Close

April 19, 2022

Jurusan Sejarah: Kuliah sambil Jalan-Jalan

Sejarah

Hallo Pahamifren, kenalin aku Rizal, Rockstar Teacher Sejarah di Pahamify. Kali ini aku akan bahas tentang jurusan Sejarah. Kalau kata orang, mahasiswa yang belajar di jurusan ini adalah kumpulan orang yang susah move on, suka tentang kisah-kisah klasik di masa lalu, atau belum bisa menatap ke masa depan.

Selain itu, bagi mahasiswa yang terlanjur “tercebur” ke jurusan ini biasanya pernah dapat pertanyaan-pertanyaan umum seperti, “Sejarah itu cuma ngapalin tahun dan peristiwa doang, kan?”, “Sejarah itu kalau lulus kerjanya di mana?”, atau yang lebih parah “Loh ada ya jurusan sejarah itu?”. 

Eitss, buat menjawab semua pertanyaan ini, makanya kamu wajib banget nih buat baca tulisan ini dari awal sampai akhir. Biar kamu makin mantap buat milih jurusan sejarah di UTBK nanti. Mungkin juga buat kamu yang belum tahu mau mengambil jurusan apa bisa juga untuk mempertimbangkan sejarah sebagai salah satu pilihan studimu.

Sekilas tentang Jurusan Sejarah

Di semua universitas, sejarah selalu dimasukan ke dalam rumpun ilmu sosial humaniora alias soshum. Jurusan ini biasanya menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Budaya, tapi ada juga beberapa universitas yang menempatkannya ke dalam Fakultas Ilmu Sosial.

Maka dari itu gak mengherankan kalau biasanya jurusan ini dihuni oleh alumni yang berasal dari SMA IPS. Tapi tenang aja ya, buat kamu yang berasal dari SMA IPA, tetap terbuka kok peluang buat masuk ke jurusan ini. Adapun beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Jember, Universitas Airlangga, Universitas Sumatra Utara, dan masih banyak lagi. 

Saat pertama kali masuk ke jurusan sejarah, hal pertama yang akan kamu hadapi adalah tumpukan buku. Dalam hal ini, biasanya mahasiswa semester awal akan banyak membaca dan belajar tentang hal-hal dasar atau konsep-konsep umum dalam keilmuan sejarah. Nantinya, kamu akan mendapatkan sebuah gambaran yang berbeda antara materi sejarah di sekolah dengan materi kuliah. 

Kehidupan Kuliah dan Mata Kuliah Jurusan Sejarah

Dari sini kamu akan jadi tahu kalau tugas seorang mahasiswa sejarah bukan untuk menghafalkan semua peristiwa yang ada, tetapi untuk melakukan rekonstruksi terhadap suatu peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau.

Buat membantu proses rekonstruksi itu, nantinya kamu akan belajar beberapa mata kuliah penting mulai dari Pengantar Ilmu Sejarah, Historiografi, Metode Sejarah, sampai Metodologi Sejarah. Maka dari itu jangan kaget, kalau mahasiswa sejarah banyak yang mengerjakan tugas berupa tulisan artikel, essay ilmiah, hingga laporan penelitian. 

Dalam proses melakukan penelitian, biasanya mahasiswa sejarah akan melakukan kuliah lapangan alias kegiatan jalan-jalan lho. Sejumlah tempat yang biasanya dikunjungi antara lain kantor arsip, perpustakaan, candi, keraton, museum, atau bangunan bersejarah lainnya.

Di sejumlah tempat tersebut nantinya kamu pasti akan menemui banyak banget data, dokumen, atau arsip yang menggunakan bahasa-bahasa asing maupun daerah. Makanya mahasiswa di jurusan ini juga dibekali dengan banyak bahasa asing mulai dari bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Jepang, bahasa Melayu, bahasa Jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Jadi gak perlu khawatir akan bosan kalau kuliah di jurusan ini. 

Selain itu, di dalam kelas pun mahasiswa juga juga masih bisa berselancar ke masa lampau melalui sejumlah materi di kelas. Secara umum, mahasiswa akan banyak belajar tentang Sejarah Indonesia dari zaman praaksara hingga kontemporer. Kamu juga akan mendapatkan sejumlah materi tentang sejarah dunia mulai dari wilayah Asia Tenggara, Australia dan Pasifik, Asia Timur, bahkan hingga Eropa.

Prospek Kerja Jurusan Sejarah

Kalau ngomongin tentang prospek kerja, kamu gak perlu risau dan khawatir. Memang sih, pada dasarnya sejarah adalah ilmu murni bukan merupakan ilmu vokasional atau terapan. Kebanyakan alumni sejarah bisa kerja sesuai dengan passion mereka masing-masing. Banyak di antara mereka yang memilih untuk linear atau sesuai dengan jurusannya. Namun ada pula yang memilih untuk mencari kesempatan lain di luar sana. Nah lewat tulisan ini, bakalan dijelasin mengenai beberapa prospek tersebut. 

  • Peneliti

Peneliti merupakan salah satu prospek yang bisa diambil oleh mahasiswa sejarah. Biasanya, mahasiswa yang ingin menjadi seorang peneliti akan memilih untuk mengambil studi S2 baik di dalam maupun luar negeri. Alumni sejarah yang bekerja sebagai peneliti biasanya banyak tersebar di LIPI, universitas, maupun lembaga swasta lainnya.

  • Pengajar/Dosen

Buat kamu yang punya passion dalam bidang mengajar, bisa banget nih untuk menjadi pengajar. Kamu bisa untuk mengajar di sekolah, lembaga bimbingan belajar, dan juga aplikasi belajar seperti Pahamify. Kalau kamu pengen ambil S2, kamu juga bakal bisa punya kesempatan untuk menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. 

  • Arsiparis

Keahlian mahasiswa sejarah yang sering mengotak-atik dokumen lama, tentu bisa menambah skill  mereka di bidang arsiparis. Arsiparis adalah sekelompok orang yang melakukan pengelompokan serta memanajemen dokumen. Dengan jadi arsiparis kamu bisa banget buat bekerja di lembaga pemerintah, BUMN, bahkan swasta lho.

  • Pegawai Museum

Saat kuliah, mahasiswa sejarah akan sering melakukan kunjungan ke berbagai museum. Kemampuan ini tentu akan menjadi sebuah modal besar bagi alumni sejarah untuk bisa bekerja di museum. Dengan menjadi pegawai museum tentunya kamu bisa bekerja sekaligus belajar tentang banyak hal baru kan?

  • PNS

Buat kamu yang pengen banget jadi pegawai negeri sipil, jurusan Sejarah merupakan salah satu pilihan yang tepat. Setiap tahunnya, berbagai formasi PNS selalu dibuka untuk jurusan ini. Formasinya pun sangat beragam mulai dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, museum, bahkan hingga kementerian. 

Jadi, itu ya Pahamifren sedikit informasi mengenai jurusan ini. Gimana sekarang udah mantab belum buat memilih jurusan Sejarah di UTBK nanti? Semangat terus yaa ditunggu kabar baiknya untuk jadi bagian sebagai calon sejarawan besar di Indonesia. 

Penulis: Rizal Rahmanto


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *