5 Jurusan Kuliah Terfavorit di UB

Pada SBMPTN 2021, Universitas Brawijaya termasuk salah satu universitas yang paling diminati. Nah, bagi kamu yang ngambis masuk dan kuliah di UB, kamu perlu simak info jurusan kuliah dari Mipi yang satu ini. Dalam artikel ini, Mipi akan membagikan info jurusan terfavorit di UB pada SBMPTN 2021. Yuk langsung aja kita bahas satu per satu.

Ilmu Hukum

Peminat SBMPTN 20213.623
Daya tampung SBMPTN 2022182

Jurusan Ilmu Hukum merupakan jurusan kuliah paling terfavorit pada SBMPTN 2021 lalu. Jurusan dengan fakultas tertua di Universitas Brawijaya ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Bukan cuma itu saja, Ilmu Hukum UB juga terbuka untuk teman-teman penyandang disabilitas, seperti tunanetra, tunadaksa, tunawicara, dan tuli.

Kalau kamu masuk jurusan kuliah Ilmu Hukum UB, kamu harus menyelesaikan 144 SKS, yang dapat diselesaikan dalam 4 tahun, agar kamu lulus dan dapat menyandang gelar S.H. Jurusan Ilmu Hukum UB memiliki 8 konsentrasi, yaitu Hukum Kepidanaan, Hukum Keperdataan, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum Agraria, Hukum Perburuhan, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, serta Hukum Tata Negara.

Konsentrasi ini dapat kamu pilih setelah kamu mengontrak mata kuliah Keterampilan Hukum, yang biasanya ada di semester 6 atau 7. Dari kedelapan konsentrasi tersebut, konsentrasi yang biasanya paling diminati adalah Konsentrasi Hukum Ekonomi.

Kalau kamu keterima di jurusan Ilmu Hukum Universitas Brawijaya, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Etika Profesi Hukum, Pengantar Filsafat Hukum, Logika dan Penalaran Hukum, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Praktik Peradilan Pidana, Hukum Islam, Hukum Adat, dan lain sebagainya. Selain mata kuliah yang Mipi sebutkan tersebut, saat kamu sudah mengambil konsentrasi, maka ada mata kuliah konsentrasi wajib yang harus kamu ambil.

Prospek kerja lulusan Ilmu Hukum UB sangat beragam, Pahamifren. Misalnya, kamu bisa menjadi notaris, pengacara, aktivis, dosen, petugas imigrasi, politisi, pengurus kontrak/ perjanjian, dan lain sebagainya.

Kedokteran

Peminat SBMPTN 20213.525
Daya tampung SBMPTN 202283

Dengan menyandang predikat salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia, tentu saja membuat jurusan Kedokteran UB ini menjadi salah satu jurusan kuliah di UB yang paling diminati setiap tahunnya. Jurusan Kedokteran UB memiliki 7 semester yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan gelar S.Ked. Setelah itu, pada semester 8 kamu harus menjalani Koas atau dokter muda yang biasanya berlangsung selama 1.5–2 tahun. Setelah Koas, kamu harus mengikuti ujian kompetensi untuk menjadi dokter dan menjalani sumpah dokter.

Kalau kamu keterima di jurusan kuliah Kedokteran, pada tahun pertama kamu akan mendapatkan mata kuliah umum dasar dan ilmu kedokteran dasar. Barulah pada tahun kedua sampai ketiga, kamu akan mendapatkan blok seperti jurusan kedokteran pada umumnya. Beberapa blok yang akan kamu dapatkan pada tahun kedua dan ketiga adalah Blok Mata, Blok Neuro, Blok THT, Blok Anestesi, Blok Psikiatri, dan lain sebagainya.

Selain itu, di jurusan Kedokteran UB, kamu juga akan menjalani praktikum makros dan mikros. Praktikum makros adalah praktikum yang dapat kamu lihat dengan mata telanjang, sementara praktikum mikros adalah praktikum yang menggunakan mikroskop. Contoh dari praktikum makros adalah melihat organ manusia dari kepala hingga ujung kaki. Sementara contoh dari praktikum mikros adalah melihat sel-sel yang menyusun berbagai organ manusia.

Prospek kerja yang dapat kamu miliki setelah lulus dari jurusan Kedokteran UB adalah kamu dapat menjadi dokter umum di klinik atau rumah sakit atau membuka praktik sendiri kalau kamu sudah mengantongi Surat Izin Praktik (SIP). Kamu juga bisa menjadi dosen, manajer data klinis, ahli epidemiologi, dan peneliti medikal. Kalau misalnya kamu mau mengambil spesialis, maka kamu harus mengambil S2, ya, Pahamifren.

Psikologi

Peminat SBMPTN 20213.004
Daya tampung SBMPTN 202291

Di urutan ketiga jurusan kuliah terfavorit di UB adalah jurusan Psikologi. Jurusan ini cocok banget buat kamu yang tertarik mendalami proses mental yang mempengaruhi perilaku manusia. Oh iya, jurusan Psikologi UB ini termasuk rumpun Soshum, sama seperti di UGM. Selain itu, jurusan Psikologi UB tidak memiliki fakultas sendiri, ya, Pahamifren. Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya ini bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Kalau kamu masuk jurusan Psikologi Universitas Brawijaya, kamu akan mempelajari banyak mata kuliah yang mempelajari perilaku manusia, seperti Pengantar Psikologi, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Psikoterapi, Konstruksi Alat Ukur, Psikologi Abnormal, dan Psikologi Klinis, Psikologi Industri, Psikologi Pendidikan, Statistika Psikologi, Psikologi Abnormal, Psikologi Anak Usia Dini, Anak Berkebutuhan Khusus, dan lain sebagainya. Menarik semua, kan!

Bukan cuma itu aja, di jurusan kuliah Psikologi UB, ada konseling gratis juga, loh, Pahamifren! Jadi sebelum kamu mempelajari perilaku manusia secara umum, kamu bisa belajar mengenali lebih dalam diri kamu sendiri terlebih dahulu. Begitu kamu lulus dari jurusan Psikologi UB, kamu bisa berkarir sebagai konselor, HRD, asisten psikolog, konsultan pendidikan, psikolog forensik, motivator trainer, atau bekerja sebagai konselor di lapas atau BNN. Nah, kalau kamu mau jadi psikolog, kamu harus mengambil S2 dengan peminatan klinis untuk mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). Setelah kamu mendapatkan SIP, kamu bisa mendirikan biro psikologi, deh.

Manajemen

Peminat SBMPTN 20212.826
Daya tampung SBMPTN 2022109

Jurusan terfavorit Universitas Brawijaya selanjutnya adalah jurusan Manajemen. Jurusan kuliah yang mempelajari perencanaan, pengaturan, dan pengelolaan perusahaan atau organisasi ini selalu menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati di UB. Kalau kamu masuk jurusan Manajemen UB, kamu akan belajar memahami cara menggunakan sumber daya secara efektif untuk mencapai target.

Jurusan kuliah Manajemen yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB memiliki 5 peminatan atau konsentrasi, yaitu Minat Manajemen Pemasaran, Minat Manajemen Keuangan, Minat Manajemen Sumber Daya Manusia, Minat Manajemen Stratejik, dan Minat Manajemen Operasional. Jadi, selama tiga tahun pertama, kamu akan mendapatkan mata kuliah wajib jurusan Manajemen UB dan mata kuliah pilihan, barulah pada semester 7 kamu mendapatkan mata kuliah sesuai dengan peminatan atau konsentrasi yang kamu ambil.

Mata kuliah wajib jurusan Manajemen UB adalah Ekonomi Manajerial, Manajemen Stratejik, Manajemen SDM Stratejik, Manajemen Keuangan Stratejik, Manajemen Pemasaran Stratejik, Manajemen Operasional Stratejik, serta Entrepreneurship and Business Ethics. Prospek kerja jurusan Manajemen UB ini juga sangat luas, Pahamifren. Setelah lulus, kamu dapat bekerja di berbagai perusahaan pemerintah, swasta, yayasan, ataupun organisasi nonprofit, baik sebagai HRD, analis bisnis, penasihat keuangan, rekruiter, konsultan bisnis, analis investasi, analis kredit, atau analis perbankan. Selain itu, kamu juga bisa membuka perusahaan sendiri dan menciptakan lapangan kerja, loh.

Ilmu Komunikasi

Peminat SBMPTN 20212.743
Daya tampung SBMPTN 202288

Selain jurusan Psikologi, ada lagi, nih, jurusan yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang masuk 5 jurusan terfavorit di UB. Yup! Jurusan Ilmu Komunikasi menempati urutan kelima jurusan terfavorit di UB pada SBMPTN lalu.

Buat kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang komunikasi, tertarik pada dunia televisi, film, media sosial, hubungan masyarakat, iklan, media digital, dan jurnalistik, jurusan yang satu ini cocok banget buat kamu. Apalagi jurusan kuliah Ilmu Komunikasi UB menggunakan kurikulum berstandar internasional berbasis kompetensi, loh, Pahamifren.

Nah, kalau kamu masuk jurusan Ilmu Komunikasi UB, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar-Dasar Jurnalistik, Dasar-Dasar Public Relations, Dasar Broadcasting, Teori Komunikasi, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Studi Film, Strategi Kreatif Periklanan, Sinematografi, dan masih banyak mata kuliah menarik lainnya. Ilmu Komunikasi UB memiliki tiga peminatan atau konsentrasi, yaitu Komunikasi Massa, Public Relation, dan Manajemen Komunikasi.

Prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi UB juga sangat luas, Pahamifren. Kamu bisa menjadi copywriter, PR, dosen, penyiar radio, editor video, jurnalis, MC, pewarta berita, MC, content creator, dan banyak lagi.

Itulah 5 jurusan terfavorit di UB pada SBMPTN 2021. Bagaimana? Apakah ada jurusan terfavorit di UB yang menarik minat kamu? Kalau kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK, kamu dapat menggunakan fitur persiapan UTBK terbaik dari Pahamify, yaitu Pegasus.

Fitur Pegasus ini sudah dirancang secara khusus untuk membantu kamu menghadapi UTBK mulai dari nol sampai kamu siap #TaklukkanUTBK. Tunggu apalagi? Ayo unduh aplikasi bimbel online terbaik Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Published by
Afridho Aldana