Halo Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang sudah mengincar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit tahun depan? Sebagai pejuang PTN 2021, kamu sudah melakukan banyak persiapan dong. Untuk mencapai syarat lulus SNMPTN, UTBK dan SBMPTN, tentunya kamu sudah belajar dan latihan soal kan?

Tapi jangan lupa, agar persiapanmu tidak sia-sia, kamu juga harus tahu dong jadwal SNMPTN, UTBK dan SBMPTN tahun 2021. Kamu juga harus sering-sering update pengumuman LTMPT UTBK SBMPTN untuk mengetahui jadwal beserta syarat lulus SNMPTN.

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Pahamifren sekalian sudah tahu kan perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan UTBK sebagai jalur masuk perguruan tinggi negeri? Buat yang belum tahu, nih Mipi jelasin sedikit ya, sebagai berikut:

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

SNMPTN menjadi jalur pertama buat kamu yang ingin masuk PTN favorit. SNMPTN selalu dibuka paling awal sebelum SBMPTN dan UTBK. Maka dari itu, buat Pahamifren yang ingin cepat lulus PTN, kamu harus mengetahui syarat lulus SNMPTN ya.

SNMPTN ini dibuka tanpa tes lho, Pahamifren. Jadi, syarat lulus SNMPTN adalah prestasi akademik berupa nilai rapor kamu sejak semester satu sampai kelima. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan portofolio yang sesuai dengan persyaratan jurusan di PTN yang kamu pilih.

Misalnya, kamu memilih jurusan olahraga, seni, teknik informatika, syarat lulus SNMPTN yang harus kamu siapkan adalah nilai rapor beserta portofolio dari masing-masing bidang tersebut, Pahamifren.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jangan sampai salah, jika sudah sesuai dengan syarat lulus SNMPTN, kamu tidak diperbolehkan mengikuti UTBK SBMPTN lho.

Beberapa di antara Pahamifren mungkin bertanya, apa sih perbedaan SNMPTN dan SBMPTN? Jadi, jika SNMPTN mengutamakan prestasi akademik (nilai rapor) dan non-akademik (portofolio) sebagai syarat kelulusannya, SBMPTN didapatkan dari hasil tes.

Sesuai namanya, kamu yang ingin mengikuti SBMPTN akan dihadapkan dengan tes seleksi yang disebut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Maka dari itu, sebelum ikut tes SBMPTN, sebaiknya kamu melakukan persiapan dengan latihan soal UTBK atau mengikuti Try Out Online.

Seleksi Mandiri

Buat kamu yang belum lulus SNMPTN dan SBMPTN, jangan bersedih. Kamu masih bisa mengikuti seleksi mandiri yang digelar oleh masing-masing universitas. Jika mengikuti seleksi mandiri, kamu bisa memilih tes di universitas incaranmu, misalnya Selma UB, Simak UI, UTUL UGM dan masih banyak lagi kampus terkenal yang menggelar seleksi mandiri.

Jadwal SNMPTN 2021

Nah, buat kamu para pejuang PTN, Pahamify sudah merangkum jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021 dari laman resmi LTMPT. Yuk, cek jadwalnya di bawah ini:

Setelah mengetahui jadwal SNMPTN 2021, kamu juga harus mengetahui syarat lulus SNMPTN dari kampus impianmu.

Jadwal SBMPTN 2021

Jika kamu belum memenuhi syarat lulus SNMPTN, jangan khawatir, kamu masih bisa mengikuti UTBK SBMPTN. Maka dari itu, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan latihan soal UTBK dan try out online gratis.

Perlu kamu ingat Pahamifren, untuk pendaftaran SNMPTN dan pendaftaran UTBK – SBMPTN, kamu harus punya akun dulu di LTMPT. Kamu bisa registrasi akun di Portal LTMPT sesuai jadwalnya. Kalau pelaksanaan UTBK 2021 sendiri, dilaksanakan dalam 2 gelombang. 

Masing-masing gelombangnya berlangsung selama 7 hari (Senin – Minggu) dan setiap harinya ada 2 sesi (pagi dan siang). Lokasinya dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN yang akan diumumkan di laman resmi LTMPT.

Satu lagi nih Pahamifren, bagi siswa yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN 2021 bakal ditolak untuk mendaftar UTBK 2021. Jadi, kamu harus mantap ya sama pilihan kamu, jangan galau-galau he..he.. 

Kalau kamu masih bingung buat milih jurusan, kamu bisa lho ikut Test Minat dan Bakat di Aplikasi Belajar Online Pahamify. Dari hasil tes yang kamu udah jalanin, kamu bakalan dapet saran jurusan yang cocok buat kamu.

Saran ini bisa kamu jadikan acuan dalam memilih jurusan bahkan profesi. Kalau masih ragu, kamu juga bisa konsultasi langsung dengan psikolog profesional di fitur Konseling Pahamify. Dijamin anti galau-galau club deeeh!

Nah, itu dia jadwal dan ketentuan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN yang bisa kamu jadikan referensi. Sekarang, waktunya mempersiapkan diri untuk masuk PTN yang kamu inginkan. Menutur Mipi, persiapan yang butuh tenaga itu buat menghadapi soal-soal UTBK, Pahamifren.

Biar tes SBMPTN kamu berjalan lancar, ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan latihan soal UTBK dan Try Out Online Gratis. Tenang aja, kamu bisa belajar materi UTBK sekaligus Try Out UTBK di platform belajar online Pahamify lho! 

Try Out Pahamify dilaksanakan secara online setiap bulan, bahkan setiap minggu sampai jadwal UTBK tiba. Jadi, tunggu apa lagi, langsung cek jadwal dan cara daftar Tryout UTBK Pahamify di sini. Semangat Pejuang PTN 2021! You can do it!

Penulis: Reni Muliani – Content Quality Control Pahamify


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version