Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo Pahamifren! Memasuki dunia kuliah adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setelah lulus SMA. Bayangan melepaskan diri dari seragam putih abu-abu sudah di depan mata. Tapi, tunggu dulu. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum menjadi “anak kuliahan”.

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minatmu

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu langkah penting untuk membuka pintu menuju masa depanmu. Untuk itu, kamu harus memilih jurusan atau program studi kuliah yang sesuai dengan minat dan keinginan. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan dan menyia-nyiakan waktumu mempelajari sesuatu yang tidak kamu senangi.

Lalu, bagaimana jika kamu sendiri tidak tahu apa minat atau keinginanmu. Nah, caranya sederhana. Bayangkan diri kamu dalam empat sampai lima tahun mendatang. Apa yang ingin kamu lakukan empat atau lima tahun dari sekarang? Kira-kira, pekerjaan apa yang kamu inginkan di masa mendatang? Dari hal tersebut kamu bisa mencari tahu, kira-kira jurusan apa yang cocok dengan keinginan kamu.

Kalau kamu masih ragu, kamu juga bisa menggunakan Fitur Minat dan Bakat dari Pahamify. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog dari Pahamify tentang minat dan pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan minatmu.

Ketahuilah bahwa gaya mengajar dosen tidak sama dengan guru

Salah satu hal yang kamu sadari ketika mulai memasuki bangku kuliah adalah betapa berbedanya dosenmu dengan guru di masa sekolahmu ketika menjelaskan materi. Ketika masa sekolah, guru akan menjelaskan secara detil materi yang diajarkannya. Namun ketika kuliah, tidak jarang dosen hanya memberikan garis-garis besar materinya saja, kemudian meminta mahasiswanya untuk mencari lebih lanjut dari berbagai sumber yang bisa ditemukan, ataupun buku, jurnal, ataupun artikel.

Pada masa kuliah, kamu memang akan dituntut untuk lebih banyak membaca dan memahami lebih banyak materi-materi kuliah dibandingkan saat sekolah. Hal ini untuk mengasah kemampuan kamu untuk berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis akan sangat bermanfaat ketika kamu memasuki dunia kerja. Jadi, jangan mengeluh kalau materi kuliah yang harus kamu baca dan pahami jadi lebih banyak, ya!

Berusahalah aktif dengan kegiatan di luar kampus

Tentu saja, kegiatan akademik adalah prioritas nomor satu. Tapi, ada banyak hal yang tidak dapat kamu pelajari di bangku kuliah dan hanya bisa kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan di luar kampus. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti kegiatan luar kampus, baik itu mengikuti organisasi mahasiswa, komunitas, ataupun kegiatan volunteer.

Kegiatan-kegiatan di luar kampus mengajarkan kamu banyak hal. Mulai dari kepemimpinan, kerja sama tim, public speaking bahkan keterampilan-keterampilan yang tanpa kamu sadar akan bermanfaat di masa mendatang, seperti content writing, desain grafis, fotografi, videografi, bahkan event organizing. Jangan salah, keterampilan-keterampilan ini akan sangat bermanfaat loh, ketika nanti kamu bekerja.

Belajarlah menulis ilmiah

Pada akhir masa kuliah, kamu akan dihadapkan pada skripsi atau tugas akhir. Namun, sebelum itu kamu juga akan dihadapkan dengan tugas-tugas mata kuliah berupa makalah atau esai. Tugas makalah atau esai ini tentunya tidak jauh-jauh dari keterampilan menulis ilmiah. 

Keterampilan menulis ilmiah ini tidak hanya bermanfaat ketika mengerjakan tugas atau skripsi lho. Artikel ilmiah bisa kamu ikut sertakan dalam berbagai lomba karya ilmiah. Kalau kamu penasaran, bagaimana cara menulis artikel yang baik, kamu bisa memulainya dengan memahami cara penulisan esai yang sudah Pahamify jelaskan pada artikel sebelumnya.

Bagaimana, sudah siap memasuki dunia kuliah? Kuliah adalah pendidikan yang bakal mendorong kamu untuk belajar lebih fokus lagi dalam satu bidang. Jadi, pastikan kamu memilih jurusan yang tepat dan kamu serius menjalaninya.

Nah, buat kamu kelas 12 yang masih dalam proses menuju PTN impian, ada baiknya kamu lebih giat lagi untuk belajar. Karena kamu akan bersaing dengan ratusan ribu teman kamu dalam seleksi masuk universitas di tahun 2021.

Kamu harus mulai menyiapkan program belajar yang efektif agar belajar kamu jadi gak sia-sia. Pahamify akan siap menemani proses belajar kamu selama setahun ke depan. Apalagi kamu bisa berlangganan paket belajar dengan promo diskon 90% untuk paket belajar selama 3 dan 6 bulan.

Yuk download aplikasi Pahamify, dan raih impianmu!

Penulis: Alivia Awin

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog