Close

March 16, 2022

Jurusan Teknik Biomedis: Ketika Jurusan Kedokteran dan Teknik Bersatu

Jurusan Teknik Biomedis

Nah, Pahamifren udah tau belum kalau kampus-kampus di Indonesia ada yang memiliki jurusan khusus untuk mempelajari tentang perancangan alat-alat medis canggih yang ada di rumah sakit. Nama jurusannya adalah Teknik Biomedis, atau di beberapa kampus disebut dengan Teknik Biomedik. Jurusan Teknik Biomedis ini merupakan perkawinan antara jurusan teknik dan kedokteran!

Pasti udah kepo banget dengan jurusan ini, kan? Yuk, simak penjelasan Mipi tentang jurusan Teknik Biomedis! Siapa tau ini bisa jadi pilihanmu di UTBK SBMPTN nanti.

Apa itu Teknik Biomedis?

Mungkin kamu masih bingung, kok bisa jurusan teknik digabung dengan kedokteran? Di jurusan ini, mahasiswa akan fokus belajar dalam hal perkembangan, penerapan, dan rekayasa teknologi dalam dunia medis atau kedokteran, yang nantinya akan menghasilkan alat-alat medis canggih. 

Apa Aja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Biomedis?

Karena merupakan gabungan dari ilmu teknik dan kedokteran, mahasiswa di jurusan Teknik Biomedis akan mempelajari tentang biomekanika, biokimia, biotek, kalkulus, sistem rekam medis, fisiologi, anatomi, hingga elektronika dan robotika medis.

Sebelum lulus, mahasiswa Teknik Biomedis akan memilih satu konsentrasi ilmu. Beberapa konsentrasi yang tersedia antara lain adalah bidang telemedicine, biomedika, rekayasa molekuler, hingga teknik rehabilitasi. Bidang konsentrasi bisa saja berbeda di tiap kampus, ya, Pahamifren.

Mungkin kamu sudah bergidik ngeri hanya dengan membaca bidang-bidang yang dipelajari di jurusan ini. Mungkin juga kamu sudah merasa tidak sanggup untuk mengambil jurusan ini di UTBK SBMPTN nanti.

Eitss, jangan menyerah sebelum berperang, dong! Jika kamu sudah memiliki dasar di ilmu-ilmu saintek, pasti kuliah di jurusan ini bakal menyenangkan sekaligus menantang buat kamu.

Kehidupan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedis

Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan Teknik Biomedis, kamu akan berlatih untuk manajemen waktu, lho, Pahamifren.

Selain manajemen waktu, setelah lulus kamu juga akan memiliki kemampuan problem solving dan teamwork yang baik. Hal ini dikarenakan ilmu yang dipelajari di Teknik Biomedis akan diikuti dengan jadwal praktikum dan uji laboratorium yang padat, ditambah lagi dengan kewajiban untuk menyelesaikan laporan-laporan setelahnya.

Praktikum dan uji laboratorium yang telah ditetapkan oleh kampus pasti memiliki tujuan yang berarti. Kesempatan praktikum memberi mahasiswa momen untuk belajar secara langsung untuk menggunakan alat-alat, baik secara konvensional maupun menggunakan mesin modern yang tidak mungkin ada di rumah.

Ingat kata pepatah: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Meskipun terlihat berat, Mipi yakin, dengan tekad dan semangat yang kuat, Pahamifren pasti mampu untuk menghadapinya!

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Biomedis?

Meskipun mempelajari dua bidang sekaligus dan terlihat rumit, prospek kerjanya sangat menjanjikan, lho, Pahamifren!

Bayangin kalau alat-alat medis yang ada di dunia ini tidak berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Wah, pasti banyak pasien yang tidak bisa terselamatkan!

Oleh karena itu, alumni jurusan Teknik Biomedis sangat diperlukan oleh industri, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Biar kamu punya bayangan, Mipi jelasin deh di mana lulusan Teknik Biomedis bisa bekerja.

Lembaga Penelitian

Alat-alat medis tentu harus dikembangkan seiring berjalannya waktu, dong. Nah, sarjana Teknik Biomedis juga bisa melakukan penelitian untuk pengembangan alat medis yang berguna untuk dunia kesehatan. Kamu tau ngga, vaksin Covid-19 juga termasuk salah satu hasil penelitian orang biomedis, lho!

Instansi Pemerintah

Lulusan Teknik Biomedis bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Kementerian Perindustrian, maupun instansi lain yang memerlukan pegawai dengan ilmu teknik biomedis.

Jadi kalau Pahamifren mengira lulusan Teknik Biomedis tidak bisa jadi ASN, kamu salah besar, ya!

Rumah Sakit

Bekerja di rumah sakit ngga melulu pegang stetoskop dan jarum suntik, lho. Lulusan Teknik Biomedis berkesempatan emas untuk menjadi teknisi radiologi medis, atau orang yang bertanggung jawab pada kegiatan yang ada di Instalasi Radiologi seperti: MRI, CT scan, rontgen dengan sinar X-ray, hingga terapi pengobatan pasien kanker menggunakan sinar radioaktif.

Selain itu, Pahamifren juga bisa menjadi teknisi alat kesehatan yang bertanggung jawab dalam pengoperasian, pemeliharaan, perbaikan, serta instalasi dan perancangan alat medis yang berada di rumah sakit.

Laboratorium Kesehatan

Lulusan Teknik Biomedis juga bisa menjadi salah satu teknisi laboratorium klinis. Untuk memastikan diagnosa mengenai suatu penyakit, tidak sedikit dokter yang menyarankan pasien untuk melakukan pemeriksaan laboratorium, kan?

Jika Pahamifren menjadi teknisi laboratorium klinis, atau biasa juga disebut dengan analis kesehatan, kamu akan melakukan pengecekan terhadap spesimen untuk memastikan diagnosa penyakit yang dimiliki oleh pasien.

Perusahaan Farmasi

Dalam proses pembuatan obat, pasti ada sangat banyak mesin yang digunakan. Mesin-mesin ini tentu tidak akan berumur panjang jika dioperasikan sembarangan dan tidak dirawat dengan baik.

Penggunaan mesin yang tidak sehat juga akan berpengaruh pada produk yang dihasilkan, lho. Oleh karena itu, lulusan Teknik Biomedis yang bekerja di perusahaan farmasi memiliki peran penting. Yaitu sebagai petugas pemeliharaan, pengoperasionalan, hingga melakukan quality control terhadap mesin yang digunakan di perusahaan tersebut.

Wirausaha

Kalau kamu tipe orang yang pandai berbisnis, maka wirausaha adalah pekerjaan yang cocok buat kamu. Alat medis yang sekarang digunakan di Indonesia adalah hasil impor dari luar negeri, lho, Pahamifren. Dengan bekal ilmu yang kamu dapet selama kuliah di Teknik Biomedis, bisa aja kamu membangun perusahaan manufaktur alat medis produksi Indonesia yang pertama. Wah, keren banget pastinya!

Mana Aja Kampus yang Membuka Jurusan Teknik Biomedis?

Setelah penjelasan Mipi di atas, pasti kamu makin pengen buat kuliah di jurusan yang super keren ini. Di Indonesia, ada total enam perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan Teknik Biomedis, nih, Pahamifren.

Kira-kira universitas mana aja yang punya jurusan Teknik Biomedis, ya? Nah, biar gampang, Pahamifren bisa kepoin kampus-kampus yang udah Mipi rangkum di tabel ini, ya!


UI (Universitas Indonesia)ITERA (Institut Teknologi Sumatera)ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)ITB (Institut Teknologi Bandung)UNAIR (Universitas Airlangga)UGM (Universitas Gadjah Mada)
DomisiliDKI JakartaLampungJawa TimurJawa BaratJawa TimurDI Yogyakarta
Nama JurusanTeknik BiomedikTeknik BiomedikTeknik BiomedikTeknik BiomedisTeknik BiomedikTeknik Biomedis
FakultasFakultas TeknikJurusan Teknologi Produksi dan IndustriFakultas Teknologi Elektro dan InformatikaSekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)Fakultas Sains dan TeknologiDepartemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI)

Nah, itulah pembahasan tentang jurusan Teknik Biomedis. Kalau kamu tertarik, jurusan Teknik Biomedis bisa jadi salah satu pilihan kamu di UTBK SBMPTN nanti. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai persiapan UTBK dari sekarang!

Selain bisa kerjain latihan soal tergokil, Pahamifren juga bisa cobain fitur tes minat bakat yang ada di aplikasi Pahamify buat memastikan kecocokan kamu dengan jurusan ini, lho. Jadi makin optimis bisa #TaklukkanUTBK bersama Pahamify!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *