Close

April 19, 2022

7 Alasan Menarik Memilih Jurusan Administrasi Negara

Administrasi negara

Sudah masuk musim pendaftaran kuliah, tetapi kamu masih bingung jurusan apa yang ingin diambil? Jurusan Administrasi Negara juga bagus, kok. Kalau kamu sudah mempertimbangkan jurusan ini, sekarang saatnya untuk memantapkan pilihan kamu. Ada banyak alasan mengapa jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Berbeda dengan jurusan Administrasi Niaga yang fokus mengelola bisnis, Administrasi Negara/Publik fokus pada pengelolaan suatu instansi publik atau negara. Konsep dan ilmu tentang administrasi diimplementasikan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat suatu negara.

Untuk kamu yang masih ragu apakah jurusan ini cocok atau nggak untukmu, berikut adalah beberapa alasan mengapa jurusan ini menarik untuk kamu pilih.

1. Kuliah Seru Karena Belajar Banyak Ilmu

Meskipun berada di rumpun sosial humaniora, kamu akan belajar banyak hal lho ketika memilih jurusan ini. Selain fokus mempelajari ilmu administrasi negara, ilmu lain yang juga akan kamu pelajari adalah ilmu pemerintahan, manajemen, statistik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menyelesaikan pendidikan di jurusan ini, kamu perlu menjalani sekitar 8 semester.

Kemudian, kamu juga nggak perlu bingung dengan penyebutan jurusan ini, ya. Entah itu Administrasi Negara atau Administrasi Publik, kedua nama tersebut mengacu pada hal yang sama. Pada awalnya, jurusan ini memang bernama Administrasi Negara, tetapi Kementerian Pendidikan kemudian mengeluarkan SK yang mengungkapkan bahwa jurusan ini diubah menjadi Administrasi Publik.

2. Prospek Kerja Sangat Luas

Poin kedua ini pasti menjadi yang paling banyak kamu pertimbangkan. Ketika memilih jurusan tertentu, kamu pasti berpikir, “Nanti lulus jadi apa, ya?”

Nah, di jurusan ini, kamu nggak perlu bingung terkait hal tersebut. Prospek kerja lulusan Administrasi Publik sangat luas. Kamu bisa bekerja di swasta atau negeri. Kamu bisa menjadi PNS, politisi, dosen, peneliti, atau tata usaha.

Untuk kamu yang memiliki keahlian menulis, kamu juga bisa jadi jurnalis. Kemudian, jika kamu lebih suka kegiatan-kegiatan yang mempunyai dampak langsung ke masyarakat, kamu bisa bekerja di LSM. Bahkan, lulusan Administrasi Publik juga bisa lho bekerja di sektor keuangan, seperti Bank.

Karena kamu mempelajari banyak hal selama kuliah, kamu bisa memilih karier apa pun sesuai dengan bidang kesukaanmu. Kamu nggak perlu takut akan susah mencari kerja dengan gelar Sarjana Administrasi Publik.

3. Berpotensi Memegang Peran Penting di Pemerintahan

Poin ketiga ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal tentang pemerintahan. Oleh karena itu, kamu pun berpotensi untuk memegang peran penting di sektor pemerintahan.

Jenjang karier yang bisa kamu tuju ke depannya, di antaranya, adalah sebagai anggota Kabinet Presiden, menjadi komisaris polisi, hingga bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

4. Mengembangkan Leadership Skill

Menempuh pendidikan di jurusan Administrasi Publik akan mengembangkan skill kepemimpinan kamu. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengelola diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya itu, jurusan ini juga memiliki silabus dan program-program yang mau tidak mau akan membuatmu belajar lebih banyak tentang kepemimpinan. Setelah lulus nanti, selain bisa mengelola diri sendiri, kamu diharapkan bisa melakukan pengelolaan di lingkup yang lebih besar.

5. Mengembangkan Public Speaking Skill

Jurusan ini juga bisa mengembangkan kemampuan public speaking. Kamu akan sering berhadapan dengan orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tugas-tugas kuliah atau penelitian skripsi kamu juga akan berkaitan dengan publik atau masyarakat umum.

Karena sering berhadapan dengan orang-orang dengan berbagai karakter, kemampuan public speaking kamu pun akan terasah secara tidak langsung. Kemampuan ini menjadi salah satu yang paling penting di dunia kerja nanti.

6. Terlatih Berpikir Kritis dan Logis

Masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan negara atau masyarakat umum akan selalu kompleks. Di bangku kuliah nanti, kamu juga akan diminta untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Hal ini akan menuntutmu untuk berpikir kritis dan logis.

Perlu kamu tahu, ketika menempuh pendidikan di Administrasi Negara, salah satu kemampuan yang akan diasah adalah kemampuan berpikir strategis.

7. Terlibat dan Terjun Langsung dalam Masyarakat

Untuk kamu yang memang suka terlibat langsung dalam masyarakat, jurusan ini adalah pilihan yang tepat untukmu. Keahlian bersosialisasimu akan sangat terpakai ketika kamu mengambil jurusan ini.

Selama kuliah nanti, kamu akan banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Kamu pun bisa terjun langsung untuk mempelajari masalah-masalah yang ada di suatu masyarakat.

Penutup

Setelah membaca penjelasan ini, kamu sudah nggak ragu lagi kan untuk masuk di jurusan Administrasi Publik? Nah, kalau sudah yakin, saatnya kamu mempersiapkan diri menghadapi tes UTBK dan Mandiri, ya.

Seperti yang kita ketahui bersama, jurusan ini termasuk jurusan favorit, ya, di rumpun Soshum. Jadi, passing grade-nya pun masih tinggi. Di kampus-kampus besar, seperti UI, passing grade-nya masih di angka 641. Jadi, kamu masih butuh berjuang ekstra.

Meskipun kurang beberapa hari lagi, kamu masih ada kesempatan untuk Taklukkan UTBK, kok. Mipi siap banget lho untuk membantu kamu belajar. Kamu bisa pakai fitur PEGASUS yang memang dirancang khusus agar kamu siap UTBK.

Lalu, untuk setiap minggunya, kamu juga bisa ikut TO Gratis yang Mipi adakah khusus untuk membuatmu siap Taklukkan UTBK. Jadi, jangan menyerah dulu, ya. Perjuangkan mimpi kamu untuk lolos jurusan Administrasi Publik bareng Pahamify.

Selama kamu berjuang, meskipun menurutmu kesempatan itu kecil, kamu tetap berkesempatan untuk mewujudkan mimpimu. Jadi, jangan menyerah, ya. 

Penulis: Ranti Alfiani


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *