Close

June 28, 2022

Tips Curi Start Belajar UTBK untuk Siswa Kelas 11

Semangat belajar UTBK

Bagi kamu yang sedang duduk di kelas 11, mungkin kamu berpikir karena UTBK masih lama, kamu gak perlu buru-buru belajar persiapan UTBK. Pemikiran ini gak salah, sih. Namun, alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkan diri untuk belajar UTBK dari sekarang.

Sebab, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan sebelum menghadapi UTBK nanti. Seperti, kamu harus mengetahui minat dan bakat kamu agar kamu gak kebingungan harus memilih jurusan apa saat ikutan UTBK nanti, materi-materi apa aja yang harus kamu pelajari, gaya belajar apa yang cocok untuk kamu, dan lain sebagainya.

Kalau kamu sudah mempersiapkan diri sejak dini, kamu gak akan galau mau mulai belajar persiapan UTBK dari mana saat waktu yang kamu miliki nanti semakin mepet. Nah, supaya kamu bisa curi start belajar UTBK dari sekarang, Mipi mau ngasih kamu tips yang bisa bantu kamu merencanakan persiapan belajar UTBK kamu.

Udah penasaran, kan? Langsung aja kita bahas bareng, yuk!

Apa itu UTBK?

Sebelum kamu belajar persiapan UTBK, kamu mesti tahu dulu, nih, apa itu UTBK.

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Nilai dari UTBK ini kemudian akan digunakan LTMPT untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Oleh karena itulah UTBK selalu diadakan beriringan dengan SBMPTN.

Selain nilai UTBK digunakan untuk SBMPTN, nilai UTBK juga dapat digunakan untuk mendaftar ke seleksi mandiri beberapa perguruan tinggi negeri, kedinasan, dan perguruan tinggi swasta. Jadi, nilai UTBK ini sangat penting, ya, Pahamifren. Makanya Mipi menyarankan kamu mempersiapkan diri belajar persiapan UTBK dari sekarang. 

Ketahui Minat dan Bakat Kamu

Tips pertama dari Mipi adalah kamu harus mengetahui minat dan bakat kamu.

Kalau kamu sudah tahu minat dan bakat kamu, kamu gak akan bingung atau galau mau ngambil jurusan apa, baik saat kamu mau masuk kelas 12 nanti atau saat kuliah nanti. Biar kamu gak bingung apa itu minat dan bakat, Mipi mau jelasin singkat apa itu minat dan bakat.

Minat adalah kecenderungan kamu terhadap suatu hal atau bidang tertentu. Kecenderungan ini dapat menimbulkan rasa ketertarikan dan rasa senang saat kamu mendalami hal dan bidang tertentu tersebut. Misalnya, kamu memiliki minat terhadap film, nah, kamu akan selalu merasa senang saat kamu menonton film yang kamu anggap menarik dan bagus. 

Rasa ketertarikan dan kesenangan kamu ini kemudian akan mendorong kamu mempelajari seluk-beluk mengenai film, bagaimana menilai sebuah film, dan bahkan kamu akan terdorong untuk memproduksi sebuah film yang bagus di kemudian hari.

Nah, kalau bakat adalah kepandaian atau kemampuan yang sudah kamu miliki sejak kamu lahir, Pahamifren. Bakat inilah yang perlu kamu asah agar dapat terus berkembang menjadi potensi diri kamu. Misalnya, minat kamu terhadap film ternyata sejalan dengan bakat kamu di bidang menulis. Dengan demikian, kamu jadi tahu beberapa potensi diri kamu yang dapat kamu kembangkan adalah menjadi penulis skenario film, sutradara film, kritikus film, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui potensi diri kamu, kamu tinggal memilih beberapa jurusan yang dapat membantu kamu mengembangkan potensi diri kamu tersebut. Kalau berdasarkan contoh yang sudah Mipi sebutkan di atas, kamu dapat memilih jurusan Sastra, jurusan Film, atau jurusan Ilmu Komunikasi. 

Kenali Gaya Belajar Kamu

Tips berikutnya adalah kamu harus mengetahui gaya belajar kamu. Dengan mengetahui gaya belajar yang cocok untuk diri kamu, kamu jadi tahu cara belajar apa yang paling efektif untuk diri kamu. Secara umum, ada tiga gaya belajar yang dimiliki individu, yaitu:

Gaya Belajar Visual

Sesuai dengan namanya, gaya belajar yang satu ini lebih berfokus pada visual atau gambar. Kalau selama ini kamu merasa kamu lebih mudah belajar dengan penggunaan infografis, ilustrasi, video, atau imajinasi visual lainnya, berarti gaya belajar yang cocok dengan kamu adalah gaya belajar visual ini, Pahamifren.

Buat kamu yang memiliki gaya belajar visual ini, kamu bisa memanfaatkan video belajar Pahamify yang cocok dengan gaya belajar kamu, seperti Video Animasi, Video Blackboard, Infografis, dan Flashcard. Semua fitur gaya belajar visual Pahamify ini udah dirancang agar kamu dapat cepat memahami materi pelajaran yang sedang kamu pelajari dengan cara yang gak ngebosenin. 

Gaya Belajar Auditori

Gaya belajar auditori adalah gaya belajar yang berfokus pada indera pendengaran kamu. Kalau kamu memiliki gaya belajar auditori, kamu akan lebih cepat memahami materi pelajaran dengan cara mendengarkan penjelasan guru kamu, apalagi kalau kelasnya bersifat interaktif. Nah, buat kamu yang memiliki gaya belajar auditori, kamu pas banget, nih, buat ikutan Live Class Pahamify. 

Di Live Class Pahamify kamu akan dibimbing oleh para Rockstar Teacher Pahamify yang berpengalaman dalam mengajar interaktif. Dijamin, deh, belajar persiapan UTBK kamu bakalan terarah dan seru banget. Apalagi para Rockstar Teacher Pahamify juga lulusan universitas terbaik di dalam maupun di luar negeri. 

Jadi, sekalian belajar materi pelajaran yang kamu anggap susah, kamu juga bisa mendapatkan tips menaklukkan UTBK dari Rockstar Teacher!  Oh iya, Live Class Pahamify ini hanya beranggotakan maksimal 30 siswa aja, loh. Makanya para Rockstar Teacher Pahamify bisa fokus ngebantu kamu dan Pahamifren lainnya untuk memahami semua materi pelajaran yang diajarkan.

Gaya Belajar Kinestetik

Kalau kamu gampang memahami materi pelajaran dengan melakukan hal-hal fisik, itu artinya kamu memiliki gaya belajar kinestetik, Pahamifren. Kamu akan lebih gampang memahami materi dengan mempraktikkan langsung materi yang sedang kamu pelajari. Misalnya, saat kamu praktik eksperimen bersama guru kamu atau saat kamu mengunjungi tempat yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang kamu pelajari (seperti pergi ke Museum Kupu-Kupu atau ke Museum Purbakala).

Buat Target Belajar dan Uji Kemampuan Diri Kamu

Tips terakhir dari Mipi adalah buatlah target belajar dan terus uji kemampuan diri kamu. Target belajar berfungsi agar kamu dapat memetakan materi apa saja yang harus kamu pelajari untuk menaklukkan UTBK nanti. Kamu dapat mulai melakukan pemetaan dengan melihat-lihat contoh soal UTBK tahun-tahun sebelumnya. 

Karena kamu masih duduk di kelas 11, kamu dapat memilah beberapa materi yang ada di soal-soal UTBK sesuai dengan materi pelajaran yang sudah kamu pelajari saat di kelas 10 dan saat di kelas 11 sekarang. Kamu fokus dulu saja pada materi-materi kelas 10 dan 11 dan terus uji diri kamu dengan mengerjakan materi-materi tersebut di Bank Soal Pahamify. 

Atau kalau bener-bener bingung mau mulai belajar persiapan UTBK dari mana, kamu bisa memanfaatkan fitur Pegasus Pahamify. Pegasus akan membimbing kamu secara personal, sesuai dengan kemampuan yang sudah kamu miliki saat ini. Jadi, kamu gak akan kebingungan mau mulai belajar pesiapan UTBK dari mana dan kamu akan mendapatkan bimbingan persiapan UTBK yang terencana serta terarah dari Pegasus. Dengan membuat target belajar dan uji kemampuan diri kamu bersama Pahamify dari sekarang, kamu sudah mencuri start belajar persiapan UTBK sejak dini.

Itulah tips curi start belajar persiapan UTBK yang dapat kamu terapkan. Semoga tips dari Mipi ini bisa membantumu lebih mudah mempersiapkan belajar UTBK sejak dini, ya, Pahamifren. Jangan lupa juga untuk download aplikasi bimbel online Pahamify dan manfaatkan semua fitur canggihnya, ya, Pahamifren!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Editor: Adenia Nadira Tuzenitha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *