Pahamifren, kamu tentu setuju jika pengaruh teknologi terhadap pendidikan membawa berbagai dampak positif. Salah satu contohnya adalah kemunculan aplikasi belajar online seperti Pahamify. Nah, kira-kira apa sih pengaruh teknologi yang kamu rasakan pada kebiasaan belajar? Yuk kita bahas lebih jauh di artikel ini.

Peranan Teknologi Dalam Pendidikan

Kemunculan aplikasi belajar online atau platform belajar online, menjadi contoh pengaruh teknologi terhadap pendidikan.

Startup pendidikan di Indonesia membawa perubahan besar pada dunia pendidikan. Berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi belajar online, memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya. Berikut merupakan pengaruh teknologi terhadap pendidikan yang bisa kamu rasakan, antara lain:

Akses Informasi Yang Luas

Nggak bisa dipungkiri, dengan teknologi, kita dapat merasakan akses informasi yang cepat dan luas. Dulu, sebelum adanya internet, proses belajar antara siswa dan guru hanya dapat dilakukan melalui materi yang ada di buku-buku pelajaran.

Metode belajar-mengajar semacam ini dianggap tidak efektif karena hanya memberikan informasi satu arah. Sekarang, kamu bisa mendapatkan akses begitu banyak referensi belajar berupa data, suara, dan video dari mana saja dan kapan saja.

Cukup dengan ponsel pintar dan kuota internet, kamu bisa mengakses berbagai platform aplikasi belajar online yang canggih, hingga mencari materi belajar di search engine, blog belajar online, mendengarkan Podcast atau menonton video pembelajaran di channel YouTube. 

Walaupun internet mempermudah kamu mengakses berbagai informasi, ada beberapa hal yang harus kamu pahami, pertama, kamu harus membiasakan diri untuk mencari referensi yang kredibel agar kamu tidak termakan hoax dan turut menyebarkan hoax. 

Ilustrasi aplikasi belajar online yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Kedua, kamu harus menghargai pembuat materi belajar atau artikel di blog belajar online. Caranya, setiap kamu mengutip atau mendapatkan bahan dari sebuah artikel, setidaknya kamu mencantumkan sumber kutipan, atau menyematkan link aktif yang menuju ke situs belajar online tersebut ya, Pahamifren.

Mendorong Pembelajaran Mandiri

Selain membuka akses informasi yang luas, pengaruh teknologi dalam pendidikan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah proses pembelajaran mandiri. Misalnya, saat kamu merasa ketinggalan materi belajar tertentu, kamu bisa mengakses berbagai informasi mengenai materi pelajaran tersebut di internet. 

Kamu juga bisa belajar online menggunakan aplikasi yang disediakan startup pendidikan Indonesia, atau platform belajar online seperti Pahamify. Nggak cuma materi pelajaran sekolah saja yang bisa kamu pelajari secara mandiri, kamu juga bisa menambah wawasan dan mempelajari berbagai ife skills yang bermanfaat di masa depan.

Meningkatkan Sifat Kolaboratif

Kamu tentu setuju, jika salah satu peranan teknologi terhadap pendidikan adalah mendorong sistem pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. Hal ini dapat kamu rasakan saat kamu belajar online di masa pandemi COVID-19 ini.

Pengaruh teknologi terhadap pendidikan mendorong siswa untuk mengakses berbagai skill dan pengetahuan baru.

Saat belajar online di rumah, kamu jadi lebih berani untuk menjawab pertanyaan dari gurumu, bahkan terdorong untuk mengajukan pertanyaan. Berbeda dengan belajar di ruang kelas, yang terkadang membuat kamu malu untuk bertanya saat ada materi pelajaran yang belum kamu pahami kan?

Belajar online di rumah, secara psikologis, membuat kamu memiliki sifat kolaboratif yang baik untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar lho, Pahamifren. Apalagi, dengan sarana belajar online, kamu juga bisa bertanya kepada guru secara privat melalui aplikasi chatting. Hal ini sangat baik buat kamu dan gurumu, agar bisa menilai perkembangan pemahaman para siswa.

Memperluas Batasan Ruang Kelas

Manfaat internet di bidang pendidikan lainnya adalah memperluas batasan ruang kelas. Dengan adanya akses internet, kini lingkungan belajar tidak lagi memiliki batasan. Selain itu, hal-hal yang dapat kamu pelajari tidak hanya terbatas pada materi pelajaran saja, kamu juga bisa belajar berbagai macam pengetahuan untuk menambah wawasanmu. 

Misalnya, pada masa pandemi COVID-19 ini kamu bisa mengikuti perkembangan penelitian mengenai vaksin COVID-19 dari para dokter yang ada di media sosial. Kamu bahkan bisa berkomunikasi dengan para dokter tersebut mengenai hal-hal yang terkait penelitian vaksin COVID-19, baik melalui media sosial mereka ataupun email dan berbagai forum online.

Gamifikasi Membuat Belajar Makin Seru

Satu lagi contoh teknologi di bidang pendidikan yang membuat proses belajar semakin mudah. Dengan mengadaptasi video game ke dalam metode belajar, gamifikasi dapat memotivasi kamu untuk semakin semangat belajar. 

Ilustrasi matode gamifikasi pada aplikasi belajar online.

Metode gamifikasi biasanya digunakan oleh startup pendidikan Indonesia, pada aplikasi atau platform belajar online buatannya. Untuk meningkatkan minat belajar, beberapa aplikasi belajar online menyematkan  animasi-animasi seru, audio dan video mengenai materi pembelajaran di sekolah.

Bagi kamu yang ingin mengenal metode gamifikasi pada aplikasi belajar online, kamu bisa membacanya di artikel Serunya Belajar Rasa Main Game Ala Pahamify ini. 

Nah, itulah pengaruh teknologi terhadap pendidikan yang bisa kamu rasakan saat ini. Jangan lupa untuk menonton materi-materi pelajaran SMA yang menarik lainnya di channel YouTube Pahamify ya, Pahamifren.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version