Close

February 10, 2022

Jurusan Aktuaria: Asing, Tapi Prospeknya Bagus

Tiba-tiba tertarik dengan jurusan aktuaria dan ingin tahu lebih jauh tentang jurusan ini? Kamu berada di tempat yang tepat.

Sambil tetap fokus persiapan untuk taklukkan UTBK, kamu juga perlu fokus menentukan pilihan jurusan. Kali ini, kita bakal membahas prospek kerja jurusan aktuaria dan kampus-kampus dengan jurusan aktuaria.

Wajar banget, lho, kalo kamu tertarik untuk mempertimbangkan jurusan ini. Pasalnya, jurusan aktuaria tiba-tiba booming sekitar dua tahun lalu. Banyak siswa SMA yang tiba-tiba tertarik masuk jurusan ini.

Apakah jurusan ini termasuk saintek atau soshum? Apa sih yang dipelajari di jurusan ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut.  

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Aktuaria

Untuk kamu yang penasaran dengan ilmu aktuaria, inti ilmu ini adalah tentang pengelolaan risiko keuangan yang terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, ilmu aktuaria mengombinasikan ilmu tentang matematika seperti, peluang, statistika, keuangan, dan program komputer.

Ilmu aktuaria sangat cocok untuk kamu yang suka dengan matematika, tetapi tidak ingin mempelajari matematika murni.

Di jurusan aktuaria, kamu tidak hanya belajar tentang matematika. Ilmu yang kamu pelajari akan lebih kompleks karena berkaitan dengan proyeksi, ekonomi, dan teknologi.

Karena lebih dominan di matematika, jurusan aktuaria masuk ke jurusan yang ada di rumpun saintek. Beberapa perguruan tinggi memasukkan jurusan ini ke Fakultas MIPA.

Kemudian, mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan aktuaria pun tidak jauh-jauh dari matematika, ekonomi, akuntansi, probabilitas, dan statistika. Kamu juga akan mendapatkan pondasi teknologi berupa pemrograman.

Aktuaria, meskipun termasuk sebagai jurusan baru, memiliki prospek kerja yang lumayan cerah. Tak hanya itu, karena semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi di masa depan, ilmu aktuaria pun akan terus berkembang dan dibutuhkan masyarakat.  

Prospek Kerja Lulusan Aktuaria yang Menjanjikan

Salah satu alasan utama mengapa jurusan ini tiba-tiba populer adalah karena peluang kerjanya yang sangat terbuka.

Asal kamu tahu, Indonesia belum memiliki banyak tenaga ahli di bidang ini. Padahal, produk asuransi sudah sangat dekat dengan masyarakat. Ini tentu menjadi peluang tersendiri, kan?

Seorang lulusan aktuaria akan menjadi seorang aktuaris. Aktuaris adalah ahli yang menggunakan ilmu matematika, probabilitas, dan statistika yang dipadukan dengan ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan risiko bisnis. Masalah bisnis tersebut terutama yang berkaitan dengan proyeksi masa depan.

Dengan adanya seorang aktuaris, perusahaan, lembaga, bahkan diri pribadi bisa mencegah kerugian yang besar. Seorang aktuaris sangat dibutuhkan di bidang industri keuangan, khususnya yang berkaitan dengan asuransi dan investasi.

Gaji seorang aktuaris lumayan tinggi, lho. Mereka yang mendapatkan sertifikasi, gajinya bisa ada di nominal Rp10–25 juta.

Selain iming-iming gaji yang lumayan, kebutuhan aktuaris di Indonesia juga sangat tinggi. Lulusan jurusan aktuaria bisa menjadi aktuaris di industri keuangan. Mereka juga bisa membuka jasa konsultasi dengan menjadi konsultan aktuaria.

5 PTN dengan Jurusan Aktuaria Terbaik yang Perlu Kamu Perjuangkan

Sampai di sini, apakah kamu semakin mantap untuk untuk mengambil jurusan aktuaria? Jika iya, bulatkan niatmu dari sekarang, ya. Kamu pasti bisa lolos di jurusan ini dan mendapatkan kampus terbaik.

Berikut ini adalah beberapa kampus yang layak kamu perjuangkan untuk menimba ilmu aktuaria. Kampus berikut memiliki jurusan aktuaria terbaik. Simak informasi lengkapnya!

1. Intstitut Pertanian Bogor (IPB)

Aktuaria IPB menjadi salah satu jurusan di Fakultas MIPA. Jurusan Aktuaria IPB sudah dibuka sejak tahun 2017. Menjadi salah satu pelopor jurusan aktuaria di Indonesia.

Program Studi S1 Aktuaria IPB sudah mempunyai akreditasi, yakni Terakreditasi B.

2. Universitas Indonesia (UI)

Kampus kedua yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kuliah di jurusan Ilmu Aktuaria adalah Universitas Indonesia.

Program Studi Aktuaria UI juga sudah mendapatkan akreditasi, lho, yakni Terakreditasi B. Sama seperti IPB, program studi ini juga menjadi bagian dari Fakultas MIPA UI. Di kampus ini, mahasiswa UI pun bisa ikut proses penyetaraan ujian profesi, yakni Ajun Aktuaris, oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia).

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tak hanya membuka jurusan Aktuaria untuk strata 1 (sarjana), ITB juga membuka program untuk S-2, lho.

Program Magister ITB sudah dibuka sejak tahun 1998. Oleh karena itu, tak heran jika status akreditasinya sudah A.

Sementara itu, untuk program sarjananya, Aktuaria ITB baru dibuka pada tahun 2018. Berbeda dengan program magister, program Sarjana Aktuaria ITB masih terakreditasi Baik.

Jika kamu memang punya mimpi untuk kuliah di ITB, wujudkan mimpimu dengan mengambil jurusan Aktuaria ITB. Sama seperti yang lainnya, Aktuaria ITB juga termasuk salah satu program studi di Fakultas MIPA.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga memiliki program studi aktuaria, lho. Ilmu Aktuaria UGM baru saja mendapatkan hasil akreditasinya.

Pada tanggal 23 Juni 2021 lalu, Ilmu Aktuaria UGM mendapatkan akreditasi Baik. Akreditasi tersebut sudah cukup mengingat jurusan ini masih termasuk jurusan yang sangat baru di UGM.

Untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan ini, Ilmu Aktuaria UGM juga berada di Fakultas MIPA. Ayo perjuangkan terus usahamu untuk taklukkan UTBK agar bisa lolos menjadi mahasiswa Ilmu Aktuaria UGM.

5. Institut Teknologi Sebelas Nopember (ITS)

Terakhir, kamu juga bisa memperjuangkan jurusan Aktuaria di ITS. Jurusan Aktuaria ITS juga baru saja terdaftar pada tahun 2018. Tepat pada 26 Oktober kemarin, Departemen Aktuaria ITS sudah mendapatkan Akreditasi Baik dari Ban-PT. Jadi, kampus ini pun layak untuk menjadi tujuan kuliahmu.

Penutup

Sampai pada pembahasan ini, kamu pasti sudah cukup mengenal jurusan aktuaria dan prospek kerjanya, bukan? Sekarang saatnya untuk memperjuangkan mimpimu, ya.

Mengingat jurusan ini adalah jurusan favorit, passing grade ilmu aktuaria juga sangat tinggi, lho. Kamu perlu nilai lebih dari 650 agar bisa lulus di jurusan ini di kampus-kampus yang sudah disebutkan tadi. Untuk mencapainya, ayo taklukkan UTBK bersama Pahamify.

Kamu bisa mengikuti Try Out Pahamify yang diadakan rutin. Untuk memperdalam materi, kamu juga bisa menggunakan fitur PEGASUS. Pokoknya, Mipi siap siaga membantumu untuk memperjuangkan mimpimu.

Jadi, yuk belajar bareng Mipi agar bisa lebih siap dan yakin untuk bersaing mendapatkan jurusan aktuaria. Semangat terus, Pahamifren!

Penulis: Ranti Alfiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *