pfy-burger-btn Menu

Yuk Belajar Bahasa dan Kebudayaan Korea!

Bahasa dan Kebudayaan Korea!

Annyeonghaseyo! Kamu suka nonton drama Korea dan penggemar K-pop kayak BTS, Blackpink, dan Red Velvet? Berminat untuk belajar Bahasa Korea kayak mereka nggak? Kalau kamu tertarik dengan segala hal yang berbau Korea, kamu bisa mengambil jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea nih, Pahamifren.

Saat ini banyak banget peminat dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Salah satu alasannya adalah karena lulusannya memiliki prospek kerja yang bagus banget. Daripada kamu penasaran apa aja yang dipelajari di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea dan bagaimana prospek kerja kedepannya, simak penjelasannya di sini, ya!

Sekilas Tentang Bahasa dan Kebudayaan Korea

Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea adalah jurusan yang mempelajari tentang bahasa dan perkembangan budaya Korea secara mendalam. Kamu akan belajar tentang kebudayaan tradisional sampai pop culture yang ada di sana. 

Saat ini, tren budaya Korea lagi marak-maraknya di seluruh penjuru dunia. Hampir semua orang suka nonton drama Korea, dengerin musik Korea, sampai memakai produk kecantikan dari Korea. Kalau kamu termasuk orang yang disebutkan tadi, memilih jurusan ini akan menyenangkan buat kamu, dan kamu akan lebih enjoy saat menjalankan perkuliahan.

Kalau belum mengerti tentang Bahasa Korea, kamu nggak perlu khawatir karena di jurusan ini kamu akan belajar bahasanya mulai dari tata bahasa, cara bicara, membaca, dan juga menulis. 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ini?

Nah, selain mempelajari bahasa dan budaya Korea, masih ada beberapa mata kuliah yang harus kamu ambil jika kamu masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Kira-kira materi yang akan kamu pelajari antara lain seperti ini:

  • Bahasa

Pastinya, kamu akan belajar Bahasa Korea secara mendalam. Untuk kamu yang belum pernah belajar Bahasa Korea nggak perlu takut atau minder. Kamu akan diajarkan dasar-dasar membaca dan menulis huruf hangeul.  Di semester awal kamu akan fokus dengan materi belajar yang masih dasar banget untuk melatih kemampuan membaca, berbicara, menulis, sampai tata bahasa Korea. Inget ya bahwa kamu harus fokus dan serius untuk belajar sungguh-sungguh dari semester awal agar kamu nggak ngerasa berat di semester tua nanti.

  • Sastra dan Linguistik Korea

Di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, kamu juga akan bertemu dengan materi linguistik dan kesusastraan Korea. Kamu dituntut untuk bisa memahami Bahasa Korea dengan lebih mendalam menggunakan teori-teori linguistik. Selain itu, kamu akan belajar untuk memahami karya sastra seperti novel, puisi, dan drama-drama Korea secara detail dengan berlandaskan teori sastra. Untuk kamu pecinta drama Korea pasti akan sangat menyenangkan deh. Kamu bisa mengerjakan tugas-tugasmu nanti sambil melakukan hobi nonton drakor. 

  • Sejarah dan Kebudayaan Korea

Sesuai namanya, tentu kamu akan mempelajari kebudayaan Korea, termasuk sejarahnya. Dari sini kamu akan mengetahui bahwa banyak banget budaya yang dimiliki oleh Korea, bukan hanya K-Pop dan drama Korea aja. Selain itu, kamu akan disuguhkan materi tentang sejarah Korea dari zaman prasejarah, kerajaan, sampai pop culture yang ada di Korea. Pokoknya seru banget deh kuliah di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Nggak cuma itu, kamu juga akan dapat kesempatan untuk mempelajari filsafat, ekonomi, pariwisata, dan masyarakat Korea. 

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Ternyata, prospek kerja dari lulusan Bahasa dan Kebudayaan Korea cukup menjanjikan, lho! Karena beberapa tahun belakangan budaya Korea lagi populer banget dan banyak perusahaan asal Korea yang berekspansi di Indonesia, peluang kerja bagi lulusan jurusan ini terbuka lebar. 

Salah satu pilihan karir yang banyak diminati adalah translator dan interpreter karena gajinya yang cukup menggiurkan. Banyak lulusan dari jurusan ini yang ingin menjadi interpreter karena jika bintang Korea datang ke Indonesia, mereka berkesempatan untuk menjadi penerjemah bahasanya secara lisan. Selain itu, seorang translator dan interpreter Bahasa Korea juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan multinasional Korea. 

Selain menjadi penerjemah, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi seorang jurnalis. Kamu akan menjadi jurnalis yang hebat kalau kamu mampu menguasai bahasa asing karena gak jarang seorang jurnalis bertugas mewawancarai orang-orang dari berbagai negara, termasuk Korea. 

Pilihan karir lainnya untuk lulusan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea antara lain pemandu wisata, tenaga pengajar, content writer, pengusaha, dan karyawan atau tenaga ahli di perusahaan-perusahaan Korea. 

Kampus yang Memiliki Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea

Gimana? Kamu tertarik nggak untuk kuliah di jurusan ini? Memang belum banyak kampus yang menyediakan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Tapi kalau kamu tertarik, ada beberapa rekomendasi universitas negeri yang memiliki jurusan ini.

  • Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia memiliki akreditasi A.  Selain mengasah kemampuan berbahasa, mata kuliah yang diberikan juga membuka wawasan mahasiswa tentang sastra dan budaya masyarakat Korea. Dengan begitu, lulusan sarjana dari program studi ini diharapkan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Korea dengan baik serta menerapkannya di berbagai alternatif pemecahan masalah dalam ilmu pengetahuan dan masyarakat. 

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sama halnya dengan di UI, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM juga berakreditasi A. Awalnya, UGM cuma membuka program studi untuk D3 aja. Tapi sejak tahun 2008, akhirnya program studi untuk S1 dibuka dan terfokus pada bidang keilmuan bahasa Korea serta penggunaannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan hidup bermasyarakat secara bertanggung jawab. Mata kuliah yang ditawarkan juga nggak beda jauh dengan yang ada di UI, yaitu mencakup ilmu linguistik dan kesusastraan Korea, sejarah kontemporer Korea, masyarakat Korea, dan lain-lain.

Itu dia seluk beluk tentang jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Beberapa tahun terakhir, jurusan ini nggak pernah sepi peminat. Prospek kerja yang terbuka lebar membuat banyak calon mahasiswa ingin masuk ke jurusan ini. Kalau kamu tertarik untuk masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, yuk persiapkan diri kamu dengan matang!

Penulis: Fatmasari Putri


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll