pfy-burger-btn Menu

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Cuma Belajar Tentang Makanan? 

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan nih sebenernya apa sih, Pahamifrens? Ada yang tau gak? Apa cuma belajar tentang makanan? Atau yang lainnya?

Mipi kasih tau nih. Secara umum, jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan memang belajar tentang makanan, namun secara mendalam ya. Kita akan belajar tentang sifat dasar fisik, kimia, dan biokimia bahan pangan, serta prinsip-prinsip pengolahan makanan dari bahan pangan yang masih mentah sampai ke pengemasan, juga belajar tentang cara menggunakan informasi yang didapat dari pengamatan, yang kemudian digunakan untuk melakukan pemilihan, pengawetan, pengolahan, pengemasan dan distribusi bahan pangan.

Bukan cuma itu aja, kamu juga akan belajar tentang alat dan mesin yang digunakan untuk pengolahan loh. Fokus utamanya adalah untuk menjaga makanan tetap sehat, aman dikonsumsi, dan juga bergizi bagi para konsumennya. 

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan ini cukup banyak diminati, biasanya masuk ke departemen Pertanian atau Teknik Pertanian ya Pahamifrens, namun bisa juga berbeda tergantung dari universitasnya, kamu bisa coba kepoin jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan di berbagai universitas, seperti IPB, ITB, UNPAD, UNDIP, UGM, UNBRAW dan universitas lainnya ya. Berikut Mipi juga akan bantu jabarkan alasan kenapa sih kamu harus bergabung dengan jurusan ini, biar keyakinan kamu makin kuat dan tak tergoyahkan. Yuk mari~

4 Alasan Kenapa Harus Pilih Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan

  • Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang memilih rumpun Saintek di UTBK dan punya passion dalam bidang pengolahan dan pengawasan bahan pangan. Industri Pangan di Indonesia saat ini belum sepenuhnya menerapkan proses pengolahan yang baik meskipun perkembangannya sangat pesat, dan juga tentunya bidang ini takkan mati digerus jaman, karena sampai kapanpun manusia akan tetap membutuhkan bahan makanan, jadi inilah saatnya kamu bersinar dan ambil posisimu sekarang!
  • Jika kamu memilih jurusan ini, di masa depan nanti kamu bisa ikut berkontribusi dalam ketahanan pangan negara loh, keren kan? Konsep ketahanan pangan ini tentunya juga akan disinggung dalam perkuliahan. Intinya adalah bagaimana kamu dapat melakukan penelitian/pengembangan terkait bahan pangan dan jumlah penduduk dalam suatu daerah, akan berhubungan juga dengan kondisi lingkungan, tingkat kesuburan tanah, curah hujan, dan lainnya. Sangat menarik untuk terus digali dan dipelajari.
  • Ilmu tentang pangan ini luas, bukan cuma belajar tentang pangan dan teman-temannya, kamu juga bisa belajar lintas cabang ilmu lainnya, seperti ilmu pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan loh jika masuk ke jurusan ini. Gimana? Kaget kan? Hehehe, next~
  • Bergabung dalam jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan bisa melatih daya kreativitas kamu. Kamu bebas bereksperimen dan membuat inovasi baru dalam bidang pangan, contohnya seperti membuat bahan pangan pokok pengganti beras, hingga mungkin minuman yang berkhasiat untuk menyembuhkan kanker! Apapun bisa kamu lakukan di sini.
  • Kamu juga bisa mengembangkan inovasi produk kamu sendiri dan menjualnya, di sinilah kemampuan kamu sebagai wirausahawan dibutuhkan. Setelah bergabung ke jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, kamu sudah punya modal awal untuk berkreasi, dan selanjutnya kamu bisa terjun dalam wirausaha bidang pangan, dengan ini kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan kreativitas yang kamu miliki^^

Setelah menyimak fakta menarik di atas, udah makin yakin apa belum nih? Kalo belum, biar Mipi bantu yakinin lagi dengan info-info tentang kehidupan akademik jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan di bawah ini:

Selayang Pandang Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan

Kuliah di jurusan ini bukan cuma duduk dalam kelas terus pulang loh, Pahamifrens. Ketika kamu masuk di jurusan ini, kamu akan melewati banyak praktikum dan field trip yang menyenangkan! Biasanya, kamu akan banyak melakukan aktivitas praktikum dan percobaan di laboratorium, kamu juga akan mengunjungi pabrik-pabrik pengolahan makanan untuk mengamati proses pengolahan di sana, tentunya kamu akan mendapat ilmu dan pengalaman baru selain berkuliah dalam kelas, dijamin nggak bakal bosen, deh!

Mata kuliah yang akan diajarkan juga nantinya sangat beragam, dari mulai mata kuliah dasar, seperti Kalkulus, Biologi, Fisika, Kimia, Biokimia, hingga Mikrobiologi. Serta mata kuliah lanjutan, seperti Satuan Operasi Industri Pangan, Prinsip Pengolahan Pangan, Keamanan Pangan, Mutu dan Gizi Pangan, hingga Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan. Wah, pokoknya dijamin seru dan menantang^^  

Abis lulus, Kerja di mana?

Prospek karir dari jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan ini sangat beragam, kamu bisa memilih salah satu karir di bawah ini:

1. Quality Control (QC)

Tugas kamu adalah memastikan semua proses pengolahan makanan berjalan dengan baik dari awal bahan baku datang hingga ke proses sebelum produk distribusi ya, pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang teliti dan detail.

2. Quality Assurance (QA)

QA ini tentu berbeda dengan QC ya, kalo QC kamu bertanggung jawab atas keberhasilan proses pengolahan, nah kalo QA ini kamu akan bertanggung jawab atas mutu produk yang dihasilkan. Kamu harus memastikan mutu produk tetap dalam kondisi terbaiknya sesuai standar yang ada.

3. Research and Development (RnD)

Bidang ini cocok buat kamu yang suka berinovasi, di bagian ini kamu akan banyak membuat produk-produk baru ataupun mengembangkan produk yang sudah ada. Banyak hal yang akan kamu lakukan, seperti riset bahan baku, riset pembuatan produk, hingga riset pasar.

4. Konsultan Gizi dan Pangan

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan menguasai tentang bahan pangan dan seluk-beluknya, dari kandungan, rasa, nilai gizi, dan komposisi pembentuk bahan makanan. Kamu bisa memilih untuk menjadi seorang konsultan untuk menyalurkan ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan, selain pengetahuan tentang seputar makanan dan gizinya, kamu juga harus bisa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi di depan publik.

5. Lembaga Pemerintahan

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan ini sangat dibutuhkan dalam pemerintahan loh, Pahamifrens. Kamu bisa bergabung dalam lembaga pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementrian Pertanian, Pemerintah daerah, juga lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Perkebunan Nusantara (PTPN) dan Badan Urusan Logistik (BULOG).

6. Wirausaha

Selain bergabung ke perusahaan atau lembaga pemerintahan, kamu juga bisa membuat karyamu sendiri dan berwirausaha secara mandiri. Jika kamu punya passion untuk berwirausaha, kamu bisa menerapkan keahlian yang kamu dapat dalam teknik mengolah makanan menjadi produk makananmu sendiri yang baru dan luar biasa!

Gimana? Udah tertarik gabung Ilmu dan Teknologi Pangan belum? Yuk semangat dan belajar bareng Mipi di Pahamify! 

Penulis: Yova Dwi Rismawati


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.


Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll