Pahamifren, bicara soal jurusan kuliah pasti nggak ada habisnya ya. Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita menjadi guru SD? Nah, kali ini Pahamify Blog mau mengajak kamu membahas tentang jurusan PGSD beserta daftar universitas jurusan PGSD terbaik. Simak artikel ini baik-baik ya.

Apa Itu Jurusan PGSD?

Sesuai namanya, PGSD merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan ini berfokus pada pendidikan keguruan yang mempersiapkan mahasiswanya menjadi Guru untuk Sekolah Dasar (SD).

Dulu, untuk menjadi Guru SD, Pahamifren hanya perlu bersekolah di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Seiring perkembangannya, banyak kampus atau universitas ternama yang membuka jurusan PGSD.

Banyak universitas jurusan PGSD terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Maka dari itu, kalau Pahamifrens ingin menjadi Guru SD, pendidikan minimal yang harus ditempuh adalah Sarjana (strata-1). Hal ini tentu diterapkan untuk meningkatkan kualitas Guru Sekolah Dasar, sebagai salah satu peranan penting dalam dunia pendidikan.

Guru SD bertugas untuk membentuk pondasi pendidikan dasar, khususnya pada anak usia 6-12 Tahun, sebelum menuju kenaikan  jenjang sekolah berikutnya.

Itulah mengapa sekarang banyak kampus yang memiliki fakultas pendidikan guru sekolah dasar dengan standar yang baik. Misalnya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau Fakultas Ilmu Pendidikan yang terus berkembang dan mengalami peningkatan mutu.

Hal ini terlihat dari relevansi produk-produk akademiknya, pengembangan staf, modernisasi  sarana dan prasarana  pendidikan, hingga pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi (ICT) dan pengembangan suasana akademik.

Universitas Dengan Jurusan PGSD Terbaik

Nah, setelah membaca sekilas tentang apa itu jurusan PGSD, Pahamifren tentu penasaran dong, kampus mana saja sih yang punya jurusan PGSD terbaik?

Untuk kamu, Pahamify Blog sudah merangkum beberapa universitas jurusan PGSD negeri dan swasta yang sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) nih, antara lain:

Universitas Negeri Jakarta

Salah satu kampus negeri favorit di Jakarta ini memiliki jurusan PGSD. Program studi PGSD di UNJ sudah menjadi Program Sarjana (S-1). Dulu, PGSD di UNJ memang hanya sampai Diploma II, namun seiring peningkatan mutu pendidikan, pada tahun 2006 lalu prodi PGSD di UNJ sudah resmi menjadi Program Sarjana (S-1).

Soal kualitas pendidikan, jangan ditanya, jurusan PGSD UNJ pernah memenangkan medali emas dalam kompetisi Media Pembelajaran ITEX 2014 lalu. Mata kuliah yang diarkan juga bervariasi, mulai dari IPA, IPS PPKn, hingga Matematika, Bahasa Indonesia, Penjas-orkes dan manajemen pendidikan.

Universitas Negeri Semarang 

Universitas dengan jurusan PGSD terbaik yang satu ini memang sangat diminati. Kualitas pendidikan jurusan UNES dibuktikan lewat prestasi yang dimiliki mahasiswanya. Salah satu mahasiswa jurusan PGSD UNES pernah meraih juara 1 dalam debat PELTAC di Malaysia. 

PELTAC (Professional, Engineering, Leadership, Teamwork and Awareness Camp (PELTAC) merupakan  ajang Internasional tahunan yang digelar oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian peserta terutama di bidang soft skill.  

Program ini terdiri beberapa kegiatan antara lain pelatihan (bidang entrepeunership, dan leadership), diskusi, seminar, team building, extreme sport, dan kompetisi.

Universitas Negeri Surabaya

Jurusan PGSD di Unesa menjadi salah satu jurusan favorit ke dua setelah Manajemen. Dari ribuan peminatnya, jurusan PGSD Unesa hanya mengambil 3 ratusan calon mahasiswa. Kualitas pendidikan menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Unesa, maka tak heran jika Unesa menjadi salah satu universitas jurusan PGSD terbaik di Indonesia.

Jurusan PGSD di Unesa menyediakan berbagai mata kuliah wajib yang berhubungan dengan materi pelajaran SD, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS, hingga PPKn, Olahraga dan Kesenian. Di semester selanjutnya, Pahamifren juga bakal diajarkan mengenai metode pembuatan Perangkat Pembelajaran yang efektif.

Misalnya cara mengajar yang menyenangkan, media pembelajaran yang digunakan, hingga simulasi proses belajar mengajar yang interaktif. Setiap mahasiswa juga diminta untuk saling mengevaluasi dan memberi masukan pada metode prangkat pembelajaran yang digunakan.

Universitas Muhammadiyah Jakarta 

Selain di UNJ, Universitas Muhammadiyah bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan PGSD di Jakarta. Salah satu universitas swasta dengan jurusan PGSD terbaik ini telah mengantongi akreditas A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kemenristekdikti).

Program Studi PGSD di Univeritas Muhammadiyah Jakarta merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sejak dibuka pada tahun 2009 lalu, jurusan PGSD di Universitas Muhammadiyah Jakarta telah menjadi salah satu jurusan terfavorit di kampus ini.

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 

Satu lagi kampus jurusan PGSD terbaik di Indonesia, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta terkenal dengan prestasi civitas akademiknya. Salah satu kampus swasta terfavorit ini bahkan menjadi penyelenggara sertifikasi guru dalam jabatan dan PPG lho Pahamifren.

Sejumlah sejumlah pencapain juga telah diraih jurusan PGSD Universitas Sanata Dharma, seperti memenangkan Program Kreativitas Mahasiswa tingkat nasional, dan berbagai kompetisi lain seperti lomba debat Bahasa Inggris, mendongeng dan sebagainya. Program Studi PGSD Universitas Sanata Dharma memiliki misi untuk mempersiapkan guru SD yang humanis dan inovatif.

Nah, itulah lima universitas jurusan PGSD terbaik yang bisa kamu pilih. Selain kelima kampus tersebut, masih banyak universitas yang memiliki jurusan PGSD dengan kualifikasi unggul di Indonesia. 

Mata Kuliah Yang Dipelajari Jurusan PGSD

Setelah mengetahui beberapa kampus dengan jurusan PGSD, kamu juga perlu tahu tentang mata kuliah apa sih yang dipelajari jurusan ini, sebagai berikut:

Pengantar Pendidikan

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di setiap jurusan  ilmu pendidikan.

Bimbingan Concelling

Kamu juga akan mempelajari cara dan metode membimbing siswa, dan memahami lebih jauh tentang peranan guru terhadap peserta didik lho. 

Psikologi Pendidikan

Kamu bisa memahami berbagai psikologis peserta didik, termasuk gejala manusia dalam bidang pendidikan dan penerapanya, bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar sampai kepada diagnostik kesulitan belajar.  

Mata Kuliah Penunjang

Kamu juga akan mendapatkan berbagai mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan pendidikan sekolah dasar, seperti Sosio-Antropo pendidikan SD, Ilmu Sosial Budaya Dasar dan sebagainya.

Mata Pelajaran SD

Saat berkuliah di jurusan PGSD, kamu tentu akan mendalami semua mata pelajaran sekolah dasar, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, IPA, IPS, Kesenian hingga Penjaskes dan mata kuliah lain yang relevan.

Berkuliah di universitas jurusan PGSD terbaik, membuka peluang untuk mendalami karir di bidang pendidikan siswa sekolah dasar.

Prospek Kerja Jurusan PGSD 

Sesuai dengan namanya, setiap lulusan PGSD akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Dengan gelar ini kamu berpotensi untuk bekerja di berbagai bidang seperti:

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Buat kamu yang ingin mengabdi pada negara, kamu bisa memanfaatkan gelar PGSD untuk melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Setelah lulus tes CPNS, kamu akan ditugaskan mengajar sebagai guru SD di berbagai daerah di Indonesia.

Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T)

Program ini sangat cocok buat Pahamifren yang menyukai tantangan dan petualangan. Dengan gelar sarjana PGSD, kamu bisa mengajar anak-anak usia pendidikan dasar di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Seru kan?

Menjadi Guru Honorer

Jangan sedih jika kamu tidak lulus tes CPNS, kamu masih bisa mengajar sebagai guru honorer kok. Walaupun penghasilannya nggak seberapa, menjadi guru honorer dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan di bidang mengajar lho.

Menjadi Guru Swasta

Masih banyak sekolah swasta yang membutuhkan guru SD. Kamu bisa melamar menjadi guru di berbagai sekolah swasta terfavorit yang ada di daerahmu.

Menjadi Guru Bimbingan Belajar

Ilmu yang kamu pelajari semasa kuliah masih bisa kamu praktekkan dengan menjadi guru bimbingan belajar. Saat ini, tak sulit mencari lowongan pekerjaan di bimbingan belajar online. Kamu bisa memilih perusahaan edutech yang menyediakan materi belajar untuk siswa sekolah dasar.

Nah itu dia ulasan singkat mengenai jurusan PGSD pahamify. Buat kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk masuk kampus favorit, kamu bisa mengikuti Try Out Online di aplikasi Pahamify lho.

Jangan lupa untuk mengikuti ulasan tentang materi belajar SMA lainnya di Channel YouTube Pahamify ya.

Penulis: Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog