Close

June 20, 2022

Makanan yang Bikin Pintar? Emang Ada?

Makanan Bikin Pintar

Hai, Pahamifren. Kali ini Mipi mau bahas tentang makanan. Hmmm, enak nih ya. Tapi, yang mau Mipi bahas bukan sembarang makanan, nih. Ada yang bisa tebak makanan apa? Yep, makanan yang bikin pintar! alias Superfood!

Sama halnya seperti Superman yang punya kekuatan super dan mata laser, ada juga loh makanan-makanan yang powerful! Tapi superfood ini bukan sembarang makanan, lebih tepatnya makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu memaksimalkan kinerja otak, lho, Pahamifren. Ingin tahu apa saja makanannya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Bisakah Makanan Bikin Pintar?

Seperti yang kita ketahui bahwa otak kita adalah komponen terpenting dalam tubuh manusia. Otak adalah pusat dari segala kegiatan dan organ, maka dari itu, untuk tetap bisa bekerja dengan optimal, otak membutuhkan nutrisi yang beragam. Nah, untuk mendapatkan nutrisi tersebut, bisa dari berbagai cara, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Perlu diingat, walaupun Pahamifren udah rajin banget belajar, kalian juga harus perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh supaya belajar kalian bisa lebih efektif, daya ingat meningkat, dan proses berpikir juga semakin lancar. Seperti halnya ungkapan, you are what you eat. Semakin bernutrisi makanan yang kita konsumsi, semakin sehat pula diri kita. Tubuh sehat, kinerja maksimal.

Berdasarkan salah satu artikel Harvard Health Publishing yang berjudul “Protecting Memory: Strategies for Healthy Brain Aging”, seiring bertambahnya usia, otak kita sebenarnya mengalami penurunan kemampuan untuk mengingat dan bekerja, sedikit demi sedikit.

Pasti Pahamifren pernah merasa sering lupa, susah untuk mengingat, dan merasa sulit memahami suatu materi atau topik. Sehingga, butuh adanya penopang agar otak kita bisa tetap berpikir dengan tajam. Makanan yang Pahamifren makan mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan dapat meningkatkan tugas mental tertentu, seperti daya ingat dan konsentrasi.

Kalau kata Abraham Lincoln “If I only had an hour to chop down a tree, I would spend the first 45 minutes sharpening my axe.” Jadi, daripada buang-buang waktu belajar tapi kondisi otak kita kurang maksimal, lebih baik optimalkan dahulu otak kita supaya proses belajar juga bisa lebih baik, Pahamifren. 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, para ahli gizi menekankan bahwa strategi paling penting untuk menajamkan pola pikir kita adalah dengan melakukan pola makan sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran, kacang, dan biji-bijian.

Penelitian juga mengemukakan bahwa makanan yang bikin intar ini adalah makanan yang baik untuk otak juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jadi, jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat, ya, Pahamifren.

Sama seperti mobil membutuhkan bensin untuk tetap bisa berjalan dengan lancar, otak kita juga butuh asupan untuk bisa bekerja dengan optimal. Dilansir dari artikel yang diterbitkan oleh Medical News Today, “bensin” yang membuat otak kita bekerja dengan maksimal diantaranya adalah omega-3 untuk memperbaiki sel-sel di otak dan antioksidan untuk mengurangi radang dan stres. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, otak kita bisa berkembang dan terjaga kesehatannya.

Apa Aja Yang Harus Dimakan?

Keep your brainpower up! Untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan tingkat fokus Pahamifren, kalian bisa coba beberapa makanan yang bikin pintar di bawah ini, ya!

  1. Sayur-sayuran hijau. Seperti kale, bayam, sawi, dan brokoli. Sayur-sayuran ini kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan otak, seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan ini dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kognitif atau proses berpikir kita, Pahamifren.
  2. Ikan. Omega-3 yang terkandung dalam ikan cukup tinggi, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tekanan darah, dan adanya protein yang terkandung di dalam ikan yang dapat membantu kinerja otak agar lebih optimal. Contoh ikan yang dapat dikonsumsi adalah salmon, kod, tuna, dan pollack.
  3. Buah beri. Di dalam buah beri, ada zat yang yang dinamakan dengan Flavonoid, yaitu pigmen tumbuhan alami yang memberi warna terang pada buah beri, juga membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard’s Brigham and Women’s Hospital menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu mengalami penundaan penurunan memori sampai dua setengah tahun.
  4. Kopi dan teh. Kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh bisa membantu untuk meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, lho, Pahamifren. Ga cuma itu, kafein juga berpengaruh terhadap proses mengingat (memori), sehingga kita dapat mempertajam daya ingat kita dengan mengonsumsi kopi dan teh.
  5. Biji-bijian. Contohnya adalah biji kenari (walnut). Biji-bijian mengandung banyak nutrisi penting bagi otak, salah satunya yaitu omega-3, alpha-linolenic acid (ALA), protein, dan lemak sehat. Dengan kandungan nutrisi tersebut, biji-bijian bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat kita, Pahamifren. Ga terbatas untuk daya ingat, biji-bijian juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  6. Kunyit. Siapa disini yang ga doyan kunyit? Padahal kunyit kaya akan manfaat, lho. Ada zat yang disebut dengan curcumin yang terkandung di dalam kunyit. Nah, fungsi dari zat ini adalah sebagai antioksidan dan anti radang yang dapat meningkatkan memori, mengurangi depresi, hingga membantu pertumbuhan sel-sel di otak.
  7. Coklat hitam atau dark chocolate. Para pecinta coklat bakalan senang nih, sepertinya. Coklat hitam dan juga bubuk kokoa ternyata memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya untuk mendorong kinerja otak dengan zat-zat yang dimiliki seperti flavonoid, kafein, dan antioksidan. Eh, ga hanya itu, coklat juga bisa berfungsi sebagai mood booster, lho, Pahamifren.
  8. Jeruk. Nah, kalau ini pasti kalian udah pada hapal ada zat apa. Ya, jeruk itu kaya akan vitamin C. Fungsi dari vitamin C adalah untuk meningkatkan fokus, daya tahan tubuh, memori, dan daya atensi kita. Selain itu, ada juga antioksidan yang membantu proses pemeliharaan sel pada otak. Nah, selain jeruk, Pahamifren juga bisa konsumsi jambu, kiwi, tomat, dan makanan lainnya yang kaya akan vitamin C, ya.
  9. Telur. Makanan sehari-hari yang kayaknya hampir semua orang pernah makan, ya. Telur punya banyak manfaat untuk otak seperti memelihara kesehatan otak dan memperbaiki daya ingat karena mengandung vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin.
  10. Gandum utuh. Contoh dari gandum utuh dapat ditemukan pada roti, pasta, beras merah, dan oatmeal. Gandum utuh memiliki vitamin E yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel pada tubuh dan otak, bahkan mencegah penurunan kualitas pada saraf kita.

Sebenarnya, masih ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk memaksimalkan kinerja dan kualitas otak kita, Pahamifren. Yang pasti, jangan lupa untuk makan makanan yang kaya akan omega-3, antioksidan, dan vitamin, ya. Selain makanan tersebut, Pahamifren juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin dan omega-3, tentunya sesuai dosis yang dianjurkan, ya. 

Nah, sebelumnya Mipi mau ingatkan, kalau makanan-makanan ini ga bisa membuat diri kita pintar secara instan, ya. Namun, superfood ini membantu kinerja otak kita lebih optimal sehingga proses belajar juga semakin lancar, Pahamifren.

Jadi, Pahamifren udah tau kan sekarang, makanan apa aja sih yang bisa dikonsumsi untuk memaksimalkan kerja otak kita, meningkatkan daya ingat, sampai mengoptimalkan fokus dan konsentrasi. Pahamifren juga seimbangkan dengan belajar yang rajin dengan ikut Live Class dan mengerjakan latihan soal ya, supaya semakin tajam pemahaman kalian dan siap untuk menghadapi UTBK!

Pahamifren bisa coba ikutan Try Out yang disediakan Pahamify disertai dengan pembahasan agar belajar kalian lebih efektif dan maksimal. Pahamifren juga bisa coba fitur Pegasus yang hanya ada di Pahamify untuk mengukur kemampuan kalian. 

Penulis: Maharani Qanita


Source(s) and Inspiration(s):

A. (2021, June 29). 10 Foods That Improve Brain Health. Premier Neurology & Wellness Center. https://premierneurologycenter.com/blog/10-foods-that-improve-brain-health/

Burgess, L. (2020, January 2). 12 foods to boost brain function. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044#supplements-for-brain-function

Halodoc, R. (2020, January 22). Ingin otak tetap cemerlang dan berfungsi optimal? Yuk, coba mengonsumsi makanan sehat berikut ini! halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/agar-otak-tetap-cemerlang-ingat-konsumsi-ini 

Harvard Health. (2020, July 21). Protecting memory: strategies for healthy brain aging. https://www.health.harvard.edu/healthbeat/protecting-memory-strategies-for-healthy-brain-aging 

Harvard Health. (2021, March 6). Foods linked to better brainpower. https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-linked-to-better-brainpower

Jennings, M. K. S. (2021, June 18). 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-brain-foods#TOC_TITLE_HDR_13Nutritionist, J. L. –. R. (2022, May 17). 10 foods to boost your brainpower. BBC Good Food. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/10-foods-boost-your-brainpower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *