Kamu sudah baca artikel Pahamify mengenai aturan sekolah tatap muka kan? Sudah tahu kan, kalau mulai Januari 2021,  proses belajar online di rumah sudah bisa dipindahkan menjadi pembelajaran sekolah tatap muka.

Artinya, kamu sudah bisa nih pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-temanmu, serta mengikuti proses pembelajaran secara langsung. Wah, pasti enggak sabar kan?

Namun tetap perlu kamu ingat, meski sekolah tatap muka sudah boleh dilakukan, bukan berarti kamu bisa berperilaku seperti sebelum pandemi. Untuk memastikan kamu tetap aman, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan berbagai persiapan. 

Tips Tetap Aman saat Sekolah Tatap Muka

Biar persiapan sekolah yang kamu lakukan semakin matang, Mipi akan memberikan beberapa tips agar tetap aman saat sekolah tatap muka selama pandemi. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Mengecek Kondisi Tubuh sebelum Berangkat Sekolah Tatap Muka

Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan kamu selalu mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Tujuannya, agar kamu tahu kondisi tubuhmu sedang sehat atau tidak.

Mengencek suhu tubuh, menjadi satu di antara cara aman sekolah tatap muka di masa pandemi.

Kalau kamu merasa panas, kurang enak badan, atau mengalami gejala kesehatan yang lain, lebih baik kamu tetap belajar di rumah untuk sementara waktu. Dengan begitu, kamu bisa mencegah penularan penyakit baru kepada dirimu maupun orang lain.

Jangan lupa minta izin kepada Bapak/Ibu guru untuk tidak mengikuti pelajaran karena sedang tidak enak badan. Agar tak ketinggalan pelajaran, kamu bisa meminta materi kepada Bapak/Ibu guru atau teman-teman tentang materi apa yang harus dipelajari serta tugas apa yang harus dikerjakan.

Mengukur Suhu Tubuh saat di Sekolah

Kalau kamu dalam kondisi tubuh yang fit dan siap untuk pergi ke sekolah, pastikan kamu rutin mengecek suhu tubuh saat di sekolah. Pada dasarnya, pihak sekolah akan memeriksa suhu tubuh menggunakan thermogun saat kamu akan memasuki area sekolah. Namun, sebaiknya kamu juga melakukannya secara rutin, bisa setiap masuk sekolah, istirahat, maupun sebelum pulang sekolah.

Jika saat mengukur suhu tubuh, suhunya berada di angka 36-37,5 derajat Celcius, berarti tubuhmu diperkirakan dalam kondisi normal. Sementara jika suhunya di atas 37,5  derajat Celcius, maka pihak sekolah akan menyuruh kamu untuk pulang dan belajar di rumah, atau membawa kamu ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

Membawa Bekal Makanan dan Peralatan Belajar Sendiri

Pembelajaran pada sekolah tatap muka akan dilaksanakan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan biasanya. Waktu di sekolah lebih dimaksimalkan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga tidak ada jam istirahat di luar kelas. Jadi, tidak ada kesempatan untuk kamu makan di kantin atau bermain di lapangan bersama teman-teman.

Tapi jangan khawatir, Bapak/Ibu guru tentu akan memberikan kesempatan waktu untuk makan atau minum jika kamu sudah merasa lapar atau haus selama mengikuti pelajaran. Itulah sebabnya penting buat kamu membawa bekal makanan sendiri.

Enggak cuma itu, sebaiknya kamu juga menggunakan peralatan belajar sendiri tanpa meminjam barang teman. Membawa bekal makanan dan peralatan belajar sendiri bisa menjadi cara efektif yang bisa kamu terapkan untuk meminimalkan kontak fisik dengan teman.

Selalu Mengenakan Masker

Sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, kamu harus selalu mengenakan masker saat sekolah tatap muka. Jangan lupa bawa juga masker cadangan sebagai pengganti apabila masker yang kamu pakai kotor. Pastikan masker tersebut dalam kondisi bersih dan higienis, ya.

Apabila kamu sudah merasa sesak karena terlalu lama menggunakan masker, sebaiknya kamu meminta izin kepada Bapak/Ibu guru untuk keluar sebentar.

Kamu bisa menuju ke tempat dengan udara yang bersih, seperti taman sekolah untuk sekadar menghirup udara segar. Setelah itu, segera masuk lagi ke dalam kelas agar tidak ketinggalan materi pelajaran yang disampaikan Bapak/Ibu guru.

Rajin Mencuci Tangan

Sabun dapat membunuh kuman, virus dan bakteri yang menempel di tanganmu. Rajin mencuci tangan, jadi salah satu cara aman sekolah tatap muka di masa pandemi.

Selama pembelajaran tatap muka, sekolah wajib menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan tisu. Dengan adanya fasilitas ini, kamu harus rajin mencuci tangan agar tetap aman dan terhindar dari virus COVID-19. Cuci tangan kamu sesering mungkin, seperti sebelum masuk kelas, setelah memegang benda, setelah dari kamar mandi, dan sebagainya.

Selain mencuci tangan menggunakan air dan sabun, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih dari kuman. Selalu bawa hand sanitizer ke mana pun. Anggaplah benda ini sebagai salah satu bekal perlengkapan belajar di sekolah selama masa pandemi COVID-19.

Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Tips agar tetap aman selama pembelajaran tatap muka selanjutnya adalah mengusahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Paling tidak, kamu harus menjaga jarak sekitar 1,5 meter saat berinteraksi dengan orang. Hindari berhadap-hadapan dengan orang lain dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan virus melalui perantara udara pernapasan. Enggak cuma menjaga jarak, kamu juga harus menghindari kontak fisik dengan teman ya, Pahamifren.

Jangan Cemas Berlebihan

Kecemasan yang berlebih hanya akan memunculkan sikap overprotective terhadap diri sendiri. Wajar memang perasaan cemas muncul saat kamu melakukan sekolah tatap muka saat pandemi, yang tentunya hal baru buatmu.

Pasti ada rasa khawatir dan takut tertular saat berinteraksi dengan orang lain, atau khawatir tidak bisa mengikuti materi pelajaran karena terbiasa dengan belajar online di rumah. Namun, kamu juga perlu memikirkan dampaknya terhadap proses belajarmu.

Jika kamu tidak bisa mengendalikan kecemasan itu, bisa-bisa kamu jadi tidak fokus dengan materi pelajaran yang disampaikan Bapak/Ibu guru. Karena terlalu takut tertular virus saat berinteraksi, kamu pun akhirnya memilih tidak berinteraksi dengan orang lain, dan membuat dirimu tidak nyaman sendiri. Itu keputusan yang tidak tepat ya, Pahamifren. Maka dari itu, sebaiknya hindari kecemasan berlebih karena bukannya memberikan solusi, namun justru memperkeruh situasi.

Nah, Pahamifren, itu dia beberapa tips agar aman sekolah tatap muka di masa pandemi. Perlu kamu ingat, sebelum melakukan pembelajaran tatap muka ini, pastikan kamu mendapatkan persetujuan dari orang tuamu di rumah, ya.

Apabila orang tuamu masih khawatir dengan kondisi pandemi COVID-19, sebaiknya kamu tetap belajar online di rumah. Buat kamu yang ingin meningkatkan nilai mata pelajaran, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify.

Ada ratusan video pembelajaran berkonsep gamifikasi yang membuat belajar semakin seru dan menyenangkan. Khusus buat kamu yang lagi ngambis ke PTN favorit, kamu juga bisa memanfaatkan fitur try out online gratis dari Pahamify.

Dapatkan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu manfaatkan untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021. Agar persiapan UTBK-mu semakin matang, kamu bisa mengikuti Pahamify Accelerator Program (PAP).

Program ini dirancang khusus sebagai sarana latihan menghadapi UTBK yang intensif. Terbukti, pada PAP sebelumnya, sebanyak 88 persen peserta berhasil lolos UTBK dan masuk ke PTN impian mereka.

Tunggu apalagi, yuk download Pahamify sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Simak 7 Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi

Vikni Indriyani
June 5, 2021 at 2:59 am

Terimakasih tips-tips dalam artikel ini sangat membantu.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version