pfy-burger-btn Menu

Kuliah Ilmu Hukum Wajib Hafal Undang-undang?!

Ilmu Hukum

Etdah, judulnya udah ngeri banget, ya? Bayangin pasal, ayat, nomor dan isinya saja udah bikin kepala mau pecah nih! Gak kuat kayaknya, deh jadi mahasiswa Ilmu Hukum kalau gitu…

Tapi tenang aja, Pahamifren. Jadi mahasiswa Hukum nggak seberat menghafal pasal-pasal kok, tapi… lebih berat lagi! Hehehe, ya walaupun semua jurusan berat, tapi, jurusan Hukum nggak benar-benar wajib hafal semua pasal kok! Apalagi saat ini informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet.

Faktanya, mahasiswa hukum lebih wajib untuk paham isi dari peraturan perundangan-undangan yang dipelajari. Jadi, harapannya sih kalau menyelesaikan suatu kasus, penegak hukum tidak salah memberi keputusan karena ia paham dengan dasar aturannya. Sama kayak UTBK, lebih baik paham materinya daripada menghafal agar dapat memecahkan soal dengan cara yang tepat dan jawabannya benar.~

Apa itu Ilmu Hukum?

Ilmu hukum adalah jurusan yang tentu saja mempelajari bidang yang berpusat pada praktek hukum. Pembelajaran yang cukup luas meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Hukum di kehidupan kita mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan adanya peraturan yang jelas terkait hal-hal yang diperbolehkan atau dilarang.

Intinya sih, kita akan kenalan sama macam-macam sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan di masyarakat. Biasanya, mahasiswa Ilmu Hukum akan melakukan magang untuk mengaplikasikan ilmunya. Contoh bidang/institusi untuk melakukan kegiatan magang seperti firma hukum, lembaga pengadilan, hingga kantor kejaksaan. Seru banget, ya!

Belajar Apaan Aja, ya?

Banyak banget yang kepo sama materi di jurusan ini! Soalnya satu Fakultas Hukum biasanya cuma ada 1 jurusan, jadi otomatis pasti terlihat random abis nih mata kuliahnya saking luas bidangnya!

Semua hal di kehidupan bermasyarakat itu diatur oleh hukum. Hal seremeh makan saja, diatur dalam hukum perlindungan konsumen. Jadi, kita bakal banyak belajar tentang dasar hukum dan aplikasinya di kehidupan.

Buat dapetin gelar Sarjana Hukum (S.H.), tentu saja materinya terpusat pada praktek hukum dan peraturan perundang-undangan. Kamu bakal banyak mengkaji bermacam-macam kasus hukum secara normatif atau yuridis.

Contoh mata kuliah Ilmu Hukum:

  • Hukum Pidana
  • Hukum Perdata
  • Hukum Tata Negara
  • Hukum Administrasi Negara
  • Hukum Agraria
  • Hukum Perdagangan
  • Hukum Adat
  • Hukum Internasional
  • Hukum Waris
  • Hukum Lingkungan
  • Hukum Hak Asasi Manusia
  • dll. 

Untuk siap-siap menuju masa depan, seringkali pihak kampus akan membekalimu dengan pelatihan paralegal dan praktek kemahiran litigasi agar kamu lebih siap & paham!

Personality yang Cocok

Nah, kalau kita recall ke cerita wajib hafal pasal-pasal, memang nggak 100% salah, Karena akan ada masanya pengetahuan mengenai pasal kita diuji. Tapi bukan hanya hafalan yang diujikan, tapi lebih dalam lagi mengenai pemahaman, logika dan pemikiran kritis kita sebagai mahasiswa Hukum.

Kenapa? Hal ini karena penggunaan pasal atau aturan perundang-undangan adalah untuk mendukung atau membuktikan suatu argumen. Nah, di sinilah nalar dan logika yang kuat dibutuhkan!

Eitsss, belum selesai! Ada yang wajib diasah juga nih, yaitu komunikasi. Yes! Komunikasi yang baik dan cakap diperlukan untuk mempresentasikan hasil pemikiran kita.

Contoh:

  • Pembuatan Terms & Condition
  • Berdebat
  • Pembuatan Undang-undang

Gak mudah, ya ternyata jadi anak Hukum. Gini deh, kita rangkum sekalian skill apa saja yang dibutuhkan sebagai mahasiswa Hukum:

  • Hafalan yang kuat
  • Berpikir kritis
  • Logika yang kuat
  • Analisis kasus
  • Penyelesaian masalah
  • Lugas menyampaikan pendapat
  • Cakap komunikasi
  • Tegas
  • Mental tangguh
  • Pemberani

Jadi, siap-siap evaluasi dirimu untuk menentukan kecocokan dengan jurusan Ilmu Hukum ya!

Penjurusan Ilmu Hukum

Saat jadi mahasiswa Hukum nanti, kamu pasti akan memilih salah satu konsentrasi ilmu untuk kamu perdalam, sebagai topik skripsi, dan yang jelas bisa kamu sesuaikan dengan cita-citamu di masa depan. 

Kira-kira inilah pilihan penjurusan atau konsentrasi Ilmu Hukum yang nantinya bisa kamu pilih di perkuliahan:

  • Hukum Pidana
  • Hukum Ekonomi dan Bisnis
  • Hukum Keluarga
  • Hukum Internasional
  • Hukum Perburuhan
  • Hukum Agraria
  • Hukum Tata Usaha Negara
  • Hukum Islam

Daftar konsentrasi Ilmu Hukum ini bisa beda-beda di setiap kampusnya, jadi nggak akan 100% sama, ya, Pahamifren!

Mitos vs Fakta

Nah saking banyaknya stereotip dan asumsi yang melekat ke anak hukum, kita bahas deh mitos dan faktanya!

  • Lulusan Ilmu Hukum udah pasti jadi pengacara!

Faktanya, buat jadi pengacara gak cukup hanya lulus dari S1 Hukum. Harus ada pendidikan khusus untuk mendapat nomor registrasi legal untuk melakukan praktik.

  • Wajib hafal Undang-undang

No! Hafal boleh, tapi gak wajib. Yang wajib tuh paham sama dasar aturan, sejarah, dan makna peraturan yang ada. 

  • Anak Hukum tukang demo, pasti nih!

Ya nggak lah. Ilmunya memang dekat dengan pemerintahan dan organisasi. Tapi hal ini lebih berkaitan dengan kemauan kamu sendiri. So, gak ada paksaan untuk jadi aktivis atau ikut turun ke jalanan untuk demo, kok!

  • Orangnya galak & tegas!

Kalau lihat di drama Korea, atau di infotainment, memang tampilan orang yang bekerja di bidang Hukum seperti pengacara terlihat tegas, galak dan omongannya lugas. Tapi, ya balik lagi sama kepribadian masing-masing individu. Nggak masalah juga misalnya di masa depan kamu menjadi pengacara yang lemah lembut namun tegas kok.

  • Gak perlu ketemu angka & rumus matematika~

Tet tot!!! Salah! Matematika itu ilmu dasar, hampir semua jurusan berhubungan sama matematika, termasuk Ilmu Hukum. Contohnya pada perhitungan dalam hukum waris, kegiatan jual-beli, sampai ngurusin harta gono-gini. Gak mungkin nggak hitung-hitungan, kan.

Prospek Karir Lulusan Ilmu Hukum

Hukum jadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang cukup luas. Jadi lulusannya bisa dengan mudah blend in di bidang pekerjaan apapun.

Kok bisa ya? Ya bisa, karena nggak ada aspek di kehidupan kita yang gak butuh hukum. Maka, luas banget dah tuh, prospek kerjanya. Bahkan, gak saklek di bidang hukum aja lho!

Kalau kamu mau berkarir di bidang hukum, kamu bisa mengacu ke pilihan prospek karir ini:

  • Hakim
  • Jaksa
  • Pengacara
  • Notaris
  • Advokat
  • Staf Legal
  • Akademisi
  • Konsultan hukum

Tapi kamu bisa juga berkarir di bidang non-hukum yang kesempatannya akan selalu terbuka lebar untuk lulusan Ilmu Hukum. Nih, contohnya:

  • Personalia (HRD)
  • Jurnalis
  • Penulis
  • Diplomat
  • Politisi
  • Polisi
  • Pengusaha

Kayak pembawa acara Najwa Shihab atau penyanyi Febby Rastanty yang merupakan alumni jurusan Hukum, namun tidak berkarir sepenuhnya di bidang hukum gitu hihi. Keren, ya!

Rekomendasi PTN

Nah, kalau kamu sudah 100% yakin mau pilih jurusan Ilmu Hukum, kamu bisa pilih salah satu PTN di Indonesia yang memiliki jurusan Hukum!

Yuk, disimak rekomendasi kampus dengan jurusan Ilmu Hukum terakreditasi A!

  • Universitas Diponegoro (Semarang)
  • Universitas Indonesia (Depok)
  • Universitas Padjadjaran (Bandung)
  • Universitas Brawijaya (Malang)
  • Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
  • Universitas Sriwijaya (Palembang)
  • Universitas Udayana (Denpasar)
  • Universitas Hasanuddin (Makassar)
  • Universitas Andalas (Padang)
  • Universitas Sumatera Utara (Medan)
  • Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto)
  • Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh)
  • Universitas Negeri Semarang (Semarang)

Superb!

Kamu sudah dalem banget nih kenal sama Ilmu Hukum. Kira-kira begitulah penjelasannya dan gambaran kehidupan sebagai mahasiswa Ilmu Hukum. Sulit, menantang, tapi seru nan keren, kan~ Tertarik?

Penulis: Rienesa Darmawan


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll