Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, di masa-masa penuh ujian seperti saat ini, belajar rasanya jadi suatu kewajiban yang enggak boleh kamu lewatkan, ya. Kamu harus belajar semua mata pelajaran SMA yang mungkin keluar di ujian mendatang. Mulai dari materi ulangan harian, PTS, PAS, hingga Ujian Sekolah wajib kamu kuasai. Namun, apakah kamu yakin sudah menerapkan tips belajar efektif dan efisien sejauh ini?

Belajar efektif harus mampu menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sesuai materi yang dipelajari. Jika kamu belum mendapatkan hal itu secara optimal, mari simak tips belajar efektif dan efisien untuk tiap mata pelajaran berikut ini. Simak artikelnya sampai selesai.

Tips Belajar Efektif dan Efisien untuk Setiap Mata Pelajaran

Pada ulasan kali ini, Mipi mau membagikan strategi belajar efektif untuk tiap mata pelajaran SMA. Ada 3 tips belajar efektif dan efisien pada setiap materinya. Mudah-mudahan, tips ini dapat membantumu cepat memahami konsep dan mudah mengerjakan soal ujian ya, Pahamifren.

Matematika

Cara cepat memahami materi Matematika yaitu kamu harus paham konsep dan hubungan antarkonsepnya, tahu rumus dan penerapannya, serta memiliki kemampuan menghitung dengan baik. Berikut tips belajar yang bisa kamu terapkan:

  1. Temukan referensi belajar dari video. Bisa video materi Matematika SMA maupun video tips dan trik belajar Matematika. Video belajar dapat meningkatkan rasa penasaran kamu terhadap Matematika.
  2. Jangan terpaku pada rumus saat mengerjakan soal. Menghafal rumus saja tidak akan membuat pemahaman konsep kamu meningkat. Lebih baik kamu mulai analisis penggunaan rumus tersebut. Mulai cari tahu cara penyelesaian soal dari awal hingga akhir lewat rumus tersebut seperti apa.
  3. Perbanyak latihan soal. Matematika bukan mata pelajaran yang fokus pada hafalan materi. Kamu lebih banyak dituntut untuk praktik agar terbiasa dengan konsep soal yang disajikan. Semakin banyak latihan soal, maka semakin jago kamu menguasai Matematika.

IPA

Mata pelajaran IPA SMA meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi. Ketiga materi tersebut mengutamakan pemahaman konsep dan teori. Selain itu, kamu juga harus mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari karena biasanya soal ujian IPA menggunakan fenomena sehari-hari untuk mempertanyakan hubungan sebuah konsep. Tips belajar yang bisa kamu ikuti, di antaranya:

  1. Jangan belajar hanya dari buku materi saja. Perkaya pemahaman kamu dari video, artikel, atau sumber lainnya yang berkaitan dengan IPA.
  2. Buat diri kamu suka dengan mata pelajaran IPA. Kamu bisa membaca fakta menarik seputar IPA, biografi ahli, atau penemuan-penemuan di bidang IPA. Cara ini akan membuatmu ingin menambah wawasan dan ketagihan dalam belajar IPA.
  3. Jika ada materi yang kurang bisa kamu pahami, jangan malu bertanya pada guru atau siapa pun yang lebih tahu. Pemahaman konsep tidak cukup diperoleh dari membaca saja, terkadang kamu juga butuh mendapatkan penjelasannya untuk bisa menyerap materinya dengan baik.

IPS

Mata pelajaran IPS SMA meliputi Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Keempat materi ini sangat dekat kaitannya dengan lingkungan sekitar kamu. Untuk bisa menyerap materinya secara cepat, berikut tips belajar efektif dan efisien yang bisa kamu terapkan:

  1. Coba hubungkan apa yang kamu pelajari dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini bisa membuat materi tersebut bertahan lama di long term memory otak kamu. Jadi, kamu lebih mudah mengingat materinya. Contohnya, materi nilai dan norma sosial dalam Sosiologi akan lebih mudah dipahami kalau nilai tersebut juga terkandung dalam aturan keluarga.
  2. Konsep ilmu sosial banyak ditemukan dalam film, novel, berita, atau artikel. Coba perkaya wawasan kamu dari sumber-sumber tersebut.
  3. Buat mind mapping. Belajar melalui mind mapping bermanfaat meningkatkan kerja fungsi otak, lho. Jika terbiasa membuat mind map, kamu akan lebih cepat memproses atau memahami materi yang dipelajari.

Bahasa Indonesia

Materi Bahasa Indonesia mengukur kemampuan menulis dan membaca. Kamu bisa dikatakan mampu menguasai materi Bahasa Indonesia dengan baik jika dapat menyerap informasi dan memahami kaidah penulisan secara benar dari suatu teks bacaan. Tips belajar yang bisa kamu ikuti, yaitu:

  1. Banyak membaca. Kamu bisa mendapatkan referensi bacaan dari koran, majalah, buku, blog, dan sebagainya. Baca topik apa saja secara rutin, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan macam-macam kata dan kalimat.
  2. Temukan teknik membaca yang tepat. Kamu bisa menggunakan teknik scanning dan skimming agar tahu langkah mendapatkan informasi secara benar.
  3. Pelajari kaidah penulisan di PUEBI dan KBBI. Perbanyak perbendaharaan kata melalui KBBI dan gunakan PUEBI untuk mengecek kaidah penulisan yang benar, seperti tanda baca, huruf kapital, ejaan, dan lain sebagainya.

Bahasa Inggris

Biasanya, kesulitan memahami dan mengerjakan soal Bahasa Inggris terjadi karena kamu tidak tahu arti kata atau maksud dari pelajarannya. Padahal, sebenarnya materi Bahasa Inggris hampir sama seperti Bahasa Indonesia, lho. Biar kamu lebih lancar berbahasa Inggris, kamu bisa ikuti tips berikut ini:

  1. Percaya diri dan mau belajar. Enggak usah malu ketika salah berbahasa Inggris dalam berbicara atau update status. Justru lewat kesalahan tersebut, kamu bisa belajar materi Bahasa Inggris lebih baik lagi.
  2. Membiasakan membaca teks bacaan berbahasa Inggris. Secara tidak langsung, membaca tulisan berbahasa Inggris akan membantumu untuk membedakan grammar, tenses, dan memperbanyak vocabulary.
  3. Gunakan kamus. Kamu membutuhkan kamus untuk mencari arti kata dari vocabulary yang kamu temukan. Carilah kamus versi apa pun yang sesuai denganmu, baik digital maupun cetak.

Itulah beberapa tips belajar efektif dan efisien untuk setiap mata pelajaran yang bisa kamu ikuti. Sudah siap menerapkan tips-tips di atas, Pahamifren? Supaya strategi belajar kamu makin efektif, unduh aplikasi belajar online Pahamify untuk mendalami materi pelajaran SMA lebih jauh.

Dilengkapi video belajar berkonsep gamifikasi, try out online persiapan PTS/PAS, kelas online, serta jadwal belajar, proses belajar di rumah bersama Pahamify pasti lebih seru dan bikin paham. Buruan download aplikasi Pahamify sekarang di link ini!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll