Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Orangtua mana yang tidak senang jika anaknya berprestasi? Baik disekolah maupun diluar sekolah, prestasi formal atau non formal tetap menjadi kebanggaan Bapak dan Ibu kan? Terutama prestasi akademik, Bapak dan Ibu mungkin pernah mencari materi motivasi belajar untuk anak. Namun, tanpa tujuan motivasi belajar yang kuat, mereka justru akan merasa tertekan dan kehilangan minatnya.

Kendala yang sering Bapak dan Ibu temukan biasanya anak yang malas belajar. Jangan terburu menyalahkan mereka jika mereka malas belajar, mungkin saja mereka tidak memiliki materi motivasi belajar yang tepat. 

Penyebab Kurangnya Tujuan Motivasi Belajar Anak

Biasanya, penyebab anak malas belajar adalah karena mereka tidak senang mengikuti pelajaran tertentu. Mungkin saja mereka merasa kesulitan, bosan, jenuh dan lain sebagainya.  Berikut adalah beberapa alasan anak malas belajar, antara lain:

Merasa Tidak Nyaman

Perasaan tidak nyaman ketika belajar seringkali menjadi penyebab anak malas belajar. Misalnya suasana kelas atau rumah yang tidak kondusif untuk belajar, atau karena guru atau teman sekolah tidak menyenangkan buat anak. Gangguan-gangguan kecil di rumah juga bisa menyebabkan anak tidak nyaman saat belajar.

Kecanduan Gadget

Masalah ini mungkin menjadi perhatian serius di era digital seperti sekarang ini. Walaupun dibuat untuk memudahkan manusia, terkadang gadget memiliki sisi buruk yang membuat anak kecanduan. Beragam konten yang menarik, aplikasi, game dan sebagainya sering membuat anak kekurangan memiliki tujuan motivasi belajar.

Bak pisau bermata dua, jika digunakan untuk hal yang tidak tepat, gadget justru akan memberikan dampak negatif. Maka dari itu, Bapak dan Ibu juga harus selalu mengawasi anak jika sering bermain gadget.

Banyak Kegiatan

Masalah ini kerap terjadi pada anak yang terlalu banyak mengikuti kegiatan. Biasanya, mereka mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan seperti les, olahraga, seni dan lain sebagainya.

Pahami dan  6 Cara Mudah Belajar Statiska Untuk Persiapan UTBK

Walaupun dapat berdampak positif, namun memaksa anak untuk  mengikuti beberapa les atau kursus di luar sekolah yang terlalu banyak sehingga membuat anak kelelahan dengan aktivitas tersebut yang akhirnya anak malas untuk belajar.

Banyak cara yang bapak dan ibu bisa lakukan untuk menentukan tujuan motivasi belajar.

Lantas Bagaimana Solusinya?

Nah, itu lah beberapa penyebab malas belajar yang umum dijumpai pada anak. Bapak dan Ibu mungkin sering mengabaikan masalah di atas. Peran Bapak dan Ibu sebagai orangtua justru sangat penting untuk membangkitkan tujuan motivasi belajar mereka. Lantas, apa yang harus Bapak dan Ibu lakukan agar anak memiliki prestasi sesuai kemampuannya? Simak penjelasan berikut:

Menyediakan Sarana Belajar Untuk Anak

Meski terdengar klise, sarana belajar yang baik sangat berpengaruh pada mood anak lho. Misalnya ruangan yang nyaman, tersedianya peralatan yang memadai untuk belajar, buku-buku bacaan pendukung, dan jika perlu sediakan juga sarana hiburan seperti musik yang bisa menemani anak belajar.

Menerapkan Metode Belajar Yang Menyenangkan

Mereka mungkin tidak ingin dipaksa untuk belajar secara teratur. Maka dari itu, Bapak dan Ibu harus menemukan formula atau metode belajar yang efektif sekaligus menyenangkan.

Misalnya dengan membuat jadwal belajar rutin dengan waktu yang sudah ditentukan, seperti satu sampai dua jam perhari. Di luar jam belajar, Bapak dan Ibu membolehkan mereka bermain atau melakukan hal yang mereka sukai. Cara ini cenderung membuat anak nyaman belajar.

Berikan Penghargaan Pada Keberhasilan Anak

Setiap orang tentu senang mendapatkan pujian. Termasuk anak Bapak dan Ibu, memberi mereka pujian menjadi bentuk penghargaan terhadap keberhasilan mereka. Sekecil apa pun hal positif yang mereka lakukan, Bapak dan Ibu harus memberikan mereka pujian. Cara sederhana ini kerap berhasil untuk meningkatkan tujuan motivasi belajar anak.  

Pahami dan  Tren Pekerjaan di Masa Depan, 5 Profesi Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Berikan Inspirasi Dari Tokoh Terkenal

Kata-kata motivasi dari tokoh dunia seringkali membuat orang tergugah melakukan sesuatu. Dengan menceritakan prestasi tokoh tertentu, Bapak dan Ibu dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada anak untuk giat belajar. 

Kata-kata motivasi dari tokoh dunia seringkali menjadi sumber inspirasi untuk meningkatkan semangat belajar anak. Salah satu motivasi tentang pendidikan yang terkenal adalah “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia ” milik Nelson Mandela.

Kenalkan Anak Dengan Sistem Belajar Online Yang Terbaik

Tidak bisa dipungkiri, belajar online menjadi metode ampuh untuk meningkatkan prestasi anak. Aplikasi belajar online yang populer di era sekarang memiliki metode belajar yang menyenangkan yang tidak membuat anak bosan. Bapak dan Ibu bisa memilih aplikasi yang menawarkan teknik dan cara belajar yang mudah dipahami.

Metode belajar online yang menyenangkan dapat meningkatkan tujuan motivasi belajar anak.

Tips Memilih Aplikasi Belajar Online Terbaik

Perhatikan Ulasannya

Sebelum memasang di smartphone, baca juga beberapa ulasan atau komentar tentang seberapa efektif aplikasi tersebut. Semakin banyak review positifnya, maka semakin baik kualitas aplikasi tersebut.  

Perhatikan Fiturnya

Carilah aplikasi yang lengkap fitur dan layanannya supaya lebih mudah menyelesaikan masalah belajar jika terjadi kesulitan. Ada baiknya memilih aplikasi dengan spesialisasi tertentu, misalnya yang memiliki materi pembelajaran sesuai jurusannya masing-masing (IPA atau IPS).

Perhatikan Harganya

Harga juga menjadi pertimbangan Bapak dan Ibu ketika ingin memilih aplikasi belajar online terbaik. Memilih aplikasi belajar online yang tidak menguras kantong dan menawarkan banyak promo menarik bisa menjadi solusi untuk Bapak dan Ibu sekalian.

Itu lah beberapa cara meningkatkan prestasi anak yang bisa Bapak dan Ibu lakukan. Bagi Bapak dan Ibu yang menginginkan metode belajar terbaik, Bapak dan Ibu bisa memilih Pahamify. Didukung oleh pengajar profesional dengan materi lengkap yang tidak membosankan, Pahamify bisa menjadi solusi belajar yang menyenangkan. Yuk download Pahamify sekarang!

Pahami dan  Boleh Dicoba, Ini Dia Tips Mudah Belajar Online di Masa Pandemi

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog