Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini belajar online menjadi salah satu strategi alternatif belajar yang efektif. Kemajuan teknologi memungkinkan siswa belajar dimana pun dan kapan pun. Sayangnya, masih banyak orangtua yang kesulitan menemukan tips belajar online yang efektif untuk anak. 

Sebenarnya, sekarang Bapak dan Ibu dapat memilih berbagai aplikasi belajar online yang efektif untuk belajar di rumah. Namun, jangan sembarangan, tidak semua aplikasi memberikan solusi terbaik untuk para siswa.

Cara Memilih Aplikasi Belajar Online Terbaik

Menggunakan aplikasi dapat menjadi tips belajar online terbaik untuk anak di rumah.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih aplikasi belajar online terbaik sebagai bahan latihan belajar anak-anak di rumah, antra lain:

Perhatikan Ukuran (Size) nya

Setelah mengetahui beberapa nama aplikasi belajar online nya, lihat dan perhatikan jumlah kapasitas memori yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi tersebut di smartphone yang digunakan. Sesuaikan ukurannya dengan kapasitas yang dimiliki oleh ponsel yang digunakan anak di rumah ya Bapak dan Ibu.

Perhatikan Ulasannya

Sebelum memasang di smartphone, baca juga beberapa ulasan atau komentar tentang seberapa efektif aplikasi tersebut. Semakin banyak review positifnya, maka semakin baik kualitas aplikasi tersebut.  

Perhatikan Fiturnya

Carilah aplikasi yang lengkap fitur dan layanannya supaya lebih mudah menyelesaikan masalah belajar jika terjadi kesulitan. Ada baiknya memilih aplikasi dengan spesialisasi tertentu, misalnya yang memiliki materi pembelajaran sesuai jurusannya masing-masing (IPA atau IPS).

Perhatikan Metode Belajarnya

Belajar online terkadang bisa membuat anak jenuh, maka carilah aplikasi yang menawarkan metode belajar yang dinamis dan tidak membosankan. Misalnya melalui video pembelajaran yang menarik dari pengajar yang berkualitas, atau melalui animasi (gambar dan video) yang tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Pahami dan  6 Cara Mudah Belajar Statiska Untuk Persiapan UTBK

Perhatikan Harganya

Last but not least, harga juga menjadi pertimbangan Bapak dan Ibu ketika ingin memilih aplikasi belajar online terbaik. Pilihlah situs belajar online yang tidak menguras kantong dan menawarkan banyak promo menarik.  

Tips Belajar Online Yang Efektif

Nah, itu lah beberapa cara untuk memilih aplikasi belajar online terbaik yang bisa digunakan oleh anak-anak di rumah. Setelah memilih aplikasi yang sesuai, berikut adalah tips belajar online yang bisa Bapak dan Ibu terapkan saat membimbing anak di rumah, antara lain:

Belajar Materi Yang Spesifik

Baca setiap materi pelajaran sesuai kurikulum sekolah, judul utama dari bab satu hingga bab akhir,  perhatikan juga poin dari setiap halamannya. JIka memungkinkan, Bapak dan Ibu bisa membantu membuatkan rangkuman dari materi belajar yang sedang dipelajari sang anak.

Ciptakan Suasana Yang Nyaman

Siapkan tempat yang nyaman, biarkan anak Bapak dan Ibu berkonsentrasi dengan tidak mengganggunya selama belajar.

Siapkan Kuota Yang Cukup

Karena bersifat daring, proses belajar online tentu membutuhkan kuota. Jangan sampai kehabisan kuota, karena akan membuat proses belajar terputus dari jaringan internet. Bapak dan Ibu bisa mengandalkan program bantuan kuota gratis dari Kemendikbud.

Temukan tips belajar online, materi belajar yang mudah dan seru hanya di Pahamify.

Demikianlah beberapa tips belajar online yang efektif. Salah satu aplikasi belajar online terbaik yang bisa Bapak dan Ibu andalkan adalah Pahamify. Dengan pengajar profesional dan metode belajar online yang menyenangkan, Pahamify bisa menjadi solusi agar anak lebih nyaman belajar online di rumah.

Download aplikasinya dan dapatkan promo paket Pahamify sekarang!

Penulis : Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog