Pahamifren, enggak terasa UTBK SBMPTN 2021 sudah semakin dekat. Kamu yang lagi ngambis PTN favorit, sudah siap menghadapi UTBK 2021? Nah, biar kamu lebih siap, ada baiknya jika kamu mempelajari materi dan tipe soal yang diujikan. Misalnya, tipe soal TKA dan soal TPS UTBK.

Materi dan tipe soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) mungkin sudah tidak asing bagi kamu karena materi yang diujikan masih berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah. Lantas, bagaimana dengan materi dan tipe soal TPS UTBK?

Nah, kali ini, Mipi mau mengajak kamu mengenal lebih jauh tentang tipe soal yang bakal muncul di UTBK SBMPTN 2021. Baca artikel ini sampai selesai.

Sudah siap lolos UTBK 2021? Selain soal TKA, ada soal TPS UTBK yang harus kamu pelajari. Seperti apa sih soal TPS UTBK 2021?

Soal TPS UTBK

Apa sih sebenarnya soal TPS UTBK itu? Umumnya, soal TPS UTBK dibuat berbeda dengan soal TKA. Soal ini dibuat untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang meliputi penalaran dan pemahaman peserta pada sebuah informasi.

Lewat soal TPS UTBK ini, pihak penyelenggara seleksi masuk perguruan tinggi dapat mengetahui apakah seorang siswa mempunyai potensi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi atau tidak, selain dari penilaian akademiknya.

Perlu kamu ketahui, kemampuan kognitif ini bukan sesuatu yang baru, ya. Sebenarnya, secara tidak langsung kamu sudah mengeksplorasi kemampuan ini selama sekolah.

Misalnya, saat kamu berhasil memahami rumus matematika yang diberikan Bapak/Ibu guru, memecahkan permasalahan dalam diskusi kelompok, menganalisis pertumbuhan atau perkembangan makhluk hidup, dan sebagainya.

Hanya saja, di soal TPS UTBK, kemampuan kognitif kamu akan diuji lebih kompleks lagi. Meski demikian, jangan merasa terintimidasi dulu dengan materi UTBK TPS, ya!

Materi UTBK TPS

Membahas mengenai materi UTBK TPS, materi tes yang diujikan akan dibagi menjadi empat subtes. Setiap materi subtes tersebut memiliki tujuan pengukurannya masing-masing. Cakupan materi pada setiap subtes tersebut adalah sebagai berikut:

Penalaran Umum

Materi UTBK TPS Penalaran Umum akan mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan kamu dalam memilih maupun menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis.

Pada materi ini, kamu perlu memahami bagaimana cara memperoleh informasi dari sebuah data berupa paragraf teks, kurva, grafik, maupun tabel. Kamu harus menganalisis data-data tersebut secara cermat untuk mendapatkan informasi dan kesimpulan yang benar.

Pahami dan  Mengenal Teknik Belajar LOTS: Cara Belajar Populer Tapi Tidak Efektif

Pengetahuan Kuantitatif

Materi ini diujikan guna mengukur kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep Matematika. Kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis sangat dibutuhkan untuk menguasai materi ini, Pahamifren.

Secara garis besar, materi Pengetahuan Kuantitatif akan menguji kemampuanmu dalam menganalisis sebuah masalah. Biasanya, materi yang diujikan berupa aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Soal TPS UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta UTBK SBMPTN.

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum menguji kemampuanmu dalam membaca, mencermati, serta memahami isi teks. Jadi, soal TPS UTBK untuk materi ini sebagian besar adalah teks bacaan. Nantinya, materi ini akan terbagi menjadi 2 subtopik, yaitu topik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk menguasai materi ini, kamu perlu melatih kemampuan bahasa Inggris, Pahamifren. Enggak cuma itu, kamu harus memperluas wawasan bahasa Indonesia lewat berbagai teks bacaan agar mengetahui lebih banyak kosakata, antonim, sinonim, maupun idiom.

Pemahaman Bacaan dan Menulis

Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis ini sebenarnya hampir sama dengan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum, yaitu mengukur kemampuan memahami suatu teks bacaan. Secara umum, soal-soal materi ini lebih menuntut kamu bisa memahami inti paragraf, simpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat.

Jika dilihat sepintas, materi ini memang terlihat mudah. Namun, tentunya kamu tetap membutuhkan kecermatan dan ketelitian untuk bisa menjawabnya. Jadi, jangan menganggap sepele materi yang satu ini ya, Pahamifren.

Tipe Soal TPS UTBK

Tipe-tipe soal TPS UTBK dibagi berdasarkan materi yang diujikan. Mari kita bahas satu per satu tipe soal TPS tersebut.

Penalaran Umum

Ada tiga tipe soal TPS UTBK untuk materi Penalaran Umum, antara lain:

  • Kesesuaian pernyataan, yaitu soal yang menuntut kamu harus memahami isi tabel, teks, grafik, atau diagram sesuai konteks.
  • Simpulan logis, yaitu tipe soal yang menuntut kamu membuat kesimpulan logis tentang sesuatu yang akan terjadi berdasarkan teks.
  • Penalaran analitik, yaitu soal-soal yang baru bisa kamu jawab setelah menganalisis data.

Pengetahuan Kuantitatif

Tipe soal Pengetahuan Kuantitatif pada UTBK 2021, meliputi:

  • Soal pilihan ganda, yaitu soal yang biasanya digunakan untuk soal logika dasar atau Matematika level dasar.
  • Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4). Kamu hanya perlu menjawab informasi yang benar berdasarkan pernyataan yang diberikan.
  • Analisis kecukupan data, yaitu tipe soal yang berisi sebuah pertanyaan dan dua informasi. Kamu perlu menganalisis informasi tersebut untuk menemukan jawaban yang benar.
  • Analisis perbandingan dua nilai, yaitu tipe soal yang menyajikan informasi, sekaligus dua buah variabel (misal P dan Q). Tipe soal ini menuntut kamu untuk mencari hubungan kedua variabel, sekaligus menentukan mana variabel yang nilainya lebih besar.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Seperti yang dibahas sebelumnya, materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum dibagi menjadi dua subtopik, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Tipe soal pada setiap subtopik tersebut, meliputi:

  • Pada soal bahasa Inggris, tipe soalnya berupa pertanyaan tentang inti bacaan dan kesimpulan dari suatu teks.
  • Pada soal bahasa Indonesia, tipe soalnya berupa ide pokok, kelebihan dan kelemahan paragraf, penulisan kata, hubungan antarparagraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, serta kalimat efektif.
Pahami dan  Pejuang PTN Wajib Tahu, Begini Urutan Jadwal Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif

Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tipe soal untuk materi ini hampir sama dengan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum, yaitu berupa pertanyaan mengenai ide pokok, kesimpulan, inti paragraf, serta kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Cara Mudah Mengerjakan Soal UTBK

Sudah tahu materi dan tipe soalnya, lantas bagaimana cara mudah mengerjakannya, ya? Berikut cara mudah mengerjakan soal TPS UTBK yang bisa kamu ikuti.

Baca Soal Terlebih Dahulu

Membaca soal terlebih dahulu membuatmu lebih mudah memahami teks bacaan. Enggak cuma itu, kamu juga bisa menghemat waktu ujian. Kalau kamu membaca teks bacaan terlebih dahulu, baru kemudian membaca soal, ada kemungkinan kamu lupa dengan teks bacaan tersebut. Akhirnya, kamu harus baca lagi dari awal. Jadi kebuang sia-sia deh waktu ujiannya!

Khusus bacaan teks yang panjang, ada baiknya kamu membaca menggunakan teknik skimming dan scanning, ya. Mipi sudah pernah membahas teknik tersebut dalam artikel Skimming dan Scanning: Teknik Membaca untuk Persiapan TPS UTBK. Teknik skimming dan scanning ini bisa membuat waktu ujianmu lebih efektif, lho! 

Utamakan Ketelitian dan Penalaran

Kunci sukses mengerjakan soal TPS UTBK adalah ketelitian dan penalaran. Hal yang dapat dilakukan untuk memiliki kedua kemampuan tersebut yaitu membaca data yang disajikan pada soal secara cermat dan cepat. Membaca data secara cermat dan cepat bukan berarti kamu harus membaca keseluruhan data, ya.

Cukup perhatikan soal dan pernyataan-pernyataan pada pilihan jawaban, lalu temukan kata kunci yang memiliki makna sama di teks yang tersedia. Pilihan jawaban yang benar biasanya ada pernyataan teks yang sama persis di pilihan jawaban, atau pilihan jawaban memiliki makna yang sama dengan pernyataan dalam teks.

Pahami dan  Sejarah Kelas 10: Historiografi dan Metode Penelitian Sejarah

Tentukan Target Waktu untuk Menjawab Soal

Untuk memaksimalkan waktu ujian, kamu wajib membuat target waktu menjawab soal pada setiap materi TPS. Misalnya, pada materi Penalaran Umum, buatlah target menjawab 10 soal dengan jawaban benar dalam waktu kurang dari 20 menit. Mipi sarankan kamu mengerjakan soal yang mudah dan butuh waktu cepat terlebih dahulu daripada mengerjakan soal yang sulit dan butuh waktu lama.

Tapi perlu diingat, kamu enggak boleh menjawab asal-asalan hanya untuk memenuhi target waktu tersebut. Kalau kamu kesulitan menjawab soal, lebih baik tinggalkan terlebih dahulu dan loncat ke materi TPS berikutnya. Barulah kembali ke soal tersebut setelah menyelesaikan soal-soal lainnya.

Pahami Konsep Soal

Cara mudah mengerjakan soal TPS UTBK yaitu dengan memahami konsep soalnya. Apabila konsep soal sudah dipahami, bagaimanapun tipe soalnya, kamu tidak akan kesulitan menjawab karena sudah mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh.

Untuk memahami konsep soal ini, kamu perlu sering mencoba latihan soal UTBK dan mengikuti try out UTBK. Lewat latihan soal dan try out UTBK, kamu akan terlatih melihat pola dari setiap soal yang ada.

Itulah informasi mengenai materi dan tipe soal UTBK, sekaligus cara mudah mengerjakannya. Semoga informasi di atas bisa membantu persiapan UTBK kamu, ya.

Kalau kamu penasaran dengan soal-soal TPS UTBK, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Ada ratusan soal UTBK, baik TPS maupun TKA yang bisa kamu coba.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan fitur-fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version