Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Halo Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang suudah menentukan jurusan kuliah terbaik? Sebagian dari kamu tentu bercita-cita masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit kan? Sebenernya kuliah itu nggak mesti di kampus berbasis universitas lho. Banyak kampus berbasis politeknik terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Nah, sebelum lebih jauh, sudah tahu belum apa perbedaan politeknik dan universitas? Jadi gini Pahamifren, universitas adalah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan akademis demgam cakupan bidang studi yang lebih luas.

Sedangkan politeknik umumnya hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional (D1, D2, D3, dan D4). Pendidikan vokasi bisa juga dikatakan sebagai kejuruan yang cakupan ilmunya lebih spesifik dan lebih banyak praktikumnya. 

Jadi, saat seorang mahasiswa politeknik lulus, ia akan memiliki keahlian spesifik di bidang yang diambilnya saat kuliah dulu. Itu lah mengapa lulusan politeknik cukup mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Saat ini, cukup mudah menemukan politeknik terbaik di Indonesia yang memiliki bidang studi favorit lho. Prospek kerja lulusan politeknik juga terbilang bagus, karena lulusannya sudah terlatih pada sebuah bidang keahlian.

Buat Pahamifren yang ertarik kuliah di politeknik, Mipi punya rekomendasi beberapa politeknik terbaik di Indonesia dan jurusannya nih. Apa saja daftar politeknik tersebut? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Banyak pilihan politeknik terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi kampus favorit.

Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia dan Jurusannya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik yang berlokasi di Surabaya ini sudah nggak diragukan lagi kualitasnya. Termasuk dalam daftar politeknik terbaik di Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) awalnya bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi (PET) pada tahun 1988. 

Saat pertama didirikan, PET merupakan hasil kerja sama pemerintah Jepang dengan pemerintah Indonesia melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Seiring perkembangannya, PET berganti nama menjadi Politeknik Elektronik Surabaya (PES) pada tahun 1991, sekaligus menjadi bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Pahami dan  Belajar Online Nggak Pake Mahal, Diskon 75% Untuk Semua Paket Pahamify

Pada tahun 2012 silam, PES dipisahkan dari ITS atas pertimbangan keduanya adalah dua institusi yang berbeda. Pemisahaan antara PES dan ITS ini akhirnya membuat PES berganti nama lagi menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Pada tahun 2020 ini, PENS berhasil meraih peringkat pertama politeknik terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti dan Webometrics. Civitas PENS juga memiliki sederet prestasi dalam bidang robotika. Maka nggak heran kalau PENS ini sangat terkenal dengan tim robotiknya. 

Jurusan Terbaik di PENS

PENS memiliki 5 program studi D1, 4 akademi komunitas program studi D2, 3 departemen program studi D3, dan 4 departemen program studi D4. Selain itu, PENS merupakan politeknik pertama di Indonesia yang membuka program pascasarjana (S2) Terapan. 

Nggak usah ragu deh untuk memilih PENS menjadi daftar kampus impianmu, apalagi hampir semua program studi PENS sudah terakreditasi A seperti Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, dan Teknik Komputer.

Politeknik Negeri Semarang

Politeknik yang berdiri pada tahun 1982 ini awalnya bernama Politeknik Universitas Diponegoro. Namun, pada tanggal 6 Agustus 1997, Politeknik Universitas Diponegoro ini akhirnya melepaskan diri dari Universitas Diponegoro dan mulai berdiri mandiri dengan nama Politeknik Negeri Semarang (POLINES). 

Pada tahun 2020 ini, POLINES yang berlokasi di Tembalang, Semarang ini berhasil menduduki peringkat ke-4 politeknik terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. POLINES memiliki 5 jurusan program studi D3 dan D4, yang terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis. 

Jurusan Terbaik di POLINES

Sebagian besar program studi dari kelima jurusan tersebut juga sudah terakreditasi A. Nah, kalau kamu berminat masuk POLINES, kamu bisa memilih beberapa program studi terbaiknya, seperti Konstruksi Gedung, Konstruksi Sipil, Komputerisasi Akuntansi, Perbankan Syariah, Akuntansi, Manajemen Bisnis Internasional, Administrasi Bisnis, dan Manajemen Pemasaran.

Pahami dan  Boleh Dicoba, Ini Dia Tips Mudah Belajar Online di Masa Pandemi

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Khusus buat kamu yang ingin mengambil kuliah politeknik di luar pulau Jawa, kampus yang satu ini wajib masuk dalam daftarmu. Sebelumnya Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh ini bernama Politeknik Pertanian Universitas Andalas. Barulah pada bulan Oktober 2014 berganti nama menjadi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. 

Politeknik yang berdiri pada tahun 1980 ini terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Soal prestasi jangan ditanya, pada tahun 2020 ini politeknik yang berfokus pada pengembangan bidang ilmu pertanian ini berhasil menduduki peringkat ke-5 politeknik terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. 

Jurusan Terbaik di Politeknik Negeri Payakumbuh

Politeknik Negeri Payakumbuh memiliki 3 jurusan dengan 10 program studi, yang terdiri dari 8 program studi D3 dan 2 program Sarjana Sains Terapan (S.TRp).

Tiga Jurusan tersebut adalah Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan, dan Teknologi Pertanian. Program studi terbaik Politeknik Negeri Payakumbuh ini adalah Agribisnis Pertanian dan Peternakan.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Buat Pahamifren yang ingin kuliah di bidang kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Poltekkes Malang) bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Politeknik kesehatan terbaik di Indonesia 2020 ini berhasil menduduki peringkat ke-3 politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics. 

Poltekkes Malang merupakan salah satu dari 32 politeknik kesehatan yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Awalnya Poltekkes Malang didirikan dengan nama Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Malang, barulah pada tahun 2007 politeknik ini berganti nama menjadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. 

Jurusan Terbaik di Poltekkes Malang

Poltekkes Malang ini memiliki 4 jurusan dengan 13 program studi D3 dan 7 program studi D4. Beberapa program studi terbaik Poltekkes Malang adalah Kebidanan, Keperawatan, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Analisis Farmasi dan Kesehatan, Teknologi Bank Darah, dan Gizi.

Pahami dan  Menguap Bisa Menular, Benar Enggak, Sih?

Politeknik Negeri Ujung Pandang

Sesuai namanya, politeknik yang awalnya bernama Politeknik Universitas Hasanuddin berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada tahun 1997, kampus ini memisahkan diri dari Universitas Hasanuddin (Unhas) dan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Tahun ini, PNUP berhasil menduduki peringkat ke-6 politeknik terbaik di Indonesia, sekaligus menjadi politeknik terbaik di wilayah Indonesia Timur. PNUP memiliki 6 jurusan yang menaungi 22 program studi dan 1 kelas kerja sama. 

Jurusan Terbaik di PNUP

Beberapa program studi terbaik PNUP adalah Teknik Konversi Energi, Akuntansi Manajerial, Teknik Konstruksi Gedung, Teknik Konstruksi Sipil, Administrasi Bisnis, Teknik Otomotif, Teknik Mekatronika, Teknik Manufaktur, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Teknologi Kimia Industri.

Nggak dapat PTN favorit? Tenang masih banyak politeknik terbaik di Indonesia dengan jurusan yang keren.

Solusi Mengejar Kampus Impian

Nah, itu dia beberapa politeknik terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi untuk melanjutkan studi setelah SMA. Gimana, keren-keren kan? Sebenarnya masih banyak daftar politeknik keren lainnya di Indonesia. 

Bagi Pahamifren yang ingin berkuliah di politeknik, kamu tentu harus mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki. Karena, kuliah di politeknik mengharuskan kamu mempelajari bidang keilmuan yang spesifik. Untuk mengetahui jurusan kuliah terbaik sesuai minat, kamu bisa menggunakan fitur konseling minat dan bakat dari aplikasi belajar online Pahamify.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog