Pahamifren, bicara tentang biologi memang nggak ada habisnya ya. Nah, kali ini Mipi akan mengajak kamu membahas materi tentang Ruang Lingkup Biologi kelas 10 nih. Sebelumnya, kamu sudah tahu dong tentang ilmu biologi?

Yap, benar sekali, biologi adalah suatu ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan  hubungan antar makhluk hidup. Tentunya kita sebagai bagian dari makhluk hidup, saling berhubungan dengan makhluk hidup lain kan? 

Contoh yang paling sederhana bisa kita temui saat kita makan sehari-hari. Kamu makan daging hewan, lalu hewan yang kamu makan memakan tumbuhan, tumbuhan yang dimakan hewan memerlukan karbondioksida dan melepaskan oksigen ke udara. Oksigen yang dilepaskan tumbuhan kita hirup, sementara sistem ekskresi kita mengeluarkan karbondioksida.

Dari analogi sederhana ini kamu tentu sudah paham kan kenapa makhluk hidup saling membutuhkan? Itulah mengapa pada materi ruang lingkup biologi kelas 10 akan dibahas mengenai struktur makhluk hidup mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Tingkatan Ruang Lingkup Biologi

Pada materi ruang lingkup biologi kelas 10, dijelaskan tingkatan ruang lingkup biologi, hingga manfaatnya bagi kehidupan.

Berikut adalah tingkatan pada ruang lingkup biologi yang harus kamu ketahui, antara lain:

Molekul 

Molekul adalah gabungan dari dua atau lebih unsur atom. Molekul juga merupakan partikel terkecil dari suatu unsur atau senyawa. Sebagai komponen materi jamak, molekul terdapat pada zat organik dan biokimia. Molekul menjadi unsur penyusun sebagian besar samudera dan atmosfer.

Dalam ruang lingkup biologi molekuler, unsur yang dikaji meliputi pengetahuan tentang asam  nukleat, lemak, karbohidrat, dan protein. 

Sel 

Sel merupakan suatu unit struktural dan fungsional dari makhluk hidup. 

Jaringan 

Jaringan terbentuk dari beberapa sel dimana sel-sel tersebut memiliki fungsi dan  bentuk yang sama, misalnya, jaringan pada hewan, jaringan otot, jaringan pada  tumbuhan. 

Pahami dan  Materi Ekonomi Kelas 12: Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Organ 

Organ terbentuk dari jaringan-jaringan yang memiliki fungsi tertentu misalnya daun,  batang, dan akar yang ada pada tumbuhan, atau organ yang ada pada hewan. 

Sistem Organ

Sistem organ terdiri dari organ-organ yang saling bekerja dan berinteraksi secara  sinergis ,misalnya sistem peredaran darah, sistem gerak, sistem pencernaan, dan  sistem pernapasan.

Organisme  

Organisme merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yang saling bekerja sama  menjalankan fungsi kehidupan. 

Populasi  

Populasi adalah kumpulan dari individu yang sejenis yang menempati suatu daerah  tertentu misalnya populasi manusia atau hewan tertentu. 

Komunitas  

Komunitas merupakan suatu kumpulan populasi-populasi atau beberapa populasi  yang menempati suatu wilayah tertentu misalnya populasi dalam suatu kebun. 

Ekosistem 

Ekosistem merupakan kesatuan antara komunitas dengan lingkungan tempat  hidupnya yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik ,misalnya ekosistem  pantai, ekosistem danau, ekosistem hutan. 

Bioma  

Bioma adalah suatu kumpulan dari berbagai ekosistem yang membentuk suatu  kesatuan ekosistem dunia atau global. 

Bagaimana Pahamifren, masih sanggup belajar ruang lingkup Biologi? Dari tingkatannya saja kamu tentu sudah menebak jika ilmu biologi sangatlah luas ya. Biar nggak bingung, lebih baik kita bahas lagi mengenai apa sih peran biologi bagi kehidupan kita?

Materi ruang lingkup biologi kelas 10 juga memberi pemahaman, betapa ilmu biologi yang luas sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungannya.

Peran Biologi Untuk Manusia  

Dalam perkembangannya, ilmu biologi telah memberikan banyak manfaat bagi  manusia. Semua aktivitas yang kita lakukan, kebutuhan-kebutuhan dalam hidup kita,  terutama dalam permasalahan yang kita hadapi di masa modern ini ada kaitannya  sama biologi. 

Penerapan ilmu biologi diperlukan juga dalam mempelajari perubahan iklim, pemenuhan kebutuhan sandang dan pangan, kebutuhan bahan  bakar, kemunculan berbagai penyakit baru, dan mengukur populasi manusia yang terus  berkembang. 

Peran Biologi Untuk Lingkungan 

Tanpa kamu sadari, sebenarnya penerapan ilmu biologi ini terjadi di sekitar kita lho. Misalnya ketika kamu sedang berjalan-jalan di suatu taman kota, kamu akan menemui dimana tanaman hijau yang segar, pepohonan di sekitar jalan raya yang berjejer rapi, dan berbagai tumbuhan lain.

Pahami dan  Belajar Lebih Fokus Dengan Teknik Belajar Pomodoro

Keberadaan tumbuhan ini berdampak pada kualitas udara di sekitar taman. Udara menjadi lebih segar, bebas polusi dan menyejukkan. Kenapa bisa begitu? Karena tumbuhan memiliki peran untuk menyerap polusi udara di sekitarnya.

Asap yang dihasilkan dari kendaraan atau pabrik merupakan karbondioksida. Tumbuhan memerlukan karbondioksida untuk tumbuh. Saat fotosintesis, tumbuhan akan menghasilkan oksigen yang pada akhirnya kita butuhkan untuk bernapas. 

Adanya taman yang asri di pusat kota merupakan andil dari ilmu biologi lho Pahamifren. Setiap penataan ruang, selalu ada ahli biologi yang terlibat dalam perancangannya. Mereka akan mempelajari dulu jenis tanaman yang cocok untuk lokasi padat kendaraan seperti taman kota.

Berbekal ilmu biologi, setiap tanaman yang tumbuh di perkotaan dirancang sedemikian rupa agar tetap tumbuh tanpa merusak konstruksi jalan, atau membahayakan pengguna jalan.

Nah itu dia materi ruang lingkup kelas 10 yang bisa Mipi bagikan. Jika kamu ingin mempelajari materi pelajaran SMA dengan cara mudah dan menyenangkan, kamu bisa mendownload aplikasi pelajaran SMA Pahamify.

Ada ratusan video pembelajaran seru yang bisa kamu dapatkan saat berlangganan Pahamify. Jangan lupa juga untuk menonton ulasan materi menarik lainnya di channel YouTube Pahamify ya.

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog