Pahamifren, siapa nih yang sudah nonton drama Korea Startup? Pasti seru kan? Kamu tim Han Ji Pyeong atau Nam Do San? Meski sudah selesai tayang sejak 6 Desember 2020 lalu, drama korea yang satu ini ternyata masih populer dibahas, lho! 

Kisahnya yang menarik, membuat drama Korea Startup layak dimasukkan dalam daftar rekomendasi drama korea terbaik di penghujung tahun 2020. Start Up mengisahkan tentang perjuangan anak muda menggapai mimpinya dalam membangun perusahaan rintisan. Dibintangi Bae Suzy (Seo Dal Mi), Nam Joo Hyuk (Nam Do San), Kang Ha Na (Seo In Jae), dan Kim Seon Ho (Han Ji Pyeong), drama Korea ini menyuguhkan plot yang menarik diikuti. 

Enggak cuma itu, Pahamifren, jika diamati latar belakang konflik dan suasana yang terjadi pada drama korea Startup, sepertinya sesuai dengan perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia saat ini. Contohnya saja Pahamify, aplikasi belajar online, sekaligus startup pendidikan Indonesia yang keren ini. Hehehe.

Pelajaran Berharga dari Drama Korea “Start-Up”

Banyak pelajaran berharga yang bisa kamu ambil dari drama Korea Startup.

Namun, dibalik kepopulerannya, drakor yang satu ini ternyata menyimpan banyak pesan berharga lho, Pahamifren. Setelah menonton drama Korea Startup, kamu bisa belajar banyak tentang dunia bisnis, investasi, teknologi hingga pelajaran hidup yang dapat memotivasi diri menjadi lebih baik. Kira-kira, pelajaran berharga apa saja yang bisa kamu ambil dari drama besutan Oh Choong Hwan tersebut? Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Tidak Menyesali Keputusan

Dalam episode awal, drama korea Startup mengisahkan Dal Mi yang berasal dari keluarga broken home. Setelah sang kakak (Seo In Jae) memilih pergi bersama sang ibu, Dal Mi tetap memilih setia bersama sang ayah. Saat akan pergi, Seo In Jae mengungkapkan bahwa Dal Mi akan menyesal telah memilih hidup dengan ayahnya. Sementara, In Jae akan hidup nyaman dengan ayah barunya yang kaya raya.

Walaupun pada akhirnya hidup Dal Mi tidak berjalan dengan mudah, dia tak pernah sekalipun menyesali keputusan yang sudah dibuat. Sejak saat itu, Dal Mi berusaha membuktikan kepada kakaknya bahwa keputusan yang ia ambil adalah jalan terbaik hidupnya.

Keteguhan hati Dal Mi dalam menjalani pilihan hidupnya merupakan pelajaran berharga yang dapat kamu petik. Karakter Dal Mi mengajarkan untuk selalu yakin bahwa keputusan yang kamu ambil adalah yang terbaik, meskipun kamu harus menemui berbagai rintangan dan kesulitan nantinya. Hadapi saja dengan tegar dan semangat seperti yang Dal Mi lakukan untuk hidupnya ya, Pahamifren!

Berani Mengambil Risiko

Drama korea yang tayang sejak 17 Oktober 2020 ini memberikan pelajaran berharga tentang berani mengambil risiko mencoba hal baru. Misalnya, ketika Seo Dal Mi mengambil risiko untuk resign dari tempat kerjanya dan mulai menjalani usahanya sendiri.

Hal lain yang mengajarkan tentang sikap berani mengambil risiko yang bisa kamu lihat adalah ketika Han Ji Pyeong menegur Nam Do San dan rekan-rekannya untuk membiarkan Dal Mi mempresentasikan konsep bisnis Samsan Tech. Walaupun mereka tidak tahu Dal Mi mampu atau tidak, tapi mereka mau melakukannya. Keberanian mengambil risiko mencoba hal baru, membawa mereka pada kesempatan yang lebih luas untuk berhasil.

Kritik Menjadi Hal yang Membangun

Satu di antara karakter kunci pada drama Korea Startup, Han Ji Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon Ho kerap menjadi sorotan karena terlalu pedas dalam memberikan kritik. Sebagai mentor dari Samsan Tech, Han Ji Pyeong sering memberikan kritikan pedas secara blak-blakan kepada tim Samsan Tech. 

Terkadang, kritikannya yang terlalu keras itu membuat tim Samsan Tech bersedih dan sakit hati Namun, kesedihan tersebut tidak berangsur lama karena mereka menganggap kritik tersebut sebagai hal yang membangun.

Bagi Seo Dal Mi dan rekan-rekannya, kritikan adalah sebuah proses untuk berkembang menjadi lebih baik. Dalam menerima kritik, Dal Mi lebih memilih menjadi sosok yang berani untuk melakukan evaluasi diri. 

Misalnya, pada saat Samsan Tech membuat proposal modal kerja, Han Ji Pyeong mengkritik isi proposal tersebut secara blak-blakan. Keesokan harinya, Dal Mi langsung memperbaiki kinerjanya sebagai CEO, serta menjadi sosok yang tegas dalam mengambil keputusan tanpa terpengaruh perasaan pribadi maupun perasaan anggota Samsan Tech lainnya.

Jangan Memandang Rendah Orang Lain

Jangan pernah memandang rendah orang lain, menjadi salah satu pelajaran dari drama korea Startup.

Berbeda dari tim Samsan Tech lainnya yang memiliki pendidikan lebih tinggi, Seo Dal Mi hanya memiliki gelar pendidikan sekolah menengah atas. Tapi, hal ini tidak membuat Dal Mi merasa rendah diri dan tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Samsan Tech.

Sayangnya, rendahnya pendidikan Dal Mi ini sempat membuat tim Samsan Tech, seperti Chul San (Yoo Su Bin) dan Yeong San (Kim Dowan) ragu untuk memilih Dal Mi sebagai CEO. Namun, siapa sangka, Dal Mi bisa memutar balikkan pandangan remeh tersebut dengan menunjukkan hasil presentasi perusahaan yang memuaskan dan memikat para juri. Selain sempat diremehkan oleh Chul San dan Yeong San, Dal Mi juga sempat dianggap remeh oleh kakaknya, Seo In Jae.

Melalui drama ini, kita jadi tahu, penting banget untuk tidak memandang rendah orang lain ya, Pahamifren! Karena, enggak ada yang pernah tahu kualitas seperti apa yang sebenarnya mereka miliki. Apalagi, roda kehidupan akan selalu berputar kan?

Berani Bermimpi dan Pantang Menyerah

Sebagai satu di antara rekomendasi drama Korea terbaik 2020, drama Korea Startup juga mengajarkan kita untuk berani bermimpi dan memiliki sikap pantang menyerah. Sikap ini terlihat kuat dari kakak beradik, Seo Dal Mi dan Seo In Jae. Walaupun Seo Dal Mi hanya lulusan SMA, ia berani bermimpi menjadi CEO dan menunjukkan kegigihannya untuk meraih impian tersebut.

Sementara Seo In Jae, walaupun memiliki keluarga angkat yang kaya, In Jae tidak pernah patah semangat untuk meraih kesuksesan dalam bidang bisnis tanpa koneksi dari keluarga ayah tirinya. Ia melakukan banyak cara untuk meraih koneksinya sendiri hingga akhirnya berhasil membuktikan kesuksesannya.

Nah, itu dia beberapa pelajaran hidup berharga yang bisa kamu ambil dari drama Korea Startup. Kamu bisa menjadikan pelajaran berharga tersebut sebagai motivasi belajar dalam meraih impianmu. 

Untuk mendukung prestasi belajarmu, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. Sebagai satu di antara startup pendidikan terbaik di Indonesia, Pahamify selalu menyajikan materi belajar ter-update menggunakan konsep gamifikasi yang seru.

Buat kamu yang lagi ngambis ke PTN impian, kamu juga bisa memanfaatkan latihan soal UTBK dari fitur Try Out Online Gratis Pahamify lho. Tunggu apalagi, yuk unduh Pahamify sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version