Halo Pahamifren, nggak terasa tahun ajaran 2020/2021 sudah berjalan. Walaupun sebagain dari kamu harus belajar online di rumah, penilaian terus berjalan kan. Apalagi kamu yang usdah kelas 12, kamu harus mempersiapkan SBMPTN dan UTBK 2021. Nah, buat kamu yang sedang mencari tips lulus SBMPTN dan UTBK 2021, Mipi punya ulasan menarik buat kamu. Yuk kita bahas satu persatu.

Sebelum lebih jauh, kamu sudah tahu dong apa itu SBMPTN dan UTBK? Kali ini, Mipi mau membahas prediksi tentang SBMPTN 2021 yang bisa kamu jadikan referensi, sebagai berikut:

Apa aja sih tips lulus SBMPTN dan UTBK 2021 yang kamu persiapkan?

Perbedaan SBMPTN 2019 dan SBMPTN 2020

Buat kamu yang sudah mendaftar SBMPTN 2020, tentu sudah tahu kan perbedaanya dengan SBMPTN tahun 2019 lalu? Nah, dengan mengamati perbedaan antar SBMPTN, kamu bisa memprediksi, seperti apa model SBMPTN yang berlaku pada 2021 mendatang Pahamifren. Walhasil, kamu akan menemukan tips lulus SBMPTN tahun 2021 .

Syarat Tahun Kelulusan

Dari syarat tahun kelulusan peserta, SBMPTN 2020 mengharuskan peserta merupakan lulusan SMA sederajat atau paket C tahun 2020, 2019, dan 2018. Sementara SBMPTN 2019, pesertanya harus lulusan SMA sederajat atau paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.

Pelaksanaan

Karena UTBK 2020 dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, UTBK 2020 sempat tertunda, tapi tetap dilaksanakan dengan banyak jadwal. Namun, berbeda dengan UTBK 2019 yang memperbolehkan pesertanya mengikuti UTBK maksimal dua kali, dengan mengambil skor tertinggi peserta dari dua kali UTBK tersebut, UTBK 2020 hanya memperbolehkan pesertanya mengikuti satu kali UTBK.  

Materi Yang Diujikan

Materi UTBK 2020 juga berbeda dengan UTBK 2019. Bila pada UTBK 2019 ada dua jenis tes yang meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) IPA/IPS, pada UTBK 2020 materi UTBK-nya hanyalah Tes Kemampuan Akademik. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu UTBK 2020 terkait kondisi pandemi COVID-19.

Lintas Jurusan

Berbeda dengan SBMPTN 2019 yang mengizinkan pesertanya bebas melakukan lintas jurusan dengan TKA yang sesuai dengan rumpun program studi yang diambil, pada SBMPTN 2020, selain TPS-nya sama persis karena tidak ada tes kompetensi Saintek/Soshum, aturan lintas jurusannya jadi lebih ketat.

Jurusan saintek hanya dapat diambil oleh lulusan jurusan IPA atau SMK yang sejalan, tapi lulusan jurusan IPA bisa bebas mengambil lintas jurusan, asalkan sesuai dengan syarat program studi yang hendak diambil.

Pahami dan  Promo Paket Belajar Online Pahamify, Diskon Hingga 75%

Pendaftaran

Berbeda dengan UTBK SBMPTN 2019 yang proses pelaksanaannya dimulai dari mengikuti UTBK, mengetahui skor UTBK, baru peserta bisa mendaftar SBMPTN dan memilih program studi, pada UTBK SBMPTN 2020, pendaftaran UTBK dilakukan bersamaan dengan pendaftaran SBMPTN dan pemilihan PTN dan prodi dilakukan sebelum mengetahui skor UTBK, bahkan sebelum ujian.

Ujian Masuk Politeknik

Berbeda dari SBMPTN 2019 dan tahun-tahun sebelumnya, pada SBMPTN 2020 politeknik mulai masuk SBMPTN. Jadi, peserta dapat memilih di antara 85 PTN (S1) atau 8 politeknik (D4). Tapi, pilihan non politeknik dan politeknik SBMPTN tahun 2020 tidak bisa digabung ya, Pahamifren.

Biaya

Biaya UTBK 2019 adalah Rp200.000,00. Jadi, kalau peserta UTBK 2019 mau mengikuti UTBK dua kali, maka peserta tersebut harus membayar Rp400.000,00. Sementara pada UTBK 2020, ada penurunan biaya pendaftaran, menjadi Rp150.000,00.

Aturan Teknis

Pemeriksaan teknis peserta sebelum mengikuti UTBK 2019 dan UTBK 2020 sebenarnya sama saja, tapi karena pada tahun 2020 ada pandemi COVID-19, pemeriksaan teknis UTBK 2020 disertai pemeriksaan kesehatan peserta.

Prediksi SBMPTN 2021

Berikut merupakan prediksi sayarat dan teknis pelaksanaan SBMPTN dan UTBK 2021, antara lain:

  • Persyaratan teknis SBMPTN 2021 akan sama seperti dua tahun sebelumnya, yaitu WNI lulusan SMA sederajat atau paket C tiga tahun ke belakang (2021, 2020, dan 2019).
  • Konsep pelaksanaan SBMPTN 2021 tetap berupa UTBK dan data tes masuknya tetap menyatu. Pelaksanaannya juga akan tetap di bawah LTMPT.
  • Pilihan prodi dan PTN pada SBMPTN 2021 akan tetap dua dan bisa memilih vokasi Politeknik. 
  • Kemungkinan jumlah politeknik yang bisa dipilih pada UTBK SBMPTN 2021 akan bertambah.
  • Materi ujiannya juga akan tetap sama, ada TPS dan TKA Saintek/Soshum.
  • Sama seperti UTBK SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, UTBK SBMPTN 2021 akan dilaksanakan setelah SNMPTN.
  • Proses UTBK dan SBMPTN 2021 kemungkinan akan dilaksanakan seperti UTBK SBMPTN 2019. Peserta akan melaksanakan UTBK, menerima skor UTBK, dan baru bisa mendaftar SBMPTN dan memilih program studi.
  • Kemungkinan pada UTBK SBMPTN 2021, lintas jurusan akan diperbolehkan. Tapi aturan untuk jurusan IPS, Bahasa, dan SMK akan lebih ketat. Selain itu aturan PTN dan prodi mungkin akan berbeda.
  • Pada UTBK SBMPTN 2021 kemungkinan peserta hanya akan dapat mengikuti satu kali UTBK seperti UTBK SBMPTN 2020.
  • Hasil skor UTBK bisa digunakan untuk seleksi ujian mandiri PTN dan PTS, sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi.
  • Pada SBMPTN 2021 portofolio untuk program studi olahraga dan program studi seni. 
Pahami dan  Boleh Dicoba, Ini Dia Tips Mudah Belajar Online di Masa Pandemi

Materi UTBK SBMPTN 2021

Dari segi materi, UTBK dan SBMPTN 2021 kemungkinan akan seperti tahun sebelumnya, yaitu terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Seperti biasa, TPS untuk Saintek, Soshum, dan Campuran tidak akan berbeda. 

Kamu akan tetap menghadapi tes penalaran umum, pemahaman umum, pengetahuan kuantitatif, dan kemampuan baca tulis. Sementara untuk TKS, kamu akan menghadapi materi ujian sesuai dengan jurusan kelulusan kamu. Lulusan IPA akan menghadapi materi ujian Saintek, sementara lulusan IPS dan Bahasa akan menghadapi materi ujian Soshum.

Kalau kamu lulusan IPA, kamu akan menghadapi TKA Saintek yang meliputi matematika Saintek, biologi, fisika, dan kimia. Sementara kalau kamu lulusan IPS dan Bahasa, kamu akan menghadapi TKA Soshum yang meliputi matematika soshum, ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi. Tapi buat kamu yang memilih ujian Campuran, kamu harus mengikuti TKA dua kali. TKA yang pertama adalah materi ujian Saintek, sementara TKA yang kedua adalah ujian materi Soshum.  

Ada banyak tips lulus SBMPTN dan UTBK 2021 yang kamu temukan di Pahamify.

Hal Yang Harus Kamu Persiapan Agar Lulus UTBK 2021 

Nah, Itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang UTBK dan SMBPTN 2021. Kalau kamu ingin mendapatkan skor tinggi saat UTBK 2021 nanti, tentu saja ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Buat Target Belajar

Ada baiknya kamu membuat target belajar untuk persiapan SBMPTN 2021 nanti. Kamu harus bisa mengukur waktu dan mengukur pemahaman kamu atas materi-materi pelajaran yang akan diujikan pada UTBK SBMPTN 2021. 

Dengan begitu, kamu bisa memetakan waktu belajar yang kamu miliki sampai UTBK SBMPTN 2021 tiba dan materi-materi pelajaran UTBK apa saja yang harus kamu perdalam agar kamu siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Selain itu kamu juga harus tahu berapa skor nilai yang harus kamu capai bila kamu mau masuk PTN dan program studi yang kamu incar.

Latihan Soal UTBK

Pemahaman kamu atas materi-materi pelajaran yang akan muncul pada UTBK SBMPTN 2021 nanti hanya dapat kamu nilai dengan rajin mengerjakan soal-soal materi UTBK yang biasanya muncul. 

Pahami dan  Untuk Para Guru: Ini 5 Cara Mengajar Online Yang Harus Anda Kuasai

Kamu bisa melatih kemampuan kamu dengan dua cara, yaitu dengan membeli buku SBMPTN 2021 dan dengan menggunakan aplikasi belajar online terbaik Pahamify.

Dengan mengikuti latihan soal UTBK dari Pahamify, kamu akan mendapatkan paket komplit berupa materi-materi pelajaran yang harus kamu pelajari untuk menghadapi UTBK nanti sekaligus try out persiapan UTBK 2021.

Review Pemahamanmu

Setelah kamu membuat target belajar dan rajin latihan mengerjakan soal-soal UTBK, kamu harus mereview pemahaman kamu atas materi-materi pelajaran UTBK. Dengan melihat target belajar, kamu bisa mengecek materi-materi pelajaran UTBK mana saja yang sudah berhasil kamu pahami dan materi-materi pelajaran UTBK mana saja yang masih belum kamu pahami.

Kamu juga bisa mengecek berapa lama lagi waktu yang kamu miliki untuk memperdalam materi-materi pelajaran UTBK yang belum kamu pahami. Setelah itu, kamu tinggal membuat target belajar baru untuk memperdalam materi-materi pelajaran UTBK yang belum berhasil kamu pahami serta target waktu yang kamu buat berdasarkan sisa waktu yang kamu miliki.

Jaga Motivasi Belajarmu

Nah, kalau yang ini penting banget, Pahamifren. Kamu harus terus menjaga motivasi belajar kamu. Ada kalanya kamu merasa capek dan ingin menyerah saat kamu gagal mencapai target belajar kamu atau kamu gagal mendapatkan skor tinggi saat mengikuti try out aplikasi belajar online. 

Dengan menjaga motivasi belajar kamu, kamu akan kembali semangat mengejar impian kamu masuk PTN dan program studi yang kamu incar. Jadi, jaga terus motivasi belajar kamu, ya, Pahamifren!

Solusi Persiapan UTBK Terbaik

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2021 nanti. Supaya belajar kamu semakin seru dan mengasyikkan, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. 

Dengan berlangganan paket belajar Pahamify, kamu bisa mengakses berbagai fitur andalam Pahamify, terus kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN 2021 dengan fitur Video Materi UTBK, fitur Tryout TBK, dan fitur Persiapan Kuliah. Komplit banget, kan? Makanya, buruan unduh aplikasi Pahamify, sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog