Pahamifren, nggak terasa ya sebentar lagi kita sudah masuk ke tahun yang baru. Di tahun 2021, kamu sudah punya rencana buat ngambis ke PTN impian kan? Di antara kamu tentu sudah tahu kan syarat lulus SNMPTN 2021?

Nah, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah merilis informasi terbaru tentang aturan dan jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 lho. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa baca di Jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2021 ini ya.

Mengenai syarat lulus SNMPTN, sebenarnya bukan menjadi satu-satunya jalur yang bisa kamu andalkan lho. Ada 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri, yaitu jalur SNMPTN, jalur UTBK SBMPTN dan jalur Seleksi Mandiri. Kenapa SNMPTN diminati?

Jika ingin mendaftar jalur SNMPTN, kamu harus mengetahui syarat lulus SNMPTN 2021.

Jawabannya adalah karena jalur ini yang paling pertama di buka. Kuota penerimaan SNMPTN ditetapkan sebesar 20 persen, SBMPTN 20 persen dan Seleksi Mandiri sebanyak 40 persen.

Syarat Lulus SNMPTN 2021

Agar tidak bingung, kali ini Mipi akan mengajak kamu untuk mengulas tentang syarat lulus SNMPTN dan aturannya. Simak artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren.

Cara Mendaftar SNMPTN

SNMPTN adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur prestasi akademik berupa nilai rapor, dan non-akademik (portofolio) sebagai syarat kelulusan. Nilai rapor yang dihitung tentu saja mulai dari semester pertama sampai terakhir. 

Selain nilai rapor, kamu juga bisa menggunakan prestasi non-akademik sebagai portfolio. Pastikan non-akademik yang kamu gunakan sudah sesuai dengan jurusan yang kamu pilih di PTN impianmu ya.

Pendaftaran SNMPTN selalu dilaksanakan paling awal, dan tanpa tes lho. Selain itu kalau kamu mengikuti jalur SNMPTN tidak dipungut biaya registrasi apapun karena biaya registrasi sudah ditanggung oleh pemerintah. Tapi, ada beberapa aturan dan syarat lulus SNMPTN yang harus kamu ikuti, antara lain:

  • Pemeringkatan Berdasarkan Nilai Rapor
Pahami dan  Apa Resolusi Belajarmu di Tahun 2021? Yuk Wujudkan Lewat Cara Ini

Nilai rapor yang digunakan dalam pemeringkatan adalah nilai rapor dari kelas 10 sampai kelas 12

  • Pemeringkatan Nilai Melalui Prestasi Non-Akademik 

Selain nilai rapor, jalur SNMPTN juga pertimbangkan prestasi non-akademik. Misalnya prestasi di bidang olahraga, seni dan prestasi lain yang dapat dijadikan sebagai portfolio. 

  • Jumlah Siswa Sesuai Kuota Akreditasi Sekolah 

Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan SNMPTN sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah yaitu, sekolah yang memiliki Akreditasi A mempunyai kuota 40%.

Sedangkan, sekolah yang memiliki Akreditasi B mempunyai kuota 25%, sekolah yang memiliki Akreditasi C diberikan kuota sebanyak 5%. Kuota yang dimaksud, tentu diberikan kepada kamu yang memiliki nilai terbaik di masing-masing sekolah.

Tips Lulus SNMPTN 2021

Nah, setelah mengetahui syarat lulus SNMPTN, kamu tentu sudah bisa mempersiapkan diri kan, Pahamifren. Khusus buat Pahamifren tersayang, Mipi sudah merangkum beberapa tips buat lulus SNMPTN 2021 nih. Buat yang belum berhasil, jangan bersedih ya. Ini dia tipsnya:

Grafik Nilai Harus Meningkat 

Nilai rapor yang diperhitungkan untuk masuk SNMPTN adalah nilai rapor dari kelas 10 semester 1 sampai kelas 12 semester 1. Jadi, buat kamu yang ingin lulus SNMPTN, kamu harus memastikan bahwa nilai yang kamu peroleh terus meningkat selama 3 tahun.

Syarat lulus SNMPTN memang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi, maka dari itu persaingan masuk jalur SNMPTN pun dibuat sangat ketat untuk seluruh siswa di Indonesia.

Update Informasi Jurusan dan PTN Pilihanmu

Poin ini cukup penting untuk kamu perhatikan, sebelum menentukan jurusan dan PTN favorit, kamu harus mencari tahu dulu informasi tentang universitas yang kamu pilih.

Cara ini memudahkan kamu untuk mengetahui passing grade yang diberikan oleh universitas tersebut, berapa banyak peminatnya, seperti apa reputasinya, dan jurusan apa yang cocok dengan minat dan bakat kamu.

Pahami dan  Pejuang PTN, Ini Jadwal SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021

Sebaiknya, carilah jurusan yang sesuai minat dan bakatmu. By the way, buat kamu yang masih bingung mau mengambil jurusan apa? Kamu bisa memanfaatkan fitur konseling dari Pahamify lho. 

Hindari Lintas Jurusan

Sesuaikan latar belakang jurusan semasa SMA dengan jurusan yang akan diambil saat  daftar SNMPTN, ya, Pahamifren. Sedapat mungkin hindari lintas jurusan.

Misalnya nih, saat SMA kamu memilih jurusan IPA, sebaiknya saat mendaftar SNMPTN, kamu juga memilih jurusan yang berhubungan dengan IPA.

Setelah memenuhi syarat lulus SNMPTN, kamu juga harus mencari informasi tentang PTN yang ingin kamu pilih.

Cara Menghitung Nilai Rapor Untuk SNMPTN

Perlu kamu ketahui, nilai yang digunakan untuk  untuk mengikuti SNMPTN adalah nilai rapor selama 5 semester dari kelas 10 semester 1 sampai kelas 12 semester 1. Mata pelajaran yang digunakan nilainya adalah sebagai berikut: dengan mata pelajaran yang dinilai sebagai berikut : 

  • Jurusan IPA meliputi matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Jurusan IPS meliputi matematika, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi dan salah satu bahasa asing.
  • Jurusan SMK meliputi matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian ( teori dan praktik kejuruan).

Nah, untuk menghitung nilai rata-rata rapor, kamu harus meng-input masing-masing mata pelajaran. Misalnya nilai kamu dari 6 mata pelajaran dari jurusan IPA selama 5 semester adalah:

Matematika: 84, 86, 87, 88, 91  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 87,2

Bahasa Indonesia: 83, 85, 86, 88, 90  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 86,4

Bahasa Inggris: 85, 86, 88, 90, 91  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 88

Fisika: 87, 88, 90, 91, 93  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 89,8

Kimia: 86, 87, 88, 89, 91  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 88,2

Biologi: 88, 87, 89. 91, 99  dibagi 5 maka nilai rata-rata kamu 90,8

Pahami dan  Apa Resolusi Belajarmu di Tahun 2021? Yuk Wujudkan Lewat Cara Ini

Dari seluruh nilai rata-rata setiap mata pelajaran, dijumlahkan untuk kemudian dibagi 6. Berdasarkan nilai diatas setelah dijumlahkan adalah 87,2 + 86,4 + 88 + 89,8 + 88,2 +90,8 lalu dibagi 6 yang hasilnya adalah 88,4. 

Sehingga nilai akhir kamu nantinya akan diseleksi kembali dengan peserta dari jurusan lain, untuk kemudian akan dipilih peserta dengan nilai yang tertinggi dari masing-masing jurusan di sekolah kamu.

Nah, itulah pembahasan tentang syarat lulus SNMPTN 2021 dan aturannya yang bisa kamu jadikan referensi. Jika kamu belum lulus, jangan khawatir, kamu bisa mencoba ikut UTBK SBMPTN kok.

Biar persiapanmu semakin matang, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di aplikasi belajar online Pahamify. Ada fitur Try Out Online gratis yang bisa kamu coba lho.

Tunggu apalagi, yuk download Pahamify sekarang!

Penulis: Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog