalnya, sektor telekomunikasi, manufaktur IT, pembangkit listrik, hingga perminyakan dan pertambangan. Jurusan teknik elektronika bisa menempati posisi sebagai: 

  • Ahli telekomunikasi 
  • Teknisi radar sonar 
  • Spesial Network System 

Multimedia

Di era digital seperti sekarang ini kemampuan di bidang multimedia sangat dibutuhkan. Lulusan dengan jurusan ini diharapkan dapat memiliki kreatifitas untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Masih bertanya lulusan SMK bisa kuliah di mana? Sebenarnya banyak jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK otomotif, akuntansi atau multimedia.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan penggunaan media untuk menyampaikan sebuah informasi. Disiplin ilmu ini bisa diintegrasikan dengan ilmu komputer hingga teknik komputer. Lulusan SMK multimedia bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan program S1 Ilmu Komunikasi.

Prospek Kerja Lulusan Multimedia 

Prospek kerja dengan program studi ini dapat bekerja di industri media dengan posisi sebagai multimedia engineer, software developer, animator, photographer, graphic designer, editor video, film maker, games developer hingga web developer.

Administrasi Perkantoran 

Jurusan ini mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi perkantoran, seperti surat-menyurat, pengarsipan, dan tata cara etika kerja. Lulusan SMK dengan jurusan ini dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan program studi S1 Administrasi Bisnis maupun S1 Administrasi Perkantoran.

Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran 

Lulusan program studi ini bisa bekerja di berbagai perusahaan, baik perusahaan swasta maupun instansi pemerintah sebagai staf administrasi, resepsionis, personalia, dan sekretaris. 

Broadcasting (Penyiaran) 

Broadcasting menjadi satu di antara cabang ilmu dari ilmu komunikasi. Jurusan ini mempelajari tentang proses menciptakan ide dan mengemas suatu ide menjadi program untuk diproduksi, serta disiarkan pada khalayak lewat media massa. 

Program studi ini cocok buat kamu yang bercita-cita ingin bekerja di dunia pertelevisian dan radio. Lulusan SMK dengan jurusan ini dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri dengan program studi D3 Penyiaran atau S1 Ilmu Komunikasi.

Prospek Kerja Lulusan Broadcasting 

Lulusan program studi ini bisa bekerja di dunia pertelevisian dan radio, sebagai jurnalis, tim kreatif, reporter, produser, script writer, sutradara, camera person, program director, penyiar radio, dan editor. Kamu juga bisa memanfaatkan ilmu broadcasting untuk menjual jasa konten marketing.

Nah, Pahamifren, itulah ulasan tentang jurusan yang cocok untuk lulusan SMK. Bagaimana, masih bertanya lulusan SMK bisa kuliah di mana?

Buat kamu yang ingin mendapatkan akses pelajaran SMA, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify. Ada ratusan materi belajar dengan konsep gamifikasi yang seru dan nggak membosankan yang bisa kamu coba. 

Agar lebih siap mengejar kampus favorit, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Try Out UTBK dari Pahamify. Di fitur ini, kamu akan diberikan akses latihan soal UTBK yang lengkap dengan soal-soal ter-update. Tunggu apa lagi, unduh Pahamify sekarang!

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll