Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, mencari ide pokok atau gagasan utama menjadi topik yang paling sering muncul di soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Biasanya, soal TPS PPU ini disajikan berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Kira-kira, apakah kamu bisa mencari gagasan utama keseluruhan isi paragraf dalam bacaan tersebut?

Tenang saja, Mipi telah merangkum langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf. Lewat langkah-langkah ini, mudah-mudahan kamu bisa lebih lancar dalam menjawab soal TPS UTBK 2021 mendatang. Biar lebih jelas, yuk langsung simak pembahasannya berikut ini!

Mencari Ide Pokok atau Gagasan Utama

Sebelum membahas langkah-langkah mencari ide pokok, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian ide pokok. Ide pokok atau yang disebut juga gagasan utama adalah ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf. Sebagai pokok pembahasan, ide pokok biasanya akan didukung dengan gagasan penjelas.

Dalam soal TPS PPU, istilah lain ide pokok bisa berupa pikiran utama, pokok pikiran, maupun gagasan utama. Penting untuk diingat, jumlah ide pokok yang diizinkan dalam satu paragraf hanyalah satu. Ide pokok ini bisa berada di awal, akhir, atau bahkan awal dan akhir kalimat.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Pada dasarnya, ide pokok atau gagasan utama bisa dikenali melalui ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri ide pokok dalam sebuah paragraf adalah sebagai berikut:

  • Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.
  • Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama.
  • Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat utama.
  • Kalimat utama bisa diidentifikasi dengan mudah melalui jenis paragraf bacaan.

Langkah Mudah Mencari Ide Pokok

Ada 5 langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf. Langkah-langkah tersebut, di antaranya:

Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat

Langkah pertama untuk mencari ide pokok yaitu membaca paragraf dari teks bacaan dengan cermat. Khusus pengerjaan soal TPS UTBK, pastikan kamu membaca pertanyaannya terlebih dahulu ya, biar tahu paragraf mana yang ditanyakan dalam soal. Baru setelah itu, bacalah paragraf dengan cermat. Kalau ternyata yang ditanyakan adalah ide pokok dalam keseluruhan teks bacaan, berarti kamu harus membaca semua paragrafnya.

Tujuan membaca paragraf dengan cermat ini untuk memudahkan kamu menemukan kalimat utama dan kalimat penjelasnya. Kalimat penjelas memiliki ciri-ciri berisi kata pengganti “ini”, “itu”, dan “tersebut”. Kalimat penjelas dinilai tidak efektif jika penjelasannya tidak koheren dengan kalimat utamanya.

Menentukan Jenis Paragraf dan Kalimat Utama

Hampir semua ide pokok terletak pada kalimat utama. Sebenarnya, saat membaca teks bacaan dengan cermat, kamu sudah bisa langsung mengetahui kalimat utamanya. Namun, supaya jawabannya lebih tepat, kamu perlu mengetahui jenis-jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya, di antaranya:

Paragraf Deduktif

Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama di awal kalimat. Kalimat utamanya berisi hal-hal secara umum. Barulah kemudian akan dijelaskan secara rinci oleh kalimat penjelas. Kategori paragraf deduktif juga disebut sebagai paragraf umum ke khusus.

Paragraf Induktif

Jenis paragraf induktif memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Pada paragraf ini, awal kalimat dimulai dengan kalimat penjelas, bisa berupa ilustrasi, contoh, atau perincian hal-hal khusus. Ciri utama paragraf induktif yaitu menggunakan kata “jadi”, “oleh karena itu”, “dengan demikian”, dan sebagainya. Paragraf induktif sering disebut paragraf khusus ke umum.

Paragraf Campuran

Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Bahasa yang digunakan di awal dan akhir kalimat tidak selalu sama, namun jika dicermati memiliki makna yang sama.

Apabila kamu sudah mengetahui jenis-jenis paragraf di atas, kamu akan lebih mudah menentukan kalimat utamanya. Tinggal baca awal dan akhir kalimat suatu paragraf saja, Pahamifren.

Mengubah Kalimat Utama Menjadi Kalimat Kompleks

Setelah menemukan kalimat utama suatu paragraf, kamu tinggal mengubah kalimat tersebut menjadi lebih kompleks. Caranya bisa dengan mencari kata kunci di kalimat utama tersebut, lalu cocokkan kata kunci dengan pilihan jawaban yang tersedia. Atau, kamu bisa mengubahnya dengan penalaran kamu sendiri. Cara seperti ini akan meningkatkan peluang kamu dalam menjawab benar.

Tanda Informasi Penting pada Kalimat Utama

Langkah mencari ide pokok lainnya yaitu menandai informasi penting pada kalimat utama. Cara ini hampir sama dengan langkah sebelumnya, yaitu menemukan kata kunci atau informasi penting. Contohnya, pada kalimat utama “Bencana banjir akibat jebolnya suatu tanggul di Jakarta menimbulkan berbagai macam penyakit”.

Informasi penting dari kalimat tersebut yaitu bencana banjir yang menyebabkan berbagai penyakit. Nah, informasi itu bisa menjadi acuan kamu dalam menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Kamu hanya perlu mencocokkan pilihan jawaban yang paling sesuai dengan informasi tersebut.

Baca Kembali Bacaan

Langkah terakhir untuk mencari ide pokok suatu paragraf secara tepat yaitu dengan membaca kembali bacaan tersebut. Tujuannya, untuk memastikan ide pokok yang telah kamu temukan sesuai atau tidak dengan keseluruhan teks bacaan. Khususnya, jika yang ditanyakan dalam soal adalah ide pokok atau topik keseluruhan paragraf, maka wajib bagi kamu untuk membaca ulang teks yang disajikan. Untuk menerapkan langkah ini, kamu bisa menggunakan teknik membaca scanning dan skimming agar waktu ujian lebih optimal.

Gimana, Pahamifren? Tentunya, sudah semakin paham langkah-langkah mencari ide pokok dong. Kamu bisa mulai menerapkan langkah-langkah di atas lewat latihan soal TPS UTBK di Simulasi UTBK Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK, baik TPS dan TKA yang bisa kamu coba, lengkap beserta video pembahasan yang menarik. Jangan lupa, upgrade ke TryOut Pahamify Premium biar kamu bisa menggunakan fitur Smart Analysis untuk mengukur penguasaan materi UTBK kamu.

Bersama Pahamify, jadi lebih siap #TaklukkanUTBK. Buruan download aplikasi Pahamify di sini dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Khusus buat Pahamifren yang lagi ngambis masuk PTN impian, Mipi punya promo spesial Paket Persiapan UTBK 2022 nih. Yuk, klik banner di bawah ini buat dapetin promo spesial dari Pahamify sekarang!

Cek juga penawaran menarik lainnya dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/ ini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll