Pahamifren, pernah nggak kamu merasa deg-degan atau takut banget tidak lolos UTBK SBMPTN 2021 mendatang? Kalau kamu terlalu sering khawatir tidak lolos UTBK SBMPTN, coba tanya lagi kepada dirimu sendiri, sudah sejauh apa persiapan UTBK yang kamu lakukan? Sudah siap 100%? 50%? Atau bahkan, belum siap sama sekali?

Semakin matang persiapan kamu menghadapi UTBK, maka rasa deg-degan atau takut tidak lolos SBMPTN bisa kamu atasi dengan baik. Persiapan UTBK tersebut bukan hanya dilihat dari belajar materi atau latihan soal UTBK saja. Mengenali hal-hal yang bisa menjadi penyebab gagal SBMPTN juga termasuk dalam persiapan untuk taklukkan UTBK, lho.

Mau tau apa saja hal-hal yang menjadi penyebab gagal SBMPTN? Yuk, langsung simak infonya berikut ini!

Hal-Hal yang Menjadi Penyebab Gagal SBMPTN

Ada 5 hal yang bisa menjadi penyebab gagal SBMPTN, yaitu bersikap terlalu santai, terlalu berharap dengan SNMPTN, pola belajar yang salah, tidak aktif mencari informasi, dan kurang berlatih soal UTBK. Mari kita bahas satu per satu tiap penyebabnya.

Terlalu Santai Bisa Menjadi Penyebab Gagal SBMPTN

Hayoo ngaku, siapa nih yang masih bersikap santai-santai aja menjelang UTBK yang tinggal beberapa minggu lagi? Adakah yang masih berpikir, “Belajarnya besok saja lah.” atau “Nanti saja deh mulai persiapannya, UTBK masih lama.”

Hati-hati Pahamifren! Terlalu santai bisa membuat kamu gagal di SBMPTN 2021 mendatang. Alasannya, karena persiapan UTBK yang kamu lakukan kurang, atau bahkan tidak ada sama sekali. Untuk bisa berhasil SBMPTN, kamu harus punya nilai UTBK yang aman dong. Itulah sebabnya kamu perlu persiapan UTBK sedini mungkin. Dibutuhkan juga kedisiplinan, konsistensi, dan kemauan yang kuat agar persiapanmu berjalan lancar.

Buat jadwal belajar UTBK 2021 yang tepat, lalu sesuaikan aktivitas antara belajar dan kegiatan lainnya. Selagi masih ada waktu, kamu harus mulai ambis berjuang untuk UTBK SBMPTN 2021. Pastikan tidak lagi membuang waktumu untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat dan perbanyak porsi waktu belajar.

Berharap dengan SNMPTN

Terlalu berharap lolos SNMPTN bisa menghambat persiapanmu dalam menghadapi UTBK SBMPTN, lho. Biasanya, siswa yang terlalu berharap dengan SNMPTN, baru fokus belajar UTBK 2021 setelah ia dinyatakan gagal SNMPTN.

Rentang waktu pengumuman SNMPTN dan pelaksanaan UTBK SBMPTN hanya beberapa minggu saja, Pahamifren. Pertanyaannya, apakah kamu bisa menguasai semua materi UTBK hanya dalam waktu singkat? Walaupun bisa, tentu hasilnya tidak lebih maksimal saat kamu melakukan persiapan UTBK lebih awal.

Saran dari Mipi, sebaiknya kamu jangan berharap dengan SNMPTN saja, tapi juga SBMPTN. Mulailah menyusun strategi terbaik agar berhasil lolos di SBMPTN 2021 mendatang. Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Kalau gagal SNMPTN, kamu masih punya peluang lolos di jalur seleksi lainnya.

Pola Belajar Salah

Pola belajar yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab gagal SBMPTN. Apalagi, kalau pola belajar kamu hanya hafalan materi saja. Cara belajar hafalan kurang sesuai dengan kaidah HOTS yang diterapkan dalam soal UTBK. Pola belajar seperti ini bisa membuat kamu blank saat tes UTBK nanti. Cobalah mulai membangun budaya belajar pemahaman konsep. Jadi, kamu nggak cuma tahu teorinya, tapi juga paham konsepnya dan bisa menghubungkannya dengan konsep topik lainnya.

Menjelang pelaksanaan UTBK SBMPTN seperti saat ini, ada baiknya kalau pola belajarmu lebih fokus pada penambahan intensitas belajar. Jika kamu biasanya lebih berfokus pada mencari jawaban benar, sekarang mulai bedah soalnya dalam-dalam, analisis konsep soal tersebut masuk dalam materi apa, tipe soalnya bagaimana, dan sebagainya.

Lewat pola belajar ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) kamu sehingga lebih mudah mengerjakan soal UTBK dan memperbesar peluang lolos SBMPTN 2021. Buat kamu yang tertarik menemukan pola belajar UTBK yang ideal seperti apa, kamu bisa membaca artikel tentang Pola Belajar UTBK di link ini.

Tidak Aktif Mencari Informasi

Pasif menggali informasi bisa menjadi kesalahan fatal yang membuat kamu gagal di SBMPTN. Ibarat perang, untuk memaksimalkan peluang menang, kamu perlu memahami medan perang itu sendiri, kan? Kalau kamu tidak tahu medan perang UTBK SBMPTN 2021 mendatang, kamu bisa gagal bersaing dengan peserta UTBK SBMPTN lainnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, mulailah aktif mencari informasi terkait materi dan sistem ujian yang akan diterapkan nanti. Pahami tipe-tipe soalnya dan persebaran materi UTBK dari tahun-tahun sebelumnya. Jangan lupa, cari tahu juga durasi ujian, sistem penilaian, dan jadwal kegiatan UTBK SBMPTN. Informasi-informasi tersebut akan membuat kamu lebih matang dalam melakukan persiapan UTBK.

Kalau kebingungan mencari informasi UTBK SBMPTN 2021, kunjungi saja media sosial dan blog Pahamify. Ada banyak informasi ter-update mengenai UTBK SBMPTN, sekaligus tips-tips menghadapi UTBK yang tentunya sangat bermanfaat buatmu.

Kurang Latihan Soal UTBK dan Jarang Mengikuti Try Out

Jangan menganggap sepele latihan soal UTBK dan try out, karena ini bisa menjadi kunci keberhasilan SBMPTN 2021 mendatang. Lewat latihan soal dan try out UTBK, kamu bisa menemui berbagai variasi soal dengan sistem penilaian yang hampir sama dengan UTBK sesungguhnya. Kamu juga bisa mengukur sejauh apa pemahaman materi kamu melalui try out ini.

Anggaplah try out UTBK sebagai simulasi ujian yang sebenarnya. Rajin mengikuti try out UTBK bisa membuatmu terpacu dan lebih giat dalam belajar. Secara tidak langsung, try out dapat membuat persiapan UTBK kamu jauh lebih maksimal.

Itulah beberapa penyebab gagal SBMPTN yang perlu kamu hindari. Semoga ulasan kali ini bisa menjadi bekal informasi yang cukup untuk mematangkan persiapan kamu, ya. Buat kamu yang ingin lebih rajin mencoba latihan soal UTBK, kamu bisa mencobanya di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update, lengkap beserta video pembahasan yang menarik.

Biar lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021, ikuti juga Kelas Online Gratis persiapan UTBK dan mainkan game latihan soal di fitur Sikat Soal Pahamify. Bersama Pahamify, kamu bisa lebih mudah #TaklukkanUTBK!

Yuk, download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version