Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, perlu kamu ketahui, persiapan kuliah tidak hanya dilakukan saat kelas 12 saja. Kamu bisa merancang persiapan masuk PTN lebih awal agar peluang lolos dan diterima di kampus impian semakin besar. Mengingat tahun ajaran baru untuk kelas 10 & 11 tinggal beberapa bulan lagi, inilah saat yang tepat untuk merancang masa depan kamu.

Jangan sampai, ketika kamu sudah menginjak kelas 12 nanti, kamu belum memikirkan apa pun tentang pendidikan ke jenjang berikutnya. Yuk, mulai lakukan persiapan dari sekarang! Lantas, apa yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan kuliah lebih awal? Berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti.

Pentingnya Merancang Persiapan Kuliah Lebih Awal

Sebelum membahas hal-hal yang bisa dilakukan untuk persiapan kuliah, kamu mesti tahu pentingnya merancang persiapan kuliah lebih awal terlebih dahulu. Sebagian dari kamu mungkin berpikir, memangnya merancang persiapan masuk PTN saat kelas 10 dan 11 nggak terlalu cepat? Lagipula, waktu saat kelas 12 kan masih banyak. Kelas 10 dan 11 buat santai-santai saja lah. Anggapan seperti ini justru keliru, Pahamifren.

Saat berada di kelas 12, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan selain ujian-ujian sekolah dan ujian nasional. Kalau kamu tidak punya bekal persiapan apa pun, kamu akan keteteran dan bingung harus mempersiapkan yang mana terlebih dahulu. Bahkan, bukan tidak mungkin jadwal belajar persiapan kuliah menjadi berantakan.

Selain itu, beberapa jalur seleksi masuk PTN memiliki kategori penilaian dari nilai rapor kelas 10, 11, dan 12. Contohnya nilai rapor untuk SNMPTN. Apabila kamu tidak mempersiapkan nilai akademik dari awal SMA, kamu akan kesulitan mengikuti jalur seleksi tersebut. Itulah sebabnya kamu perlu merancang persiapan kuliah sejak berada di kelas 10 dan 11.

Persiapan Kuliah yang Bisa Dilakukan saat Kelas 10 dan 11

Merancang persiapan kuliah bukanlah hal yang instan. Kamu butuh persiapan yang matang agar tidak salah menentukan apa yang kamu mau nantinya. Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merancang persiapan masuk PTN saat kelas 10 dan 11.

Meningkatkan Prestasi Akademik

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat SMA yaitu meningkatkan prestasi akademik. Meskipun kamu memiliki banyak kegiatan nonakademik saat sekolah, nilai akademik tetap harus menjadi prioritas. Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu jalur seleksi masuk PTN yaitu SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai sistem penilaian kelulusan peserta. Kalau kamu sudah mempersiapkan nilai akademik yang bagus dan terus meningkat hingga kelas 12 nanti, peluang diterima di jalur SNMPTN sangatlah besar.

Untuk meningkatkan prestasi akademik ini, tentunya kamu harus belajar lebih giat. Pahami materi yang guru sampaikan di sekolah dengan baik, kerjakan tugas secara tepat waktu, dan lakukan persiapan ujian PTS maupun PAS secara maksimal untuk menunjang keberhasilan prestasi akademik kamu di sekolah. Jangan lupa bagi waktu antara belajar dan bermain, serta selalu utamakan kejujuran dalam proses belajarmu ya, Pahamifren!

Ikut Ekstrakulikuler, Komunitas, dan Organisasi

Di sekolah, pasti ada banyak sekali kegiatan di luar akademik yang bisa kamu ikuti. Mulai dari ekstrakulikuler, komunitas, hingga organisasi. Kegiatan seperti ini berguna bagi keberlangsungan hidup kamu di kemudian hari, lho. Kamu bisa mengasah soft skill, seperti kepemimpinan, teamwork, rasa tanggung jawab yang pastinya berguna di proses perkuliahan nanti. Selain itu, kamu juga bisa menyalurkan hobi yang kamu suka melalui kegiatan ini.

Keaktifan dan keterlibatan kamu dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, maupun komunitas menjadi bentuk pengembangan diri paling efektif yang bisa kamu lakukan selain di kelas. Apabila kamu menekuni hal ini dengan baik, kamu bisa punya prestasi nonakademik yang berguna untuk seleksi masuk PTN mendatang.

Temukan Minat dan Bakat

Menemukan minat dan bakat sedini mungkin akan memudahkan kamu dalam menentukan jurusan kuliah setelah lulus SMA. Saat kelas 12, kamu mungkin tidak sempat lagi mencari tahu hal ini karena terlalu sibuk menyiapkan berbagai ujian. Maka dari itu, nggak ada salahnya untuk melakukannya di kelas 10 dan 11 agar tidak terlambat dan berakhir salah pilih jurusan. Temukan minat dan bakat dari hal-hal yang kamu sukai atau aktivitas yang paling sering kamu lakukan.

Jika kamu kesulitan menemukan minat dan bakat, cobalah mengikuti tes minat bakat atau berkonsultasi dengan ahli di bidang psikologi dan pendidikan, ya. Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur Minat dan Bakat, sekaligus fitur Konseling dari Pahamify. Lewat fitur Pahamify tersebut, kamu bisa curhat apa pun bersama psikolog profesional, sekaligus mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Keren banget deh pastinya!

Belajar Materi UTBK SBMPTN

Selain SNMPTN, seleksi masuk PTN berikutnya yang menjadi incaran banyak pelajar yaitu SBMPTN. Kriteria penilaian jalur ini yaitu menggunakan nilai UTBK. Agar bisa mendapatkan nilai UTBK yang tinggi dan lolos SBMPTN, kamu perlu belajar materi UTBK SBMPTN sedini mungkin. Pelajari tipe soalnya, mekanisme pelaksanaannya, konsep materi yang sering diujikan, dan persebaran materinya. Jangan lupa perbanyak latihan soal UTBK untuk mengukur sejauh apa pemahaman kamu dalam menguasai materi.

Belajar materi UTBK sejak kelas 10 dan 11 bisa menjadi alternatif apabila kamu gagal dalam SNMPTN. Jadi, kamu sudah punya bekal untuk menghadapi tes UTBK. Sembari belajar materi pelajaran sekolah, kamu bisa meluangkan waktu untuk mencicil materi UTBK. Temukan cara belajar yang efektif agar waktu belajar untuk tugas, PTS, PAS, dan persiapan UTBK dapat berjalan optimal.

Diskusi dengan Orang Tua

Pendidikan kamu tentunya menjadi bagian dari tanggung jawab orang tuamu. Mereka pasti menginginkan hal terbaik untuk masa depan anaknya. Maka dari itu, cobalah berdiskusi dengan mereka mengenai rencana kuliah yang kamu buat, termasuk jurusan kuliah yang ingin kamu ambil atau universitas mana yang ingin kamu tuju. Sampaikan juga tentang hal yang kamu sukai, bakat, dan kelebihanmu.

Dari diskusi tersebut, orang tua kamu bisa mengetahui apa yang kamu mau. Mereka juga akan memberikan saran dan opsi terbaik untuk persiapan kuliah. Agar orang tua kamu bisa memantau perkembangan pendidikanmu, kamu bisa menyarankan mereka untuk gabung di PahamiParent Community.

Lewat komunitas ini, orang tua kamu bisa mendapatkan akses ke Webinar Eksklusif Pahamify seputar parenting dan pendidikan bersama psikolog dari Pahamify secara gratis setiap minggunya. Gabung sekarang dengan mengisi form link ini, ya.

Nah, itu dia beberapa tips persiapan kuliah yang bisa kamu lakukan sejak kelas 10 dan 11 SMA. Buat yang ingin meningkatkan nilai akademik dan mempersiapkan PAS, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify di sini.

Dilengkapi video materi berkonsep gamifikasi, kelas online, serta fitur-fitur keren lainnya, Pahamify bisa membantumu belajar online di rumah dengan cara menyenangkan dan bikin paham. Kamu juga bisa mengikuti Try Out PAS agar lebih siap #TaklukkanPAS.

Khusus buat kamu yang mau ambis masuk PTN lebih awal, gunakan fitur Try Out Pahamify untuk latihan soal UTBK. Ayo, raih kampus impian bareng Pahamify!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll