Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Panitia LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) udah ngumumin jadwal dan peraturan UTBK dan SBMPTN 2020.

Seperti kita ketahui bersama, UTBK adalah sebuah ujian berbasis komputer yang sekarang nilainya dibutuhkan untuk daftar kuliah melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN). Jadi dapat disimpulkan bahwa:

– UTBK itu merupakan kegiatan ujian berbasis komputer dengan hasil akhir berupa nilai.

– SBMPTN adalah proses daftar ke perguruan tinggi dari nilai UTBK yang sudah didapat.

Nah, dibandingkan tahun 2019 lalu, terdapat beberapa perbedaan pada UTBK 2020. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

1. Jumlah sesi UTBK.

Pada UTBK tahun 2019, terdapat 20 sesi mulai 13 April  hingga 6 Mei 2019. Rentang waktu antara sesi pertama dan terakhir sekitar 1,5 bulan lamanya.

Namun, di UTBK 2020, jumlah sesinya berkurang menjadi 14 sesi dan waktu pelaksanaan 14 sesi tersebut hanya satu minggu, yaitu tanggal 20-26 April. Jadi tiap hari selama seminggu tersebut akan ada 2 sesi UTBK, pagi dan sore.

2. Sekali ujian untuk setiap peserta.

Tahun 2019 kamu bisa ikut maksimal dua sesi UTBK. Kalau kamu ikut 2 sesi, maka PTN akan memilih nilai yang lebih tinggi diantara 2 kali keikutsertaan tersebut.

Namun, di UTBK 2020 ini, peserta hanya boleh mengikuti satu kali sesi UTBK saja. Jadi, kalau kamu berencana ikut UTBK tahun ini, kamu harus maksimalkan persiapan kamu karena kesempatannya hanya satu kali saja.

3. Ujian Campuran / IPC

Kamu yang memilih kelompok ujian campuran, pada tahun 2019 UTBK tidak ada kelompok campuran. Jadi kalo kamu ingin mendaftar SBMPTN dengan jurusan soshum dan saintek, maka kamu harus ikut dua kali UTBK dengan kelompok ujian yang berbeda.

Misalnya nih, kamu pas SBMPTN pengen daftar Fasilkom UI dan Akuntansi UNJ, maka di UTBK tahun 2019 lalu, kamu mesti ikut 2 kali UTBK dengan kelompok ujian Saintek dan Soshum.

Nah, di UTBK 2020, peserta bisa langsung ikut UTBK dengan kelompok ujian campuran tanpa perlu ujian dua kali.

4. Pengumuman Hasil UTBK

Hasil UTBK di tahun 2019 sudah bisa diketahui 10 hari setelah ujian dilaksanakan. Jadi tidak serentak pada satu tanggal tertentu.

Sedangkan di UTBK 2020 nanti, semua nilai peserta dari semua sesi UTBK akan diumumkan serentak dalam satu hari yang sama, yaitu 12 Mei 2020 atau 2 minggu setelah UTBK sesi terakhir. 

5. Waktu pengerjaan soal.

Peserta diberikan waktu pengerjaan selama 120 menit (TPS) dan 90 menit (TKA) pada UTBK tahun 2019.
Namun di tahun 2020 ini waktu pengerjaanya berkurang menjadi 105 menit untuk TPS dan 75 menit untuk TKA.
Gimana nih? Perbedaan UTBK jadi nambah sulit atau malah mempermudah? Biar bagaimanapun, kamu harus siap untuk UTBK, bagaimanapun perubahan pada aturannya. Nah, kamu bisa mulai nyicil-nyicil untuk belajar dari sekarang atau ikut Try Out Online UTBK dari Pahamify!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog