Pahamifren, di antara kamu adakah yang ingin kuliah di jurusan Teknik Informatika? Bagi kamu yang hobi ngoding atau ingin membuat aplikasi digital, kuliah di jurusan TI menjadi pilihan yang tepat. Apalagi, sekarang tak sulit menemukan banyak universitas jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia.

Jika kamu kuliah di jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi komputer secara optimal, hingga mengatasi masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Selama kuliah, kamu bisa mengkaji pemrograman dan komputasi, bahkan kamu juga bisa memiliki keterampilan merancang perangkat lunak, lho! 

Banyak universitas jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Nah, buat Pahamifren yang ingin masuk jurusan ini, Mipi punya daftar universitas jurusan teknik informatika terbaik yang bisa kamu pilih. Sebenarnya, ada banyak universitas dengan jurusan TI yang berkualitas di Indonesia, namun, biar kamu nggak bingung, Mipi hanya bahas 5 universitas saja ya. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi satu di antara kampus dengan jurusan TI terbaik di Indonesia. Menurut data BAN-PT, kampus yang berlokasi di Surabaya ini telah mengantongi akreditasi A dan menempati rangking keempat dalam University Ranking 2020. 

Jurusan TI memang menjadi jurusan terfavorit di ITS. Maka dari itu, nggak heran deh kalau persaingan masuk jurusan ini cukup ketat. Kuota penerimaan mahasiswa baru untuk jurusan IT pun sangat terbatas, hanya sekitar 90 orang saja per tahunnya. 

Itulah sebabnya jurusan TI di kampus ini sangat spesial, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa diterima di jurusan teknik informatika ITS. Tapi jangan khawatir, asalkan berusaha, kamu pasti bisa masuk jurusan IT di ITS, Pahamifren. Yang penting, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan latihan soal UTBK dari sekarang.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selain di Surabaya, Bandung juga menjadi incaran bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas jurusan teknologi informasi terbaik, lho, Pahamifren, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Pahamifren pasti tahu dong kampus dengan tingkat persaingan tinggi ini? Perlu kamu tahu, teknik informatika di ITB menjadi jurusan pertama yang meraih akreditas Unggul.

Tak hanya itu, jurusan TI di ITB ini juga memiliki portfolio yang menjanjikan. Banyak dari lulusannya yang sukses dalam karirnya, salah satunya Edria Albert, CTO dan Co-Founder Pahamify.

Lulusan TI ITB juga menjadi incaran perusahaan startup unicorn, lho! Dengan begitu, kamu yang kuliah di jurusan teknik informatika ITB dapat memiliki peluang karir yang lebih baik nantinya.

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Daftar universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). Sama seperti kampus-kampus sebelumnya, jurusan TI di Universitas Padjadjaran termasuk jurusan yang paling banyak peminat. Pada tahun 2019, ada 1,328 orang yang mendaftar di jurusan TI di Unpad, hanya ada 32 orang mahasiswa saja yang diterima. Sudah kebayang kan Pahamifren, seberapa ketat persaingannya?

Pahami dan  Pahamify Try Out Challenge: Tunjukkan Kompetensimu, Dapatkan Kuliah Starterpack Senilai Puluhan Juta Rupiah

Lantas, apa sih yang membuat jurusan TI di Unpad ini spesial? Selain terakreditasi Unggul, Unpad juga mampu mencetak mahasiswa berkualitas unggul. Terbaru, ada mahasiswa jurusan TI Unpad yang mampu menciptakan aplikasi digital untuk pendistribusian kain tenun di Sumba. Keren banget kan?

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Selain di Pulau Jawa, universitas dengan jurusan TI terbaik juga ada di Makassar, Sulawesi Selatan, yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas). Jurusan teknik informatika di Unhas sudah terakreditas A. Selain itu, jurusan TI di Unhas juga pernah menjadi jurusan kuliah dengan persaingan tertinggi kedua di Indonesia. Singkatnya, kampus ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin mencari tempat belajar teknik informatika di luar Pulau Jawa.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Berbeda dengan universitas lainnya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki visi dan misi untuk mencetak tenaga pendidik berkualitas. Dengan demikian, jurusan teknik informatika di UNY lebih berfokus pada pendidikan dan keguruan.

Jurusan TI di kampus ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjadi tenaga pendidik di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Jika tidak ingin menjadi pendidik sekalipun, kamu masih bisa berkarir sebagai perancang visual, programmer, hingga administrator jaringan.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Tak hanya mengetahui daftar universitas jurusan teknik informatika terbaik, kamu juga perlu mengetahui gambaran mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari. Berikut adalah beberapa mata kuliah jurusan teknik informatika yang akan kamu pelajari, antara lain:

Sistem Digital dan Struktur Data

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di jurusan teknik informatika, lho. Dalam mata kuliah sistem digital, kamu akan mempelajari berbagai sistem dan rangkaian elektronik yang biasa digunakan untuk komputasi. Sementara mata kuliah struktur data berisi tentang materi teknik abstraksi data, tata kelola data, dan cara representasinya dalam bahasa pemrograman. Selain itu, kamu juga akan mempelajari algoritma yang digunakan untuk sistem penelusuran.

Komputasi Numerik

Mata Kuliah ini berisi materi teknik perhitungan numerik menggunakan perangkat komputer. Melalui mata kuliah ini, kamu bisa menyelesaikan permasalahan matematika secara numerik dengan cara yang lebih efisien. Pengetahuan tentang analisis error, turunan numerik, hingga interpolasi yang ada dalam pemrograman bisa kamu kuasai di mata kuliah ini.

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Analisis dan perancangan sistem informasi juga merupakan salah satu mata kuliah wajib teknik informatika. Dalam mata kuliah ini, kamu bisa membuat rancangan sistem informasi terhadap suatu kasus dengan baik. Kamu pun bisa memahami analisis kebutuhan informasi, analisis perancangan proses bisnis berorientasi objek, dan manajemen proyek sistem informasi melalui mata kuliah ini.

Pahami dan  Mengenal Passing Grade, Keketatan Persaingan dan Daya Tampung SBMPTN

Kecerdasan Komputasional

Sesuai namanya, mata kuliah ini menitikberatkan materi tentang kecerdasaan komputasional dan visualisasi. Istilah komputasi dalam kecerdasan komputasional, seperti decision-tree, clustering, fuzzy logic, hingga jaringan saraf tiruan bisa kamu kuasai melalui mata kuliah ini. Dari mata kuliah ini, kamu bisa memiliki pengetahuan untuk membuat teknologi yang dapat melakukan apa yang biasa dikerjakan oleh manusia. Seru banget kan?

Pemrograman Web

Tertarik untuk belajar mengembangkan web atau membuat website yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang? Kalau iya, kamu perlu menekuni mata kuliah yang satu ini. Dalam mata kuliah pemrograman web, kamu bisa mempelajari teknik pembuatan web yang optimal, teknik pengolahan jaringan, internet, hingga bahasa komputasi.

Sederhananya, selama 4 tahun atau 8 semester kuliah, kamu akan dibekali ilmu dan keterampilan pengembangan perangkat lunak. Kamu pun akan belajar bahasa pemrograman, serta belajar bagaimana cara memecahkan masalah komputasi. Misalnya, mencari informasi dari dokumen web, memproses jutaan kode secara bersamaan, menciptakan jaringan sistem keamanan, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Informatika

Kuliah di jurusan teknik informatika, setelah lulus mau jadi apa? Jangan khawatir, prospek kerja lulusan jurusan TI tidak ada matinya, lho! Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini. Sebagai referensi, berikut prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah nanti.

Website Developer

Profesi yang satu ini sangat populer di kalangan lulusan teknik informatikan. Sebagai website developer, kamu bertanggung jawab mengembangkan semua pekerjaan berbasis teknologi, termasuk mengolah database server, front-end dan back-end, serta mengembangkan sistem engineering.

Untuk menempati posisi ini, selain memiliki kemampuan di bidang teknologi, kamu juga harus memiliki keterampilan dalam manajemen waktu, kreativitas, serta komunikasi yang baik ya, Pahamifren. 

Nggak cuma siap untuk bekerja, jika kamu menjadi web developer, kamu bahkan bisa membuka jasa pembuatan website lho. Apalagi, belakangan ini banyak perusahaan yang sudah mulai beralih ke digital, membuka jasa pembuatan website yang berbasis untuk keperluan bisnis, bisa menjadi profesi yang menguntungkan.

Programmer

Profesi programmer berkaitan erat dengan bahasa pemrograman, Pahamifren. Programmer biasanya membuat perangkat lunak komputer menggunakan bahasa pemrograman tersebut agar set instruksinya dapat dengan mudah diikuti oleh komputer. Umumnya, seorang programmer mahir dengan algoritma dan sering bekerja sendiri.

Web Designer

Kalau kamu ingin terjun dalam dunia kerja yang masih terkait dengan desain, kamu bisa memilih profesi ini lho setelah lulus nanti. Sebagai web designer, kamu bertanggung jawab untuk merancang tampilan dan desain sebuah web.

Desain yang kamu buat harus kamu sesuaikan dengan perangkat yang akan digunakan oleh pengguna, seperti PC, mobile, tablet, dan sebagainya. Singkatnya, profesi ini bertugas mempercantik tampilan dan memberikan efek tambahan pada web agar semakin bisa dinikmati oleh pengguna.

Pahami dan  Latihan Soal TPS UTBK Penalaran Umum 2021 dan Pembahasannya

Software Engineer

Pekerjaan ini bertugas untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering, seperti pengembangan, pemeliharaan, serta pengujian perangkat lunak. Kamu bisa membuat sistem operasi, network distribution, serta software yang optimal saat memilih profesi ini. Nggak cuma itu, kamu pun bisa mengimplementasikan dan memvalidasi rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan.

Data Scientist

Kalau kamu memiliki keahlian dalam mengumpulkan dan mengolah data, kamu bisa memilih profesi sebagai data scientist setelah lulus nanti. Sebagai data scientist, kamu bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, serta menganalisis data untuk menghasilkan sebuah informasi yang menguntungkan. Data yang diolah pun jumlahnya sangat besar dan bentuknya bisa terstruktur maupun tidak terstruktur, lho!

Berkuliah di universitas jurusan teknik informatika terbaik, membuka kesempatanmu untuk berkarir di masa depan.

Konsultan IT

Tugas konsultan IT biasanya berkaitan dengan penerapan teknologi informasi dan bisnis. Sebagai konsultan IT, kamu bertanggung jawab membuat strategi antara teknologi dan bisnis untuk mencapai suatu tujuan atau target tertentu.

Konsultan IT juga bertugas sebagai jembatan tim teknis dan anggota staf dalam mengimplementasikan strategi atau kebutuhan bisnis klien. Umumnya, konsultan IT mahir dalam berpikir kritis dan memiliki kemampuan analisis yang baik.

Guru/Dosen IT

Apabila kamu berkuliah di jurusan teknik informatika yang berfokus pada pendidikan teknik informatika, seperti di UNY, kamu bisa lho memilih profesi sebagai tenaga pendidik setelah lulus nanti.

Lewat cara ini, ilmu yang kamu dapat selama kuliah bisa kamu bagikan kepada orang lain. Kalau kamu ingin memilih profesi pendidik sebagai dosen, kamu sangat disarankan untuk mengambil pendidikan pascasarjana di bidang teknik informatika terlebih dahulu, ya.

Nah, Itu dia ulasan mengenai daftar universitas jurusan teknik informatika terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. Dari daftar universitas di atas, kira-kira ada yang menjadi incaranmu, Pahamifren?

Kalau iya, berarti kamu harus punya persiapan yang matang agar bisa bersaing untuk mendapatkannya. Buat kamu yang ingin mencoba jalur SBMPTN, kamu harus mempersiapkan diri dengan latihan soal UTBK.

Kamu bisa mendapatkan latihan soal-soal UTBK ter-update di fitur Tryout UTBK Pahamify lho. Tunggu apalagi, yuk daftar Try Out Online Gratis dari Pahamify sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version