Menjelang pelaksanaan UTBK SBMPTN yang sudah semakin dekat, siapa nih di antara kamu yang masih bingung mengatur pola belajar? Harus gas pol atau santai-santai saja, ya? Kalau gas pol nanti malah burn out. Tapi, kalau santai-santai saja, enggak terkejar dong materinya. Lantas, idealnya seperti apa sih?

Kali ini, Mipi mau membagikan pola belajar yang efektif menurut Kak Fikri, berdasarkan cuitan Twitternya pada tanggal 27 Juni 2020 lalu. Kalau Kak Fikri bilang, pola belajar ini tentunya berbeda-beda pada setiap orang, tergantung performa dan persiapan yang sudah dilakukan. Kak Fikri kemudian menyampaikan pendapatnya mengenai pola atau cara belajar yang efektif pada masing-masing tipe pejuang UTBK, mulai dari tipe yang sudah paham materinya di luar kepala, hingga tipe yang belum belajar sama sekali.

Sebelum membahas cara belajar pada tiap tipenya, Mipi mau bahas 3 aspek penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam mengatur pola belajar menjelang UTBK terlebih dahulu. Biar makin paham, kamu simak setiap pembahasannya sampai selesai, ya.

Aspek yang Perlu Dipertimbangkan dalam Merancang Pola Belajar

Pola belajar menjelang UTBK harus kamu susun secara sistematis dengan rencana yang matang ya, Pahamifren. Enggak boleh dilakukan secara asal-asalan, apalagi dengan alasan yang penting belajar. Strategi belajar yang dibuat tanpa rencana seperti itu bisa membuat persiapan UTBK kamu justru berantakan, lho. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa merancang cara belajar menjelang UTBK dengan mempertimbangkan 3 aspek berikut ini:

Kurangi Frekuensi, Tambah Intensitas Belajar

Aspek yang pertama ini bisa kamu lakukan kalau kamu sudah mempelajari hampir seluruh materi UTBK. Kalau belum, sebaiknya fokus mempelajari semua materi terlebih dahulu, ya. Aspek ini menekankan pentingnya mengurangi frekuensi belajar, namun justru menambah intensitas belajarnya.

Saat mengerjakan soal UTBK 2021, kamu harus memiliki strategi manajemen waktu yang efektif dan efisien.

Contohnya, di awal persiapan UTBK yang sudah kamu lakukan, kamu biasanya mampu mengerjakan 50-100 soal per harinya. Menjelang UTBK, kamu ubah strategi belajarmu. Kurangi frekuensi mengerjakan soal secara bertahap, dari 50 ke 40, hari berikutnya 40 ke 30, dan seterusnya sampai pelaksanaan UTBK.

Di sisi lain, intensitas belajarnya semakin ditambah. Jika kamu biasanya lebih berfokus pada mencari jawaban benar, sekarang mulai bedah soalnya dalam-dalam, analisis konsep soal tersebut masuk dalam materi apa, tipe soalnya bagaimana, dan sebagainya. Lewat cara ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) kamu sehingga lebih mudah mengerjakan soal UTBK 2021 nantinya.

Tidur yang Cukup

Performa otak yang optimal dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang prima. Jadi, pastikan kamu tidur yang cukup agar tubuh kamu tetap dalam kondisi prima. Jangan terlalu memforsir diri belajar menjelang UTBK, apalagi sampai tidak sempat tidur. Bukannya menguasai materi UTBK dengan baik, yang ada kamu justru sakit saat pelaksanaan UTBK nanti.

Penting banget buat mengutamakan aspek ini saat merancang pola belajar, Pahamifren. Paling tidak, kamu harus tahu waktu belajar efektif yang pas buat kamu kapan dan waktu istirahat yang kamu butuhkan berapa lama.

Tumbuhkan Mindset yang Positif

Menjelang UTBK SBMPTN 2021, biasanya akan banyak kekhawatiran negatif yang kamu pikirkan. Kekhawatiran tersebut bisa memengaruhi strategi belajar yang kamu susun, lho. Sebaiknya, tumbuhkan mindset yang positif, biar proses belajar semakin efektif. Menurut Kak Fikri, enggak perlu mengkhawatirkan persoalan menang atau kalah. Cukup tumbuhkan pikiran positif, seperti kamu yakin siap menghadapi UTBK dan akan berjuang semaksimal mungkin untuk tes UTBK nanti.

Pola Belajar yang Efektif Menjelang UTBK

Ada 3 cara belajar yang efektif menjelang UTBK. Ketiga cara ini disesuaikan dengan persiapan yang telah dilakukan. Apa saja caranya? Mari kita bahas satu per satu.

Buat yang Sudah Melakukan Persiapan dari Awal

Kalau kamu sudah cukup menguasai materi, bahkan sampai hafal materi di luar kepala, karena sudah belajar lebih awal untuk UTBK, kamu bisa menerapkan cara belajar tapering. Kak Fikri memberikan contoh istilah tapering ini pada para atlet olahraga. Biasanya, para atlet mengurangi latihannya menjelang perlombaan. Kalau beberapa bulan sebelum perlombaan, latihannya di gas pol, menjelang lomba latihannya dikurangi. Bisa intensitasnya atau frekuensinya yang berkurang, tergantung performa dasar atlet tersebut.

Apa itu learning management system? Bagaimana contoh LMS dalam pendidikan?

Sama halnya persiapan menjelang UTBK, kamu bisa mengurangi frekuensi atau intensitas, tergantung penguasaan materi yang kamu miliki. Kalau penguasaan materi kamu sudah tinggi, cara tapering ini mungkin bisa menambah signifikansi belajarmu. Kata Kak Fikri, yang penting cara belajar yang kamu terapkan membuat otaknya bekerja optimal dan saat ujian enggak terbebani.

Buat yang Masih sering Lupa dengan Materi

Siapa nih yang sudah belajar materi UTBK dari awal, tapi masih sering lupa dengan materinya? Jangan khawatir, itu hal yang wajar kok, Pahamifren. Kalau kata Kak Fikri, otak kita memiliki kurva pelupaan, itulah kenapa ada saat di mana kita lupa materi yang telah dipelajari.

Buat kamu yang sering mengalami persoalan ini, cara belajar yang efektif menjelang ujian yaitu sering-sering membaca ulang materi dan perdalam materi tersebut lewat latihan soal. Jika perlu, setiap kali selesai membaca ulang materi UTBK, kamu langsung menguji kemampuanmu dengan latihan soal. Cara ini akan menguatkan ingatan kamu terhadap materi tersebut.

Buat yang Baru Memulai Persiapan UTBK

Kalau kamu baru memulai belajar UTBK, mau tidak mau kamu harus belajar semua konsep dan menguasai materinya terlebih dahulu. Bisa dengan membaca materi UTBK dan memperbanyak latihan soal. Tujuannya, menguatkan performa kamu dalam mengerjakan soal UTBK. Namun, pola belajarnya enggak boleh melupakan 3 aspek yang telah dibahas sebelumnya, ya.

Selain itu, mengingat kamu harus mengejar semua materi UTBK dalam waktu yang singkat, Kak Fikri berpendapat kalau Sistem Kebut Semalam (SKS) tidak masalah diterapkan. Dengan catatan, kamu sudah bisa mengendalikan dirimu, bisa berpikir positif, serta yakin kamu masih punya waktu tidur yang cukup. Kuncinya, kalau materinya belum beres, selesaikan terlebih dahulu. Tapi, kalau waktunya tidak cukup, kamu harus merelakan, biar enggak panik atau mental kamu terganggu saat UTBK berlangsung.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara belajar yang efektif menjelang UTBK dari Kak Fikri. Gimana, Pahamifren? Sudah ada gambaran untuk menerapkan pola belajar yang sesuai denganmu? Menurut Kak Fikri, biar belajar kamu semakin optimal, kamu harus sudah memiliki jadwal dan target belajar, sekaligus mulai rajin mengerjakan latihan soal. Jadi, kamu bisa memiliki performa dan mental yang matang menghadapi UTBK SBMPTN 2021 mendatang.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update, lengkap beserta pembahasannya. Kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify sebagai persiapan ringan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Ada hadiah menarik kalau kamu berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Yuk, persiapkan dirimu untuk #TaklukkanUTBK! Download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version