Close

March 20, 2022

Bagaimana Peluang Karier Jurusan Antropologi di Indonesia?

Antropologi

Di rumpun soshum, ada banyak sekali jurusan menarik yang bisa kamu pelajari. Salah satunya adalah jurusan antropologi. Belajar di jurusan ini sebenarnya sangat menyenangkan, lho.

Selama kuliah, kamu mungkin akan melakukan banyak penelitian di luar kelas. Kamu mungkin akan lebih sering melakukan traveling atas nama tugas penelitian.

Di negeri kepulauan seperti Indonesia, ada banyak sekali suku dan budaya yang menarik untuk diteliti. Keragaman suku dan budaya adalah objek kajian jurusan antropologi yang tidak pernah ada habisnya. Oleh karena itu, peluang kerja lulusan antropologi sebenarnya sangat cerah.

Sekilas tentang Jurusan Antropologi

Secara sederhana, antropologi adalah ilmu tentang manusia, khususnya tentang asal-usul, ciri fisik, adat istiadat, dan kepercayaan manusia pada masa lampau.

Meskipun objek kajiannya sama-sama manusia, penekanan ilmunya berbeda dengan sosiologi atau psikologi. Sosiologi berfokus pada interaksi antarmanusia, sedangkan psikologi berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan proses mental manusia. Sosiologi dan psikologi mungkin sudah sangat populer. Lalu, bagaimana dengan antropologi?

Jurusan yang satu ini sebenarnya cukup berprospek di Indonesia. Sebagai negara kesatuan dengan banyak suku, permasalahan terkait sosial dan budaya akan selalu ada. Oleh karena itu, ahli antropologi akan tetap dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Dalam dunia perkuliahan, jurusan ini memiliki banyak nama. Di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Udayana, nama yang dipakai adalah Antropologi Budaya. Di Universitas Indonesia dan beberapa universitas lainnya, nama yang dipakai adalah Antropologi Sosial.

Entah menggunakan nama Antropologi Budaya atau Antropologi Sosial, yang dipelajari di dalamnya kurang lebih sama. Selain ilmu antropologi yang dihubungkan dengan kesehatan, ekonomi, teknologi, hukum, politik, hingga kebudayaan, kamu juga akan belajar tentang etnografi.

Etnografi adalah ilmu tentang pelukisan kebudayaan dan suku-suku bangsa yang ada di bumi. Etnografi digunakan untuk mengkaji adat istiadat, agama, bahasa, perilaku manusia, hingga seni.

Kemudian, selain belajar dan meneliti tentang manusia dan budayanya, kamu juga akan diminta untuk mendokumentasikan penelitian menjadi sebuah karya yang lebih informatif dan menarik. Jadi, di jurusan ini, kamu pun diajari untuk menjadi kreatif.

Jurusan ini memang menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang suka meneliti hal-hal terkait manusia dan budayanya. Kamu pasti akan menikmati mata kuliah-mata kuliah yang ada di jurusan ini.

Peluang Karier Lulusan Antropologi

Sudah cukup tertarik untuk masuk jurusan antropologi, tetapi masih bimbang dengan prospek kerjanya? Gak perlu khawatir ya, Pahamifren. Jurusan ini juga punya prospek kerja yang sangat cerah, kok.

Ini nih pilihan kerier yang bisa kamu tekuni saat sudah lulus kuliah nanti.

1. Ahli Antropologi

Apa yang dilakukan oleh ahli antropologi? Mereka bisa menjadi peneliti tentang asal-usul manusia. Ahli antropologi juga bisa melakukan evaluasi atau membuat kebijakan berkaitan dengan asal usul manusia, baik dari segi fisik, sosial, budaya, maupun bahasa.

2. Pegawai Negeri Sipil

Punya cita-cita jadi PNS? Lulusan antropologi juga bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil, lho. Ada banyak lembaga pemerintahan yang membutuhkan lulusan jurusan antropologi. Lembaga pemerintahan yang sering membuka formasi CPNS dari jurusan antropologi adalah Kemenristekdikti.

3. Manajemen SDM

Selanjutnya, karena kamu meneliti tentang manusia, prospek kerjanya juga hampir mirip lho dengan jurusan psikologi atau sosiologi. Kamu bisa menjadi staf di departemen Sumber Daya Manusia.

Sebagai lulusan antropologi, kamu akan memiliki kemampuan untuk menganalisis budaya dan karakteristik seseorang. Oleh karena itu, kamu pun bisa bekerja sebagai manajemen SDM. Kamu bisa membantu perusahaan untuk menemukan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, SDM juga menjadi aset yang penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen SDM sangat perlu, terutama yang berkaitan dengan budaya kerja agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan.  

4. Staf Penelitian

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi staf penelitian. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan untuk memperbanyak portofolio penelitian sebelum kamu menjadi peneliti yang sesungguhnya.

5. Teknisi Museum dan Konservator

Antropologi juga sangat terkait dengan sejarah. Oleh karena itu, prospek kerjanya pun hampir mirip. Setelah lulus nanti, kamu juga bisa mencoba untuk menjadi teknisi museum dan konservator. Pekerjaan ini berusaha mencari pengetahuan seputar peristiwa bersejarah, indikator, dan dampaknya bagi masyarakat.

6. Etnografi Pemasaran

Kemudian, lulusan antropologi juga bisa lho bekerja di dunia pemasaran. Ada salah satu profesi menarik yang hanya bisa ditempati oleh ahli antropologi, yakni etnografi pemasaran.

Profesi ini ada di departemen pemasaran. Tugas kamu adalah melakukan penelitian tentang konsumen dan kesehariannya demi mendapatkan strategi marketing yang cocok.

7. Jurnalis

Terakhir, untuk yang tertarik bekerja di dunia jurnalistik, lulusan antropologi juga bisa menjadi seorang jurnalis. Seperti yang kita ketahui bersama, dunia jurnalistik sangat umum. Di dalamnya mencakup bidang-bidang yang lebih khusus.

Sebagai lulusan antropologi, kamu bisa menjadi jurnalis di bidang sosial, budaya, pendidikan, atau pariwisata. Kamu bisa memilih bidang sesuai dengan keunggulanmu.

Selain tujuh prospek kerja di atas, sebenarnya ada lebih banyak lagi peluang karier untuk jurusan antropologi. Terlebih lagi, Indonesia adalah negeri dengan beragam suku. Kamu akan selalu punya peluang dalam menggunakan ilmu yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah.  

Penutup

Sampai di sini, bisa disimpulkan bahwa kuliah di jurusan antropologi cukup seru dan prospek kerjanya pun cerah. Sekarang, yang perlu kamu lakukan adalah bagaimana cara kamu untuk lolos di jurusan tersebut.

Di kampus besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro, jurusan ini masih memiliki passing grade yang tinggi, yakni 530-an. Jadi, pastikan kamu siap Taklukkan UTBK!

Untuk menaklukkan jurusan antropologi di kampus favorit, yuk belajar bareng Mipi. Ada fitur PEGASUS yang pasbi bisa bikin kamu siap Taklukkan UTBK. Nikmati semua fiturnya sekarang!

Penulis: Ranti Alfiani


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *